Kita Bisa Sehat Dan Cantik Dengan Biji Selasih

Share:

Kita Bisa Sehat Dan Cantik Dengan Biji Selasih. Anda semuanya pasti sudah tidak asing dengan nama selasih. Mungkin juga anda semua sudah banyak menemukan biji selasih ini sebagai campuran dan pelengkap berbagai minuman dingin. Untuk anda yang belum mengetahuinya bahwa biji selasih ini berwarna hitam kecil dan luarnya dikelilingi warna putih bening cling. Dan besarnya hampir seukuran dengan wijen. Yaitu Biji selasih ini berasal dari bunga kemangi yang sudah kering dan biji tersebut direndam hingga muncul selaput putih bening dipinggirnya.

Memahami Bunga Kemangi Dan Biji Selasih

Selasih memiliki nama latin yaitu ocinum yang merupakan kelompok pembagian terstruktur tentang tumbuhan berkerajaan plantea dan merupakan tanaman asli dari Negara tetangga Thailand. Tumbuhan ini memang banyak dimanfaatkan pada bagian bijinya, daun serta buahnya. Daunnya yang berfungsi sebagai rempah dengan aroma khasnya yaitu wangi, langu, manis, dan menyegarkan.

Di negara tirai bambu Cina, bahwa biji selasih sudah lama dimanfaatkan untuk berbagai obat alternative yang menyembuhkan berbagai penyakit. Bagi orang Cina percaya bahwa biji selasih dapat meredakan demam pada tubuh, mengobati sakit karena gigitan serangga, menambah selera makan dan mengobati batuk. Selain memiliki rasa yang enak dan membuat penasaran bagi yang belum pernah mengkonsumsinya, biji selasih ini baik dikonsumsi kapanpun tanpa berdampak buruk bagi kesehatan. Saat yang paling tepat dan dianjurkan untuk mengkonsumsi minuman atau makanan yang berbahan dasar biji selasih adalah pada malam hari.

Salah satu jenis selasih yang popular di Indonesia adalah kemangi. Pada umumnya bahwa masyarakat Indonesia banyak memanfaatkan selasih ini pada bagian daun sebagai bumbu rempah dan lalapan, sedangkan bijinya untuk campuran berbagai minuman es yang segar. Bukan hanya sebagai pelengkap minuman dingin saja, tidak bisa dipungkiri bahwa biji selasih ini memiliki beragam kandungan yang baik didalamnya sehingga fungsi dan khasiatnya juga banyak sekali.

Kandungan Yang Ada Pada Biji Selasih

Sesungguhnya beragam kandungan baik yang terdapat didalam biji selasih diantaranya yaitu eugenol, tymol, metal eugenol, vitamin, lemak, dan serat. Eugamol berfungsi sebagai fungisida dalam tubuh, tymol memiliki fungsi repellent atau penghalau serangga, antibiotic yang akan melawan bakteri, dan metal eugenol sebagai atraktan atau pemikat. Selain itu ada juga kandungan minyak atsiri dalam biji selasih yang terdiri dari linalool, methyichavicol, citral, geraniol, ocimenen, 1.8 cincole, encalyptole, himonene, eugenol methylether, furfural, methyl cinnamate, dan farnesol. Kandungan ini sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit serta wajah. Berikut ini adalah ulasan beberapa manfaat biji selasih.

Manfaat Selasih Untuk Kesehatan

  1. Mengurangi dampak buruk dari nikotin

Dengan mengkonsumsi biji selasih maka dapat meminimalisir dampak negative nikotin di dalam tubuh yang kebanyakan didapat dari hasil hirupan asap rokok. Tidak hanya bijinya, daun selasih juga memiliki manfaat yang sama dalam meminimalisir efek nikotin dalam tubuh.

  1. Menguatkan sistem imun dalam tubuh

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam biji selasih inilah yang berperan penting dalam meningkatkan dan menguatkan imunitas dalam tubuh manusia.

  1. Menyembuhkan sembelit dan perut kembung

Efek karminatif yang terdapat pada biji selatif berfungi menyembuhkan berbagai masalah pencernaan seperti perut kembung, kram, sembelit dan susah BAB. Selain itu juga bisa menyembuhkan radang lambung dengan mengkonsumsi 5gr biji selasih yang direbus dengan 200cc air dan tambahan 1sdm madu di setipa pagi dan petang.

