Manfaat Buah Salak

Share:

Manfaat Buah Salak. Buah salak, pasti sudah sangat tidak asing lagi bagi kita. buah salak dengan nama Latin Salacca zalacca, dan kulit kecoklatan bersisik tajam, ternyata dagingnya yang putih ini mengandung nutrisi yang cukup tinggi.  Tapi, tahukah anda, ternyata buah yang batangnya mirip batang sawit ini memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan kita.

Sangat banyak sekali manfaat buah salak bagi kesehatan. Namun yang perlu kita ketahui, selain daging buahnya, ternyata kulit ari buah salak juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. padahal saat makan buah salak kita sering membersihkan kulit air buah salah. Tanpa kita ketahui ternyata kulit ari buah salah memiliki manfaat juga, berikut ini selengkapnya:

  1. Manfaat Buah Salak Untuk Obat Diare . manfaat buah salak yang satu ini merupakan khasiat salak yang sangat terkenal dan sering dicobakan di rumah. Kandungan serat yang cukup tinggi pada salak dapat mengobati diare.
  2. Manfaat Buah Salak untuk Mencegah Kanker. Satu lagi manfaat buah salak yang sangat luar biasa ialah mampu mencegah kanker. Hal ini dikarenakan kandungan yang ada pada kulit ari buah salak, jadi kalau mengkonsumsi salak, jangan dibuang kulit arinya.
  3. Khasiat Buah Salak Untuk Kesehatan Mata. Kandungan betakaroten pada salak dapat menjaga kesehatan mata anda. Bahkan kandungannya sampai 5,5 kali lebih besar dari buah mangga dan 5 kali lebih besar dari semangka.
  4. Manfaat Buah Salak Untuk Diet. Kandungan fitonutrien pada buah salak sangat bermanfaat untuk anda yang sedang menjalankan program diet. Selain itu terdapat 2mg Vitamin C pada salak.
  5. Manfaat Buah Salak untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh. Buah salak juga bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh kita. Kandungan vitamin C pada salak meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus penyakit.
  6. Manfaat Buah Salak untuk Pencernaan. Selama ini yang kita ketahui bahwa jika terlalu banyak mengkonsumsi salak dapat mengakibatkan konstipasi atau susah BAB. Nah, ternyata kulit ari buah salak mengandung serat yang cukup tinggi, jadi kalau makan salak kulit arinya jangan dibuang karena kulit ari buah salak bermanfaat untuk melancarkan dan menyehatkan pencernaan kita.
  7. Manfaat Buah Salak untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak. Berdasarkan hasil peneilitian, buah salak mampu meningkatkan kinerja otak dengan membawa kandungan pottasium dan pektin, yang dapat menutrisi beberapa syaraf serta mampu memperlancar dan mengendalikan peredaran darah menuju otak
  8. Manfaat Buah Salak sebagai Agen Antioksidan. Kita tentu tahu bahwa zat antioksidan sangat bermanfaat untuk tubuh kita, antioksidan bermanfaat untuk mencegah berabgai penyakit dan radikal bebas. Selain itu senyawa alami yang ditemukan dalam salak juga berkhasiat untuk mengatasi resiko penyakit jantung dan kanker pada janin maupun ibu hamil.
  9. Manfaat Buah Salak untuk Menjaga Stamina. Kalsium yang terdapat pada buah salak juga bermanfaat untuk menjaga stamina tubuh kita.
  10. Manfaat Buah Salak untuk Ibu Hamil. Buah salak juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil, terutama ibu hamil muda yang mengalami morning sickness. Rasa mual yang sering kali dapat diatasi dangan mengkonsumsi salak. Namun jangan pula berlebihan memakannya, harus pula diseimbangi dengan makanan yang kaya protein seperti kacang-kacangan.
  11. Manfaat Buah Salak untuk Mengatasi Anemia. Buah salak juga bermanfaat untuk mengatasi anemia, hal ini dikarenakan kandungan tiamin dan manfaat zat besi yang sangat baik untuk membantu kesehatan ibu hamil. Zat besi menjadi salah satu pemeran penting dalam memproduksi sel darah merah. Ibu hamil membutuhkan sel darah merah yang lebih tinggi karena digunakan untuk menyumbang oksigen lewat plasenta pada janin. Kekurangan oksigen akan sangat berbahaya pada nyawa janin dan ibu hamil.
  12. Membantu Sistem Memori pada Janin. Manfaat buah salak yang terakhir adalah untuk membentuk kecerdasan dan mempertahankan memori dalam otak. Kandungan pektin dalam buah salak ternyata juga sangat efektif untuk membangun sistem kecerdasan pada janin. Hal ini dikarenakan kandungan pektin pada buah salak.
  13. Manfaat Buah Salak untuk Mengatasi Gangguan Asam Lambung. Buah salak juga bermanfaat untuk mengatasi gangguan asam lambung, untuk mengatasi hal ini maka ibu hamil bisa makan buah salak. Salak akan mengurangi rasa mual dan membuat pencernaan menjadi normal lagi.
  14. Manfaat Buah Salak untuk Menjaga Kesehatan Jantung. Kandungan kalium pada buah salak bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Asupan salak bisa mencukupi jumlah kalium yang dibutuhkan oleh tubuh.
  15. Manfaat Buah Salak untuk Tulang. Buah salak juga mengandung kalsium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, khusus untuk ibu hamil, salak bermanfaat untuk membentuk jaringan kerangka tulang pada janin. Selain itu, kalsium juga dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mempersiapkan tubuh dalam kelahiran. Manfaat salak untuk ibu hamil mengandung kalsium yang membantu menyumbang kecukupan kalsium harian. Selain itu, buah salak juga penting untuk membantu ibu hamil agar memiliki stamina yang sehat dan kuat.

Tanpa kita sadari ternyata cukup banyak manfaat buah salak yang biasa kita konsumsi.  Kita bisa mendapatkan beberapa manfaat dari konsumsi buah salak. Semoga ulasan diatas bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang buah salak. [YuQe – WartaSolo.com]


Share:

Berita Lainnya