Manfaat Buah Manggis: Melancarkan Peredaran Darah Hingga Kecantikan. Buah manggis dikenal dengan nama ilmiah sebagai Garcinia mangostana merupakan pohon cemara tropis yang diyakini berasal dari Indonesia dan banyak tersedia di beberapa kawasan Asia Tenggara seperti Singapura, Thailand, Malaysia, dan Vietnam, dan juga di beberapa wilayah Afrika. Buah manggis  sering dipuja sebagai ratu buah tropis dikarenakan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan.

Buah manggis memiliki tiga bagian utama yaitu kulit ungu, daging yang berwarna putih dan biji yang ditemukan dalam daging. Biji buah manggis memiliki rasa yang sangat pahit dan tidak bisa dimakan sementara daging memiliki aroma yang lembut dengan rasa yang manis. Kulit terluar atau kulit manggis memiliki sifat keset namun dapat dibuka dengan mudah. Manggis telah menjadi bagian dari obat tradisional yang digunakan diberbagai negara Asia sejak dulu kala. Bahkan Manfaat kesehatan dari buah manggis dikenal sejak abad ke-18 dan telah terbukti secara ilmiah. Buah Manggis merupakan gudang nutrisi penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan untuk mencukupi kebutuhan gizi.


Berikut  manfaat buah manggis sesuai dengan kandungan nutrisi di dalamnya yang sangat baik untuk kesehatan :

Mengandung Antioksidan

Dalam buah Manggis mengandung polifenol atau xanthones. Ada dua jenis xanthones dalam buah manggis gamma dan alpha manggis. Xanthone dan turunannya telah terbukti memiliki beberapa manfaat, termasuk anti-inflamasi. Xanthone merupakan obat yang efektif terhadap berbagai penyakit kardiovaskular. Antioksidan ini memiliki sifat penyembuhan yang menyembuhkan sel yang rusak oleh radikal bebas, memperlambat penuaan dan menangkal penyakit. Buah manggis sering digunakan untuk pengobatan yang bersifat tradisional untuk mencegah penyakit kardiovaskular dan kanker.

Kandungan Kalori yang Rendah

Buah manggis sangat rendah kalori yaitu 63 kalori per 100 g dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Selain itu buah manggis  kaya akan serat makanan yaitu 100 g menyediakan sekitar 13% RDA yang bisa sangat penting bagi anda yang mempunyai berat badan berlebih untuk menu diet.

Kandungan Vitamin C

Buah Manggis mengandung vitamin sekitar 12% RDA per 100g. Kandungannya larut dalam air dan vitamin C memberikan perlawanan terhadap infeksi,  flu dan menangkal radikal bebas berbahaya. Oleh karena itu mengkonsumsi buah-buahan yang kaya vitamin C sangat penting untuk melawan  beberapa penyakit. Bagi ibu hamil kandungan Folat memiliki peran penting dalam perkembangan janin dan evolusi sel-sel baru yang tumbuh.

Kandungan Nutrisi yang Mampu Melancarkan Peredaran Darah

Buah Manggis mempunyai peranan  dalam mempromosikan sel darah merah dan mencegah anemia. Hal ini dikarenakan buah manggis mampu meningkatkan aliran darah sehingga menyebabkan pelebaran pembuluh darah yang membantu melindungi kita terhadap penyakit tertentu seperti kolesterol, aterosklerosis, dan nyeri pada dada yang parah. Selain itu juga dapat mencegah penyakit katarak karena melakukan peredaran darah yang lancar.

Kandungan buah manggis untuk kecantikan

Buah Manggis memiliki sifat antibakteri alami dan juga anti mikroba yang efektif dalam mengobati berbagai masalah kulit. Bagi anda yang memiliki masalah dengan jerawat, kulit berminyak, noda kulit, dan kulit yang kering dapat disembuhkan dengan konsumsi buah manggis. Selain itu Senyawa santon dalam kulit buah manggis merupakan yang tertinggi bila dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Ini dapat menyembuhkan penyakit kulit, memperbaiki sel yang rusak dan melindungi tubuh anda. Buah manggis dapat membantu penuaan yang muncul karena oksidasi. Manggis memiliki antioksidan seperti katekin (antioksidan yang sama dalam teh hijau). Hal ini membantu dalam melawan radikal bebas. Oleh karena itu, mulai mengkonsumsi manggis agar dapat terlihat awet muda.

Ternyata dalam buah manggis menyimpan banyak manfaat tidak hanya daging buahnya yang banyak mengandung manfaat, kulit buahnya juga tidak kalah dengan daging buahnya. Kulit buah manggis sanga bermanfaat bagi tubuh. banyak exsak kulit manggis yang bermanfaat untuk beberapa penyakit. Semoga ulasan diatas bermanfaat. [YuQe – WartaSolo.com]