4. Mampu mengobati batuk

Antispasmodic dalam biji selasih mampu membantu menyembuhkan batuk rejan. Oleh karena itu, tidak heran jika sudah banyak masyarakat memanfaatkan biji selasih ini untuk ekspektoran dan obat batuk dengan mencampurkan biji selasih pada secangkir teh yang dapat juga mengencerkan dahak.

  1. Mampu meredakan stress

Biji bunga kemangi ini tidak jarang dijadikan sebagai bahan aromaterapi karena ia memiliki efek menenangkan dan dapat memperbaiki suasana hati. Selain itu, biji selasih atau biji bunga kemangi dapat menyembuhkan kelelahan, syaraf tegang, migran dan mengurangi depresi. Caranya dengan menyeduh 5 gr biji selasih pada 200 cc air lalu minumlah ketika masih hangat dan campurkan madu serta jeruk nipis secukupnya.

  1. Meredakan gangguan pernapasan

Mengkonsumsi minuman jahe dengan campuran biji selasih dan madu dapat menjadi obat alami dalam mengatasi gangguan pernapasan seperti asma dan bronchitis. Caranya yaitu dengan merebus jahe dan biji bersama segelas air secara bersamaan lalu tambahkan madu secukupnya dan diminum saat masih hangat.

  1. Menyembuhkan luka dan infeksi pada kulit

Biji selasih mengandung minyak alami yang bisa digunakan untuk membantu menyembuhkan luka dan infeksi pada kulit seperti luka bakar.

  1. Menurunkan kadar gula dalam darah

Menurut penelitan sutter gould medical foundation membuktikan bahwa biji selasih dapat membantu menormalkan kadar gula dalam darah pada pasien diabetes tipe 2. Tidak hanya tu, biji selasih juga efektif dalam mengontrol nafsu makan.

  1. Dapat menguatkan tulang

Anti inflamasi yang terdapat pada tumbuhan satu ini mampu menyembukan penyakit arthritis. Kalsium yang terdapat dalam biji selasih juga dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah tulang keropos.

  1. Dapat menahan rasa lapar

Bagi mereka yang sedang menjalankan program diet, biji selasih dapat digunakan sebagai alternetif untuk menahan rasa lapar bagi orang yang sedang diet. Serat yang terkandung dalam biji selasih inilah yang membuat kenyang lebih lama tetapi tetap menyehatkan usus karena menghambat konversi pati menjadi gula dan mengurangi penyerapan toksin dalam tubuh.

  1. Membantu menghilangkan insomnia

Gangguan susah tidur satu ini banyak dialami oleh masyarakat. Dengan rutin mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung biji selasih maka dapat mengurangi rasa gelisah yang berlebihan atau susah tidur.

  1. Menyembuhkan sakit gigi

Dengan meminum hasil rebusan 10gr biji selasih yang dicampur 4 butir cengkeh dapat membantu meredakan sakit gigi. Minumlah ketika masih dalam kondisi hangat.

  1. Menyembuhkan sakit kepala

Dengan mengkonsumsi 5 gr biji selasih yang sudah direbus dengan air panas dan tambahan madu maka dapat meredakan sakit kepala.

  1. Memperlancar sirkulasi darah

Selain khasiatnya yang dapat memperlancar peredaran darah dalam tubuh, biji selasih juga memperlancar keluarnya keringat, meningkatkan kinerja hati yang menetralkan dan mengeluarkan racun, melancarkan air seni, dan menurunkan demam dan panas dalam.

  1. Bermanfaat bagi ibu hamil

Untuk ibu yang sedang hamil muda biasanya sering mengalami demam atau panas dalam. Biji selasih dapat dimanfaatkan untuk mengatasi panas dalam pada ibu hamil. Namun, jika panas dan demamnya sudah kelewat tinggi sebaiknya dibawa ke dokter karena data berbahaya untuk kesehatan janin. Berbagai manfaat selasih seperti yang dijelaskan diatas juga berlaku untuk ibu hamil, seperti mengurangi keadaan gelisah, mengatasi susah tidur, mengatasi masalah pencernaan, melancarkan sirkulasi darah, meredakan kejang, menghilangkan rasa sakit, peluruh kemih dan keringat, membersihkan racun dalam tubuh, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Khasiatnya sebagai anti radang

Selasih memiliki efektivitas sama seperti aspirin dan ibuprofen. Selain itu, selasih memang tidak akan mengiritasi perut karena pada tumbuhan herba ini terdapat unsur yang akan mencegah perlukaan dalam tubuh. Semua bagian dalam biji selasih dapat dimanfaatkan mulai dari daun, batang, tangkai, bunga, biji serta minyak atsiri yang dikandungnya untuk mengobati berbagai macam penyakit baik fisik maupun psikis.

