Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh

Share:

Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh. Kentang merupakan jenis sayuran dan masuk kedalam keluarga umbi-umbian yang berasal dari negara Amerika. Namun dengan perkembangan zaman tumbuhan ini dibudidayakan dan dikembangkan di negara-negara lain khususnya di indonesia. Kentang sudah menjadi makanan yang populer di berbagai negara bahkan mereka menggunakannya untuk makanan alternatif pengganti nasi dan membantu proses diet secara alami.

Selain itu kentang juga sudah menjadi obat alternatif untuk menyembuhkan penyakit kencing manis (diabetes) yang digunakan oleh tabib serta digunakan sebagai jamu tradisional. Karena kandungan kentang yang mempunyai fungsi menetralisir berbagai bakteri dan kuman yang masuk ke dalam tubuh. Jika diolah dalam bentuk apapun, kandungan kentang tidak akan hilang sedikitpun. Karena kadar suhu dalam kentang tidak berubah-ubah.

Kandungan Nutrisi Kentang

Kandungan yang ada dalam kentang terdiri dari 70% nutrisi dan 30% zat-zat lain. Zat-zat lain berupa protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, potasium, vitamin dan mineral-mineral lainnya. Kandungan kentang ini bisa dijadikan patokan menu makan sehari-hari untuk mengkonsumsinya karena sangat baik bagi kesehatan dalam tubuh. Maka dari itu tidak ada salahnya mengkonsumsi kentang dalam bentuk apapun.

Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh

Ada beberapa manfaat kentang bagi kesehatan tubuh antara lain:

Membantu penurunan kadar kolesterol

Kentang mengandung banyak kalori seperti nasi. Namun kentang mempunyai tekstur yang lembut dan membuat rasa kenyang lebih tahan lama karena tumpukan kalorinya seimbang dan kental. Selain itu dapat membantu penurunan kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan zat potasium yang bermanfaat untuk menghancurkan tumpukan kadar kolesterol pada sistem pencernaan terutama pada sistem peredaran darah. Ini perlu kita ketahui agar selalu mengkonsumsi kentang secara berkala.

Kaya serat serta mencegah berbagai penyakit

Kandungan serat dalam kentang sangat tinggi sebanding dengan gandum. Serat bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Sangat disarankan untuk dikonsumsi bagi orang-orang yang kurus dan kurang berat badan. Selain itu bisa digunakan untuk program orang-orang yang diet. Karena kentang berguna untuk mengukur kadar kalori yang akan dibuang oleh tubuh.

Kandungan serat pada kentang dapat mencegah berbagai masalah yang timbul dalam sistem pencernaan. Selain itu bisa mencegah timbulnya penyakit jantung, kanker prostat dan kanker rahim sesuai penelitian para ahli gizi. Kandungan vitamin B6 pada kentang dapat menghancurkan tumor dan kristal yang tumbuh sebagai virus dalam tubuh dan mencegah gangguan saraf.

Mencegah penyakit batu ginjal dan mengurangi peradangan

Kentang banyak mengandung zat besi dan kalsium yang akan membentuk dan mengendap menjadi batu ginjal serta menimbulkan kadar asam urat dalam sistem peredaran darah. Namun kandungan kentang yang banyak magnesium berfungsi dapat mencegah dan menolak endapan batu ginjal di sistem jaringan. Maka dari itu, kentang terbukti ampuh untuk mencegah dan mengobati batu ginjal. Begitu pula saran para dokter bahwa mengkonsumsi kentang bagi penderita batu ginjal sangatlah baik.

Kentang yang mempunyai tekstur halus dan lembut serta mudah untuk dicerna berguna untuk mengatasi peradangan baik bagian dalam maupun luar seperti, peradangan yang ada di mulut, usus dan sistem pencernaan. Selain itu baik untuk menyembuhkan luka bakar, encok, pegal linu, memar dengan cara menggosokkan dan bisa juga dimakan namun sebelumnya direbus terlebih dahulu.

Meredakan stres dan baik untuk perkembangan otak

Kandungan vitamin B6 dalam kentang dapat meredakan stres dalam pikiran. Karena hormon adrenalin dapat memperbaharui sel dan membuat pikiran serta tubuh terasa rileks, menumbuhkan perasaan menyenangkan dan tenang. Selain itu, Kandungan vitamin B6 juga dapat membantu perkembangan otak dan sistem sarafnya. Kentang juga banyak mengandung tembaga dan zat besi.

Perawatan kulit dan kecantikan

Manfaat kentang yang lainnya ialah untuk kecantikan. Vitamin C dalam kentang sangat baik dan bagus untuk kulit terutama wajah yang dapat membuat kulit halus, lembut dan bersinar. Kita bisa menggunakan kentang untuk menghilangkan timbulnya bengkak dan lingkaran hitam yang ada di mata dengan cara mengiris kentang lalu menempelkan pada mata, tunggu kurang lebih 30 menit.

Selain itu bisa juga dibuat untuk masker kecantikan kulit wajah dengan cara membuat jus kentang lalu balurkan hasilnya ke seluruh wajah agar nampak cantik dan berkilau. Kandungan nutrisi dalam kentang dapat mengobati penyakit jerawat pada wajah dengan cara mengiris tipis kentang lalu tempel kan irisannya di bagian-bagian wajah yang terjangkit penyakit jerawat. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca artikel tentang cara membuat masker kentang.

Mencegah tekanan darah tinggi dan menyehatkan tulang

Kentang yang mengandung kalsium, kalium dan magnesium sangat bagus dan dapat dipercaya untuk mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi dalam tubuh. Selain itu kandungan zat besinya dapat membantu pertumbuhan sempurna dan menyeluruh bagi tulang serta membentuk kekuatan dan struktur yang baik untuk tulang.

Jika kita ingin mengkonsumsi kentang, hendaknya perhatikan betul tentang pengolahan dan penyajiannya agar tidak salah dan mengakibatkan terbuangnya nutrisi dalam kentang dan tubuh tidak bisa menikmati pada penyerapan nutrisinya. Ini ada beberapa cara pengolahan kentang yang baik dan benar, antara lain:

  • Jika ingin dikonsumsi biasa hendaknya kentang direbus.
  • Jika ingin bervariasi hendaknya kentang dibuat soup atau dimasak dengan kecap.
  • Jangan sampai kentang dibakar karena efek pembakarannya buruk untuk kesehatan dalam tubuh.
  • Jangan sampai digoreng, boleh tapi tanpa minyak karena akan merusak nutrisi dan timbul efek negatif dalam tubuh.

Ulasan diatas merupakan beberapa manfaat dari kentang. Tanpa kita sadari ternyata dibalik kentang terkandung banyak manfaat bagi tubuh. selain itu sering kita menjumpai kentang yang digunakan dalam sup penyajiannya digoreng dahulu. Setelah mengetahui dari ulasan diatas bahwa kentang seharusnya dalam memasak tidak harus digoreng karena dapat menghilangkan beberapa nutrisinya. Semoga ulasan diatas bermanfaat. [YuQe – WartaSolo.com]


Share:

Berita Lainnya