Manfaat Dan Bahaya Durian Bagi Kesehatan

Share:

Manfaat Dan Bahaya Durian Bagi Kesehatan. buah durian merupakan buah dengan daging buah yang sangat manis dan memiliki bau yang sangat khas. Buah durian termasuk buah-buahan yang besar bahkan termasuk dari daftar buah terbesar dengan kulitnya berduri-duri tajam dan keras. Buah durian memiliki berat biasanya antra 1 kg-4kg, sementara diameternya bisa mencapai 15 hingga 30 cm. Daging buah durian biasanya bewarna kuning ke emasan, namun ada juga yang kadang berwarna putih agak pucat (ini biasanya tidak manis). Biji durian ada yang besar dan ada yang kecil tergantung dari jenis durian itu sendiri.banyak orang yang mengidolakan buah durian.

Manfaat dan Bahaya Durian bagi Kesehatan

Pohon durian tumbuh secara liar dihutan-hutan Asia, seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Thailand, dan ada juga yang tumbuh karena dibudidaya, ini merupakan yang terbanyak. Pohon durian akan berbuah ketika umur tanamnya sudah 4 tahun. Pohon durian akan tumbuh terus hingga mencapai ketinggian 50 meter. Jadi tanaman ini akan bertahan selama berpuluh-puluh tahun lamanya.

Manfaat Buah Durian bagi kesehatan Tubuh

  • Durian bisa menjadi buah yang bagus untuk pencernaan, sehingga buah ini bisa mengatasi sembelit yang dirasakan seseorang. Kandungan serat yang tinggi dalam daging buah durian menjadi alasan buah ini penting dimakan oleh yang menderita masalah pencernaan.
  • Mengatasi penyakit anemia. Kandungan asam folat dan vitamin B9 dalam buah durian menjadikan buah berdaging bau enak ini bagus untuk menjadi produser sel darah merah, sehingga kekurangan darah bisa di atasi dengan mengkonsumsi buah durian.
  • Bagus untuk kesehatan kulit. Kandungan vitamin C dalam buah durian menjadikan buah berkulit duri ini bagus dalam mencegah terjadinya penuaan dan kerutan pada kulit. Vitamin dalam durian berperan sebagai anti oksidan yang bagus menjaga kerusakan sel kulit.
  • Durian bermanfaat untuk tulang dan persendian. Kandungan potasium dan kalsium dalam durian sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, termasuk kesehatan persendian seperti lutut, ruas jari dll. bagi yang menderita kaku dipersendian bisa mengknsumsi buah durian.
  • Manfaat durian untuk mengatur kestabilan darah. Buah durian bisa mengstabilkan darah, ini dkikarenakan dalam buah ini mengandung mangan. Kendati demikian, tetap tidak bagus kalau dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.
  • Kandungan tembaga dalam buah durian bagus dalam menjaga kesehatan tiroid.
  • Karena banyak kandungan vitamin B1, maka buah durian bermanfaat juga untuk menjaga nafsu makan
  • Kandungan senyawa iboflavin atau Vitamin B2 dalam durian membuat buah enak ini bermanfaat untuk mencegah terjadinya migrain.
  • Buah durian juga bermanfaat untuk meredakan stres dan mengatasi depresi, ini tidak lain karena dalam buah durian mengandung vitamin B6 atau piridoksin
  • Porfor dalam durian sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut

Bahaya mengkonsumsi Buah Durian

Setelah kita membahas manfaat yang begitu banyak dalam buah durian bagi kesehatan, kini kita ulas apa saja bahaya buah durian bagi kesehatan.

Mungkin kita sering mendengar bahwa buah durian memiliki bahaya kesehatan, terutama dikaitkan dengan ibu hamil, karena adanya efek panas pada durian yang bisa berakibat keguguran pada janin. Padahal ini belum ada bukti yang clear secara medis. Selain berbahaya bagi kesehatan janin yang dikandungnya, ada sejumlah bahaya lain buah durian bila dikonsumsi oleh siapa saja, yaitu:

  • Buah durian bisa meningkatkan gula darah bahkan hingga diabetes, kalau dikonsumsikan dalam jumlah banyak dan terlalu sering maka kandungan glukosa yang tinggi dalam durian akan menjadi penyebab diabetes
  • Selain itu, Durian juga berbahaya bagi pencernaan kalau dikonsumsi berbarengan dengan alkohol. Selain itu, kandungan alkohol dan kolesterol dalam durian bisa mebahayakan kesehatan jantung.

Ternyata buah durian banyak menyimpan berbagai manfaat bagi tubuh. tetapi konsumsi durian harus sewajarnya, selain itu jangan mengkonsumsi buah duria berbarengan dengan mengkonsumsi alcohol karena bisa berakibat fatal. Semoga ulasan diatas bermanfaat. [YuQe – WartaSolo.com]


Share:

Berita Lainnya