Dan Inilah Manfaat Selasih untuk Kecantikan

  1. Membantu menghaluskan dan melembabkan kulit wajah

Dalam menggunakan biji selasih sebagai ramuan kecantikan, maka tumbuklah biji selasih hingga halus, seduh dengan air panas secukupnya, aduk hingga dingin lalu gunakan sebagai lulur pada wajah dan lakukan sehari sekali menjelang mandi sore.

  1. Mengurangi garis halus tanda penuaan pada wajah
  2. Dapat menghilangkan kantung mata
  3. Mencegah munculnya jerawat pada wajah
  4. Dapat membantu mengecilkan perut yang buncit

Manfaat ini tidak hanya untuk wanita, pria juga sama. Begitu banyak manfaat yang terkandung dalam biji selasih sehingga biji selasih bisa dijadikan salah satu obat alternative yang lebih mudah ditemukan. Biji selasih kering ataupun yang sudah direndam dengan air panas sangat mudah dicari, di pasar hanya dengan mengeluarkan uang dua ribu rupiah hingga 10 ribu rupiah maka sudah bisa mendapatkan biji selasih yang cukup banyak.

Selain memiliki beragam manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Biji selasih juga memiliki berbagai kandungan yang juga baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Umumnya, ibu yang sedang hamil muda harus menghindari mengkonsumsi obat-obat kimia. Oleh karena itu, tidak jarang banyak para ibu hamil yang bingung mengkonsumsi obat apa saat badannyanya lemah, demam atau sakit. Ibu hamil memang lebih dianjurkan mengkonsumsi obat-obat herbal atau buah-buahan yang memiliki khasiat.

Inilah Karakteristik Tanaman Selasih:

Bagi kalian yang belum mengetahu seperti apa biji selasih, berikut ini ciri-ciri tanaman selasih. Pada bagian batannya, selasih selalu bercabang di bagian atas dengan tinggi 50-50 cm. sementera itu, daun-daun selasih tunggal, letaknya berhadapan dengan panjang tangkai sekitar 0,5 cm-2 cm, bentuknya bulat telur hingga memanjang dengan permukaan daun berambut halus, ujung daunnya runcing dan bergerigi.

Sedangkan, bunganya tersusun dalam tandan berwarna ungu atau putih yang keluar dari ujung percabangan dengan tekstur yang keras berwana coklat tua.  Biji selasih ini berukuran mungil seperti wijen dan berwarna hitam. Ketika sudah direndam atau disiram dengan air panas, maka akan muncul selaput bening pada pinggiran biji selasih ini sehingga terlihat seperti telur kodok. biji selasih sering juga disebut dengan basil seed yang biasanya dijadikan sebagai pelengkap pudding, es buah, dan makanan ringan lainnya.

Selasih tergolong jenis tanaman semak tahunan dengan wanginya yang menyegarkan, harum dan agak langu. Tumbuhan yang berasal dari basil Thailand ini sering tumbuh lebat di tempat-tempat lembab dan teduh bahkan sering hidup liar di tepi jalan. Ada berbagai jenis spesies tumbuhan selasih, diantaranya ocimum americanum, ocimum basilicum, ocimum campechianum, acimum gratissimum, ocimum kilimandscharicum, ocimum bassilum ferina citratum, dan ocimum tenuiflorum.

Spesies selasih yang banyak tumbuh di Indonesia adalah spesies selasih yang sering disebut dengan kemangi. Kemangi masuk dalam spesies ocimum bassilum ferina citratum. Orang Indonesia menyebut selasih tetap dengan sebutan selasih, sementara orang pilipina menyebutnya dengan balanoy dan dalam bahasa inggris nama nya yaitu sweet basil. Orang jawa banyak menyebut tanaman ini dengan sebutan solasih atau tolasih, sementara orang Sulawesi menyebutnya dengan tanaman luluru atau ruku-ruku. Selamat mencoba guys. [YuQe-WartaSolo.com]


Share:

Berita Lainnya