Manfaat Kemiri Untuk Kecantikan, Kesehatan Dan Rambut

Share:

Manfaat Kemiri Untuk Kecantikan, Kesehatan Dan Rambut. Kemiri dengan nama latin Aleurites moluccana dan termasuk dalam suku Euphorbiaceae. Tidak banyak orang tahu bahwa kemiri masih satu kerabat dengan singkong. Mungkin karena jarang orang yang pernah melihat pohon kemiri. Di Indonesia, buah kemiri dijadikan sebagai bumbu masak untuk melezatkan masakan. Namun, nenek moyang kita juga menggunakan kemiri untuk keperluan lain, seperti membuat minyak kemiri yang berkhasiat menyuburkan rambut.

Kandungan yang terdapat dalam kemiri antara lain saponin, falvonoida, dan polifenol, serta zat gizi mikro seperti protein, lemak, dan karbohidrat. Kemiri juga memiliki kandungan mineral seperti kalium, fosfor, magnesium, dan kalsium. Selain itu kandungan lain yang tidak kalah memberi manfaat adalah vitamin A, vitamin B1, folat, serta fitosterol yang bisa menghambat pembentukan kolesterol. Proteinnya berupa asam amino esensial maupun nonesensial berfungsi untuk pertumbuhan dan membentuk protein dan antibodi.

Manfaat Kemiri untuk Kesehatan

Seperti yang sudah disinggung di awal, kemiri bukan hanya bermanfaat sebagai bumbu dapur untuk melezatkan masakan tapi juga berkhasiat sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Nah, berikut ini kami rangkum beberapa manfaat kemiri untuk pengobatan.

  1. Mengobati Sariawan
  2. Mengobati Sakit Gigi
  3. Mengobati Diare
  4. Mengatasi Infeksi Jamur
  5. Mengatasi susah Tidur (Insomnia)
  6. Susah buang air besar (sembelit)
  7. Digigit Serangga
  8. Mengatasi BAB Berdarah
  9. Obat Gosok
  10. Obat Demam pada Anak

Manfaat Kemiri untuk Rambut

Selain bermanfaat bagi kesehatan, kemiri juga bermanfaat untuk kecantikan terutama yang berhubungan dengan rambut. Sudah sejak zaman dahulu kala nenek moyang kita menggunakan buah kemiri yang diambil minyaknya untuk kesehatan rambut. Ada banyak cara dalam mengambil minyak dari biji buah kemiri. Bisa dengan cara merebus atau disangrai (goreng tanpa minyak). Kalau tidak mau repot ya tinggal beli saja minyak kemiri yang sudah dijual dalam botol kemasan. Namun, Anda harus pandai-pandai memilih agar mendapatkan minyak kemiri yang asli yang belum dicampur dengan bahan-bahan lainnya.

  1. Minyak kemiri menyuburkan rambut
  2. Mengatasi Rambut rontok
  3. Menumbuhkan Rambut
  4. Menghitamkan Rambut
  5. Menghilangkan Ketombe

Manfaat Minyak Kemiri untuk Kecantikan

Selain bermanfaat untuk rambut, minyak kemiri juga berkhasiat untuk dunia kecantikan. Diantaranya untuk merawat kecantikan kulit, alis dan bulu mata.

  1. Merawat Kecantikan Kulit
  2. Menyuburkan Alis, Bulu Mata, dll

Cara Membuat Minyak Kemiri

Sekarang ini, minyak kemiri sudah banyak dijual bebas di pasaran. Namun, jika Anda ragu akan kualitas minyak kemiri dalam kemasan lebih baik anda membuatnya sendiri karena caranya juga tidak begitu sulit.

Secara lengkap pengolahan kemiri untuk diambil minyaknya adalah sebagai berikut:

Tumbuk kemiri hingga hancur.

Rebus kemiri dengan air hingga mengeluarkan minyak.

Ambillah minyak kemiri yang mengapung di atas air.

Saringlah minyak hingga jernih.

Simpanlah minyak ke dalam botol dan simpan botol di tempat yang sejuk.

Gunakan secara rutin seminggu tiga kali.

Di Indonesia, kemiri dikenal dengan banyak nama. Di antaranya, kembiri, gambiri, hambiri (Batam); kemili (Gayo); kemiling (Lampung); buah kareh (buah keras, Minangkabau; Nias); keminting (Dayak). Juga muncang (Sunda); dèrèkan, pidekan, miri (Jawa); kamèrè, komèrè, mèrè (Madura); dan lain-lain.

Ulasan diatas merupakan manfaat dari kemiri yang bisa kita dapatkan, baik untuk kesehatan, kecantikan dan untuk rambut anda. Ternyata didalam kemiri menyimpan banyak manfaat untuk tubuh kita. semoga ulasan diatas bermanfaat dan menambah wawasan bagi pembaca. [YuQe – WartaSolo.com]


Share:

Berita Lainnya