Cara Memilih Bra Untuk Ibu Menyusui

Share:

Cara Memilih Bra Untuk Ibu Menyusui. Perubahan buah dada dimulai pada trimester pertama kehamilan, dan kebanyakan ibu mengatasi dengan menggunakan bra kehamilan yang tepat bersama dengan baju kehamilan. Jika Anda membeli bra baru selama kehamilan, jangan lupa untuk mempersiapkan dengan membeli bra khusus menyusui. Kebanyakan pakaian dalam khusus ibu menyusui mungkin tidak cocok setelah bayi lahir karena perubahan tubuh ibu.

Bra menyusui akan mendukung proses laktasi yang nyaman karena bra menyusui memiliki desain yang berbeda dengan bra biasa yang sering digunakan oleh wanita, salah satunya dapat menjadi penyangga, menyesuaikan bentuk buah dada dan mendukung proses laktasi. Bra menyusui dirancang dengan ‘cup’ yang terbuka. Anda dapat membuka flap pada ‘cup’ sehingga bayi dapat menyusu dengan nyaman sedangkan sisanya dari bra tetap pada tempatnya.

Bagaimana Anda tahu ukuran bra ketika memutuskan membeli bra? Karena payudara berubah secara dramatis setelah melahirkan. Perubahan buah dada akan membesar setelah melahirkan, jadi mungkin membeli satu atau dua kurang bra di akhir kehamilan yang satu ukuran diseuaikan dengan kondisi anda dan satu lagi dengan ‘cup’ ukuran lebih besar dari yang Anda kenakan. Ketika ukuran payudara Anda sudah turun, biasanya setelah minggu kedua, membeli bra tambahan yang sesuai dan membuat anda nyaman. Kebanyakan bra menyusui memiliki beberapa kait di belakang untuk memungkinkan perubahan ukuran payudara dan ekspansi tulang rusuk selama kehamilan. Jika Anda membeli bra yang cocok ketika diikat pada baris kedua kait, Anda akan memiliki ruang untuk mendapatkan sedikit lebih besar. Karena flaps terbuka di sisi, ada juga beberapa ruang untuk ekspansi di cup yang paling bra menyusui.

Baca Juga:

Tips Menyusui Yang Benar

Tips Merawat Payudara Saat Menyusui

Beberapa ibu lebih memilih untuk memakai bra menyusui saat mereka sedang menyusui. Mereka lebih nyaman dengan dukungan tambahan dari bra menyusui. Bagi orang lain, terutama mereka yang memiliki payudara yang kecil, menjadi lebih santai tentang bra yang biasa digunakan. Bentuk payudara dan ketegasan dipengaruhi terutama oleh faktor keturunan, dan bahkan wanita yang tidak menyusui akan menemukan bahwa payudara mereka berubah setelah kehamilan. Beberapa ibu merasa bahwa payudara mereka lebih kecil  setelah disapih.

Ada beberapa pilihan jenis bra untuk ibu menyusui setiap bentuk bra mempunyai kelebihan sendiri-sendiri, berikut tips memilih bra menyusui diantaranya:

Flaps harus mudah dibuka dengan satu tangan

Bayi yang seringkali menyusu pada waktu yang tidak terduga dan dimana saja, harus anda siapkan dengan menggunakan pakaian dalam ‘bra’. Jika Anda membuka flaps dengan satu tangan, itu lebih baik. Hal yang harus anda ingat, ketika bayi anda lapar, maka lengan satunya lagi akan segera menyangga bayi, sehingga apabila kesulitan membuka bra akan membuat anda tidak nyaman ketika memulai proses laktasi. Sedangkan untuk anda yang akan bepergian sebaiknya menggunakan bra yang dapat dibuka cup nya saja, memudahkan dan tetap dapat memberikan ASI atau dapat pula menggunkan kain penutup menyusui.

Pilihlah ukuran bra yang sesuai

Bra harus mendukung buah dada dari bawah bahkan ketika cup terbuka. Hal ini membuat bayi menyusu  lebih nyaman. Selain itu ukuran yang membesar ketika menyusui membuat anda bersusah payah untuk menyesuaikan. Hindari memilih bra yang terlalu ketat karena akan membuat tertekan, sakit dan tidak nyaman selain itu bayi juga kurang merasanyaman saat menyusui. Apabila dibiarkan akan menghambat proses menyusui anda. Selain itu hindari bra yang terbuka sepenuhnya di depan untuk ibu menyusui. Anda akan memiliki waktu yang sulit ketika selesai menyusui.

Bra menyusui harus cocok dan nyaman

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa bra yang terlalu ketat bisa membuat Anda rentan terhadap saluran ASI dan infeksi payudara di bagian payudara dimana tali atau underwires menghalangi aliran susu sehingga aliran ASI tidak bisa lancar dan membuat bayi merasa uring-uringan. Ibu dapat memilih bra yang berbahan katun sehingga tidak menimbulkan gatal dan iritasi pada kulit. Bersihkan dari ASI yang mungkin berceceran terlebih dahulu sebelum kembali menggunakan bra.

Hindari underwires, terutama di minggu-minggu awal setelah melahirkan

Jika Anda memilih bra underwire, maka hindari menggunakannya di minggu awal kelahiran, jaringan penghasil susu payudara meluas sehingga kembali ke tulang rusuk dan sampai ke ketiak Anda. Sebuah underwire dapat menghalangi saluran susu di daerah itu, selain menyembul dan mengganggu penampilan Anda. Bra Underwire dapat menjadi tidak nyaman untuk dipakai selama kehamilan.

Pilih Cup yang terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat

Cup harus terbuat dari kain yang mudah menyerap keringat sehingga membuat anda nyaman ketika menggunakannya. Biasanya cup yang berbahan 100 persen katun, meskipun beberapa sintetis yang baru juga memungkinkan menyerap keringat akan tetapi sintetis lainnya perangkap kelembaban sebelah puting dan mendorong pertumbuhan bakteri dan menimbulkan rasa nyeri. Bagi anda yang akan membeli bra untuk ibu menyusui, jangan membeli bra dengan lapisan plastik.

Persedian Bra selama menyusui

Ketika anda akan membeli persedian bra selama menyusui maka sesuaikan dengan kebutuhan, apabila anda memutuskan untuk memberikan ASI eksklusif maka akan membutuhkan setidaknya tiga bra: satu untuk anda gunakan, dua sebagai bra cadangan. Sehingga lebih memungkinkan anda untuk mencuci bra, hal ini dikhawatirkan akan menimbulkan bakteri apabila tidak sering di cuci

Dengan demikian ibu menyusui harus mendahulukan kenyaman yang menjadi syarat penting menggunakan bra yang tepat untuk menyusui. Anda dapat menentukan kenyaman dari bahan, ukuran dan desain bra yang dipilih ketika memutuskan menggunakan bra menyusui. Hindari menggunakan bra yang terlalu ketat karena akan menyiksa diri dan membuat payudara menjadi tertekan, selain itu akan menyumbat pembuluh darah sehingga menghambat aliran ASI dan membuat bayi menjadi uring-uringan saat menyusui. Ada pula beberapa ibu menyusui tetap memilih menggunakan bra yang biasa digunakan karena merasa tidak terganggu dengan proses laktasi yang digunakan. Semoga ulasan diatas bermanfaat. [YuQe – WartaSolo.com]


Share:

Berita Lainnya