Tips Membersihkan Noda Tinta Permanen Berbahan Dasar Minyak

Share:

Tips Membersihkan Noda Tinta Permanen Berbahan Dasar Minyak. Walau lebih sulit jika dibandingkan dengan menghilangkan noda biasa, menghilangkan noda tinta permanen bukan sesuatu yang mustahil. Tinta permanen dalam spidol atau pulpen terbuat dari bahan dasar minyak. Kita tahu bahwa minyak tidak bisa dilawan dengan air sehingga air bercampur deterjen tidak akan efektif untuk menghilangkan noda tinta jenis ini. Mesti memerlukan cairan penghilang tinta untuk menghancurkan kandungan minyak di dalam noda sehingga lebih mudah dihilangkan. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Serap tinta yang masih basah keluar dari bahan pakaian menggunakan kain mikrofiber. Jangan pakai tisu karena serpihan serat-seratnya dapat tertinggal di pakaian Anda.
  • Oleskan alkohol atau semprotkan hairspray langsung pada noda. Alkohol merupakan pembersih noda tinta yang ampuh karena mampu menghancurkan kandungan minyak di dalam tinta permanen. Pastikan sirkulasi udara di sekitar Anda lancar karena bau alkohol bisa jadi sangat menyengat.
  • Pada saat alkohol atau hairspray masih basah, langsung masukkan pakaian ke dalam mesin cuci, lalu jalankan mesin cuci pada suhu normal dengan tambahan deterjen yang biasa Anda pakai. Jangan mencucinya bersama dengan pakaian lain. Bisa juga langsung dikucek pada bagian noda dan diberi detergen.
  • Jika nodanya telah benar-benar hilang, keringkan pakaian secara alami. Jika sisa-sisa noda masih terlihat, ulangi langkah-langkah di atas.

Cara menghilangkan noda tinta di baju setelah kering

Satu hal yang perlu diingat ialah bahwa panas dapat membuat noda tinta semakin menempel kuat di serat pakaian dan lebih sulit dihilangkan. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan bahwa noda telah benar-benar hilang dari pakaian sebelum mengeringkannya.

Meski demikian, kalau Anda menemukan noda tinta yang telah kering atau Anda tanpa sengaja memasukkan pakaian yang bernoda ke dalam mesin pengering, Anda bisa memakai produk pengangkat noda yang tersedia di toko-toko. Baca aturan pakai pada kemasan produk dan tes terlebih dulu di area kecil. Setelah pemakaian produk, cuci kembali pakaian tersebut seperti biasa. Di sini, kesabaran Anda diuji karena proses ini mungkin perlu diulang beberapa kali sampai nodanya benar-benar hilang!

Kiat-kiat dasar penanganan noda tinta

  • Tangani noda tinta sesegera mungkin. Noda yang masih segar lebih mudah diatasi. Sebaliknya, noda tinta yang telah kering dan menempel kuat ke serat pakaian memerlukan produk pembersih noda tinta khusus dan lebih sulit dihilangkan.
  • Jangan gosok atau usap noda tinta. Alih-alih memudarkannya, menggosok justru akan membuat nodanya semakin meluas. Tepuk-tepuk secara perlahan untuk menyerap noda keluar dari bahan pakaian tanpa menyebabkan noda menyebar ke bagian lain.
  • Diamkan produk pembersih selama beberapa saat. Cairan penghilang tinta pada umumnya memerlukan waktu untuk bekerja secara efektif. Baca dan ikuti instruksi pemakaian produk.

Semoga tips diatas mampu memberikan manfaat bagi anda yang sedang kebingungan membersihkan baju yang terkena noda dari spidol maupun dari tinta permanen. [YuQe – WartaSolo.com]


Share:

Berita Lainnya