Tips Memilih Produk Perawatan Bayi

Share:

Tips Memilih Produk Perawatan Bayi. Melihat si Kecil tumbuh dengan sehat merupakan impian dari setiap ibu. Untuk mewujudkan pertumbuhan anak untuk menjadi anak sehat tak bisa dihindarkan dari produk perawatan bayi. Untuk itu, sangat penting memilih produk perawatan bayi yang tepat untuknya. Saat ini, ada begitu banyak produk perawatan bayi yang beredar, tetapi tidak semuanya aman untuk digunakan si Kecil. Karena tubuh bayi yang masih sangat sensitive.

Agar Ibu tak lagi bingung menentukan produk mana yang tepat untuk si bayi, ayo simak 4 tips cerdas berikut ini:

Ketahui Bahan Pembuatnya

Untuk menghindari terjadinya iritasi pada kulit si Kecil, pastikan Ibu membaca dengan saksama bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan yang tertera di kemasan produk perawatan bayi. Hindari produk-produk yang mengandung bahan kimia berlebih seperti pewarna dan pengharum yang dapat meningkatkan risiko iritasi pada kulit bayi sensitif.

Meski sebagian besar bahan kimia berbahaya memiliki nama yang panjang dan sulit dieja, tetapi ada beberapa nama serupa yang justru merupakan bahan alami dan baik untuk bayi, seperti Sodium cocoyl isethionate (ekstrak minyak kelapa) dan Zemea propanediol (kandungan dari gula jagung). Jadi, cermatlah dalam membaca bahan baku produk perawatan bayi ya, Bu!

Jangan Terkecoh dengan Label

Beberapa produk perawatan bayi memiliki label hypoallergenic dan diklaim aman untuk bayi karena bebas kandungan bahan berbahaya. Produk-produk tersebut memang memiliki bahan pembuat yang tidak berisiko menimbulkan alergi, tetapi bukan berarti bebas 100% dari aneka bahan kimia yang terkandung didalamnya.

Baca Juga: Tips Merawat Bayi Prematur

Hindari Bahan Berikut

Ibu perlu mewaspadai produk perawatan bayi yang mengandung Sodium lauryl sulfate karena sangat berbahaya dan dapat menyebabkan iritasi terutama pada kulit bayi yang masih sensitif. Selain itu, zat bernama Formaldehyde juga sangat berbahaya karena memiliki kandungan alergen yang memicu timbulnya alergi pada kulit bayi. Zat ini juga sering ditemukan dalam bahan-bahan lain yang memiliki nama Hydantoin, Imidazolidinyl urea, dan Diazolidinyl urea. Jangan gunakan produk perawatan bayi yang memiliki kandungan ini untuk mencegah bayi iritasi dan kandungannya tidak aman bagi bayi.

Hindari yang Mengandung Pewangi

Bahan berbahaya yang sering luput dari perhatian ialah pewangi atau biasa juga disebut dengan nama fragrance di berbagai produk perawatan bayi. Pewangi semacam ini mengandung ratusan bahan kimia berbeda yang berpotensi membahayakan kesehatan si Kecil, salah satunya adalah phthalates.

Apabila Ibu ingin produk perawatan bayi yang aman, tak ada salahnya membuatnya sendiri dari bahan-bahan yang mudah didapatkan seperti lidah buaya, ramuan herbal. Selain bebas bahan kimia, produk perawatan bayi buatan sendiri juga jauh lebih murah dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan bayi tersayang. [YuQe – WartaSolo.com]


Share:

Berita Lainnya