Tips Persalinan Normal Tanpa Rasa Sakit

Share:

Tips Persalinan Normal Tanpa Rasa Sakit. Untuk para wanita yang akan mengalami proses persalinan yang pertama, tentu saja akan membayangkan bahwa semua proses persalinan secara normal itu merupakan proses yang paling sulit juga paling menegangkan. Bahkan banyak ibu yang telah beberapa kali mengalami proses persalinan masih belum bisa melupakan trauma ketika menjalani persalinan. Padahal apabila bayi sudah lahir semua rasa yang ada dalam tubuh ibu akan digantikan dengan kebahagiaan yang tak terkira. Selain itu ada cara melahirkan yang tanpa terasa rasa sakit seperti operasi caesar, water birth, dan juga vacum. Namun proses kelahiran secara caesar dan juga vacum tidak disarankan, jika anda masih bisa dan sanggup untuk melahirkan dengan proses normal. Bagi wanita hamil yang sangat menginginkan kelahiran dengan proses normal, ada beberapa cara yang dapat mengurangi rasa sakit ketika melahirkan secara alami. Berikut di antaranya

  1. Perbanyak membaca buku serta artikel yang banyak mengulas tentang tips dan kiat dalam kehamilan dan juga persalinan. Mempunyai pengetahuan tentang keadaan kondisi anda dapat membuat anda semakin tenang ketika menghadapi masa kehamilan serta proses persalinan. Setidaknya sudah ada bekal ilimu menghadapi proses kelahiran.
  2. Banyak mengkonsumsi makanan yang bergizi serta asupan vitamin, terutama vitamin yang dapat menambah darah anda juga kalsium. Makanan yang bergizi serta suplemen dapat membantu anda mempunyai kondisi badan yang sehat, mengurangi berbagai keluhan pada masa kehamilan, persiapan dalam menghadapi proses persalinan serta dapat menghindari berbagai resiko yang dapat muncul.
  3. Rajinlah memeriksakan kondisi kandungan pada dokter kandungan atau bidan anda. Kondisi pada kehamilan pada setiap wanita sangatlah berbeda dan juga tidak terduga. Dengan anda melakukan pemeriksaan secara rutin, maka jika terdapat kelainan dapat segera teratasi. Selain itu dengan memeriksakan kandungan kita bisa mengetahui tingkat keselamatan janin yang berhubungan dengan air ketuban, letak plasenta dll.
  4. Anda dapat melakukan kegiatan senam hamil. Senam hamil ini memiliki tujuan untuk wanita hamil tetap pada keasaan yang sehat dan juga terlatih. Latihan senam hamil juga dapat melatih pernafasan agar dapat membantu anda menarik nafas ketika mengejan. Senam hamil ini juga dapat membantu untuk mengurangi badan yang pegal serta keluhan yang lain ketika anda hamil. Kegiatan sederhana lainnya dapat anda lakukan seperti contoh mengepel dengan posisi badan yang jongkok. Hal tersebut dapat membuat anda mengejan dengan sangat kuat sehingga persalinan dapat berjalan lebih cepat atau melakukan senam yoga atau relaksasi lainnya. Dengan posisi jongkok juga akan mengarahkan posisi bayi untuk masuk ke pinggul ibunya apabila pada masa kehamilan tua
  5. Mintalah seseorang atau suami anda untuk memijat punggung anda hingga pinggang secara perlahan.
  6. Ada baiknya persalinan di lakukan pada tempat melahirkan yang telah anda percaya. Para ahli yang membantu menolong ketia persalinan harus bisa memberikan sugesti besar pada diri sendiri. Hal ini dapat membantu anda merasa lebih tenang ketika menghadapi proses persalinan.
  7. Alihkan sebisa mungkin perhatian anda pada hal lain dari rasa sakit. Ini dapat anda lakukan dengan mencoba kegiatan lain yang menyenangkan, anda dapat melakuakan doa, membaca buku, dengan mendengarkan musik, menghitung mundur, bahkan mengerjakan pekerjaan rumah anda seperti biasanya.
  8. Mintalah pada para ahli yang membantu proses persalinan anda agar di beri ijin untuk mengejan dengan posisi yang paling nyaman menurut anda seperti setengah duduk, berbaring, merangkak atau bahkan jongkok. Mengejan pada saat anda ingin mengejan ketika sudah tidak bisa di tahan kembali.
  9. Perbanyak berdoa, dengan berdoa hati juga pikiran anda menjadi lebih tenang.

Baca Juga:

Tips Menyembuhkan Bekas Jahitan Pasca Persalinan Normal

Penyebab dan Cara Mengatasi Kaki Bengkak Setelah Melahirkan

Manfaat Senam Kegel Untuk Ibu Hamil, Bersalin, Nifas dan Setelah Melahirkan

Dengan melakukan persiapan diatas maka hati anda menjadi lebih tenang dan dampak posistif yang didapat bisa melahirkan tanpa rasa sakit. Bayangkan hal-hal indah bersama calon bayi anda kelak mungkin hal tersebut bisa mengurangi rasa sakit dalam tubuh anda. [YuQe – WartaSolo.com]


Share:

Berita Lainnya