Buah Belimbing: Manfaat Dan Bahayanya

Share:

Buah Belimbing: Manfaat Dan Bahayanya. Buah belimbing sering dinikmati saat cuaca panas. Buah yang cukup menyegarkan termasuk salah satu buah cukup populer di kalangan masyarakat, karena rasanya yang manis dan segar serta kandungan nutrisinya tinggi. Buah yang memiliki bentuk seperti bintang ini tidak hanya bisa dikonsumsi secara langsung, tapi bisa dijadikan jus atau manisan.

Ternyata buah belimbing memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan dan kecantikan. Hal itu sangat jelas, kandungan nutrisi buah belimbing diantaranya: karbohidrat, Vitamin B6, Vitamin C, Vitamin E, protein, kalsium, serat, potasium dan zat besi. Tetapi, Jika Anda menderita penyakit tertentu, konsumsi belimbing bisa memperburuk kondisi Anda.

Sebelum kita membahas bahaya buah belimbing, ada baiknya kita simak beberapa manfaat buah belimbing untuk kesehatan, berikut ini :

  • Meningkatkan nafsu makan. Belimbing mengandung Vitamin A dan retinol yang berkhasiat membantu merangsang nafsu makan seseorang. Jika Anda sedang merasa kurang nafsu makan, konsumsi beberapa potong buah belimbing, dijamin nafsu makan akan membaik.
  • Mencegah kanker. Kandungan antioksidan dalam buah belimbing dapat membantu menangkal paparan radikal bebas yang memicu kanker.
  • Menurunkan tekanan darah. Bagi Anda yang berpotensi memiliki tekanan darah tinggi, cobalah menormalkannya dengan buah belimbing.
  • Menjaga kecantikan kulit. Kandungan nutrisi dalam belimbing bermanfaat menjaga kecantikan kulit. Untuk perawtaan dari dalam, Anda bisa mengonsumsinya dan untuk perawatan dari luar, Anda bisa menjadikannya sebagai masker wajah. Adapun khasiatnya untuk kulit, antara lain : mengontrol kadar minyak pada kulit, mengatasi komedo, mengecilkan pori-pori dan membuat kulit cerah bersinar.
  • Menyehatkan pencernaan. Kandungan serat alami dalam buah belimbing berkhasiat menyehatkan pencernaan sehingga Anda terhindar dari gangguan pencernaan, misalnya : sembelit, susah buang air besar.

Baca Juga: Manfaat Buah Strawberry Untuk Kesehatan Serta Kecantikan Wajah

Bahaya Belimbing Bagi Kesehatan

Dibalik manfaatnya yang luar biasa bagi kesehatan, ternyata buah Belimbing juga bisa membahayakan kesehatan loh, terutama jika dikonsumsi seseorang yang mengidap penyakit tertentu, misalnya :

  • Sakit ginjal. Belimbing memang memiliki kandungan banyak air, namun belimbing mengandung asam oxalate yang apabila dikonsumsi berlebihan dapat membahayakan kondisi ginjal, karena ginjal tidak mampu menyaring zat tersebut dan membuangnya.
  • Sakit kolesterol tinggi atau diabetes. Penderita penyakit tersebut juga disarankan untuk membatasi konsumsi belimbing, karena kandungan gula yang tinggi sehingga kurang baik bagi kesehatannya.
  • Sakit hipertensi. Belimbing memang mampu membantu menurunkan tekanan darah, meski begitu didalamnya juga terdapat racun saraf atau neurotoksin yang bisa membahayakan kinerja otak dan juga syaraf.

Ulasan diatas merupakan manfaat dan bahaya buah belimbing, karena sangat popular dikalangan masyarakat alangkah baiknya bila kita mengetrahui baik buruknya konsumsi buah belimbing. Penting untuk kita mengetahui keadaan tubuh kita sebelum mengkonsumsi makanan, jadi makanan apa saja yang boleh dimakan dan makanan apa saja yang harus dijauhi. Semoga ulasan diatas bermanfaat. [YuQe – WartaSolo.com]


Share:

Berita Lainnya