Cara Jitu Mengatasi Anak Susah Makan Buah Dan Sayur

Share:

Cara Jitu Mengatasi Anak Susah Makan Buah Dan Sayur. Masa pertumbuhan anak merupakan satu masa yang menuntut orangtua harus dengan benar memperhatikan asupan gizi yang diterima oleh si kecil. Dalam hal ini, pastinya bunda harus bisa memilih asupan gizi yang memang sesuai dengan apa yang mereka butuhkan, diantaranya yaitu sayuran juga buah-buahan yang kaya akan vitamin juga nutrisi. Sebagian nutrisi anak akan terpenuhi jika anak mau makan buah dan sayur setiap hari selain itu serat juga ada dalam buah dan sayur. Buah dan sayur segar tidak terdapat pengawet jadi sangat aman dikonsumsi buah hati.tapi bagaimana dengan anak yang enggan bahkan tidak mau mengkonsumsi buah dan sayur?

Anak Susah Makan Sayuran

Sebenarnya banyak cara yang bisa bunda lakukan guna mengatasi anak susah makan buah dan sayur, dan bunda harus benar-benar bisa memberikan si kecil asupan gizi dari buah dan sayuran tersebut. Karena buah dan sayuran memiliki manfaat yang baik untuk pertumbuhan si kecil, bahkan buah dan sayur merupakan salah satu sumber vitamin yang di butuhkan oleh pertumbuhan si kecil. Bukan hanya itu, manfaat signifikan lainnya yang ada di dalam sayuran juga buah yaitu guna menghindari obesitas, karena buah dan sayur sangat kaya akan serat yang memang berguna untuk menghambat terjadinya obesitas, serat juga melancarkan buang air besar.

Akan tetapi, banyak diantaranya orang tua yang mengeluhkan anak susah makan buah dan sayur, bahkan mereka cenderung tidak menyukainya, sehingga bunda akan sangat sulit dalam memenuhi gizi yang di butuhkan si kecil. Kali ini kita akan mengulas mengenai  cara mengatasi anak susah makan buah dan sayur yang bisa bunda terapkan, dan salah satu cara yang bisa bunda lakukan yaitu memberikan motivasi kepada si kecil agar ia mau memakan sayur dan buah.

  1. Bunda bisa memperkenalkan beragam jenis buah dan sayur sejak dini. Bunda juga bisa mengenalkan buah juga sayur secara satu per satu ketika usia si kecil masih balitajangan langsung diberi banyak macam sayuran, sehingga bunda akan mengetahui sayuran dan buah mana yang paling di sukai si kecil.
  2. Bunda tidak dianjurkan untuk memaksa si kecil untuk mengkonsumsi buah dan sayur. Karena banyak diantaranya bunda yang memaksa si kecil untuk mengkonsumsi buah dan sayur . dan akibatnya, si kecil akan bersikap dengan keras untuk menolak mengkonsumsi buah dan sayur dan memberontak ketika bunda akan memberikan buah dan sayur kepada si kecil. Dan yang harus bunda lakukan kepada sikecil yaitu, sebaiknya bunda memberikan beberapa kata positif yang bisa memberikan dukungan kepada si kecil agar si kecil mau mengkonsumsi buah dan sayur yang bunda siapkan. Ajaklah sikecil untuk mengetahui manfaat konsumsi buak dan sayur sehingga kata-kata positif yang melekat dibenak anak.
  3. Cara dalam menyajikan buah dan sayur dengan beberapa desain atau tampilan yang menarik perhatian si kecil, agar si kecil mau untuk memakan buah dan sayur yang bunda siapkan. Karena cara memasak juga menyajikan beberapa buah dan sayur tertentu pastinya bisa membuat si kecil tertarik untuk memakannya. Sekarang banyak sajian bento dengan bentuk unik yang menggabungkan penyajian buah, sayur, nasi dan lauk dalam satu tempat. Hal tersebut bisa diterapkan ke anak yang sudah mempunyai gigi. Kalau masih bayi bisa di blender.
  4. Bunda bisa mengambil inisiatif untuk membuat jus buah atau jus sayur atau bahkan jus buah yang di campurkan dengan sayur. Karena jus akan membuat si kecil menghilangkan kesan bahwa buah dan sayur merupakan satu beban untuk di konsumsi. Akan tetapi, bunda juga harus memastikan kalau jus yang bunda buat telah bunda campurkan dengan susu, madu atau bahkan gula agar jus yang bunda buat lebih memiliki rasa yang enak untuk di konsumsi.
  5. Bunda harus bisa memilih suasana serta tempat yang nyaman bagi si kecil agar si kecil mau mengkonsumsi buah dan sayur yang bunda sajikan, hal ini agar membantu si kecil dalam meningkatkan mood si kecil untuk mengkonsumsi buah dan sayur.

Ulasan diatas merupakan cara jitu mengatasi anak susah makan buah dan sayur. Kenalkan buah dan sayur kepada buah hati sejak dia mulai mengenal MPASI dengan begitu anak akan terbiasa dengan buah dan sayur yang bunda sajikan. Semoga ulasan diatas bermanfaat bagi bunda-bunda yang mempunyai keluahan buah hatinya susah makan buah dan sayur. [YuQe – WartaSolo.com]


Share:

Berita Lainnya