Khasiat Kapulaga Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Share:

Khasiat Kapulaga Untuk Kesehatan Tubuh Kita. Manfaat kapulaga sudah terkenal diberbagai negara seperti India dan arab, kapulaga sangat baik untuk menurunkan kolesterol dan mencegah kanker. Tanaman kapulaga merupakan sejenis rempah-rempah yang berasal dari negara India. Biasanya masyarakat India menggunakan kapulaga sebagai bumbu dalam berbagai jenis masakan yang ada di India. Manfaat lain dari kapulaga selain sebagai bumbu dapur, rempah-rempah ini juga telah digunakan dalam pengobatan Ayurvedic sebagai pengobatan untuk sariawan, masalah pencernaan, dan bahkan depresi. Beberapa manfaat kesehatan rempah-rempah ini sekarang membuatnya banyak digunakan dalam study modern dewasa ini.

Untuk itu, jika kita menambahkan kapulaga sebagai salah satu sumber makanan, bukan hanya sebagai penambah rasa saja, akan tetapi manfaat kesehatan merupakan salah satu yang perlu dipertimbangkan dari kapulaga untuk kita semua. Manfaat kapulaga untuk kesehatan adalah perlindungan gastrointestinal, mengontrol kolesterol, mengendalikan kanker, mengobati masalah kardiovaskular, dan peningkatan sirkulasi darah dalam tubuh. selain itu berguna untuk menyembuhkan penyakit gigi dan infeksi saluran kemih seperti cystitis, nefritis, dan gonore. Kapulaga memiliki sifat afrodisiak dan juga digunakan sebagai obat untuk impotensi, disfungsi ereksi, dan ejakulasi dini.

Tanaman rempah-rempah ini banyak mengandung senyawa kimia yang berfungsi sebagai anti-oksidan yang dapat membantu mencegah penyakit dan menjaga kesehatan. Serta mengandung banyak minyak atsiri yang penting bagi tubuh, seperti pinene, sabinene, myrcene, phellandrene, limonene, 1, 8-cineole, terpinene, p-cymene, terpinolene, linalool, linalyl asetat, terpinen, a-terpineol, asetat terpineol, sitronelol, nerol, geraniol, metil eugenol, dan trans-nerolidol.

Sifat terapeutik pada minyak kapulaga telah banyak digunakan sebagai obat-obatan tradisional sebagai antiseptik, antispasmodik, karminatif, menjaga pencernaan, diuretik, ekspektoran, stimulan, obat perut dan tonik. Kapulaga merupakan sumber mineral seperti kalium, kalsium, dan magnesium. dimana kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang berfungsi membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

Selain itu, kapulaga merupakan sumber dari zat besi dan mangan. 100 g polong mengandung zat besi 13,97 mg atau sekitar 175% dari rekomendasi asupan gizi harian. Zat besi diperlukan untuk pembentukan sel darah merah dan metabolisme sel. Mangan adalah co-faktor untuk enzim, superoksida dismutase, serta penangkal radikal bebas. Kapulaga juga kaya akan vitamin yang penting bagi tubuh seperti riboflavin, niasin, dan vitamin C.

Inilah Beberapa Manfaat Kapulaga Diantaranya:

  1. Dapat menurunkan resiko kanker

Kandungan anti-karsinogenik yang ada dalam kapulaga merupakan properti pencegah kanker yang menjadi salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia. Dalam studi yang dilakukan oleh Sengupta et al. di Chittaranjan National Cancer Institute di Kolkata telah menunjukkan bahwa menggunakan kapulaga memiliki hasil positif dalam menangkal kanker kolorektal hingga 48%.

  1. Baik untuk kesehatan jantung

Dalam studi penelitian yang dilakukan di Departemen Farmakologi dan Farmasi di College of Pharmacy Raja Saud University, Arab Saudi menunjukkan bahwa penggunaan kapulaga pada pasien penderita kardiovaskular dapat mengendalikan irama detak jantung serta mengendalikan hipertensi.

  1. Mengontrol kolesterol

Mikronutrien yang ditemukan dalam kapulaga dipercayai dapat membantu mengatasi lonjakan lipid dalam tubuh. Penelitian yang dilakukan di Toxicology Divisi Farmakologi dan di Hindustan India oleh Dhuley dengan percobaan enzim antioksidan hati dan jantung dari kapulaga pada tikus, yang diberi makan diet tinggi lemak menunjukkan bahwa enzim antioksidan memiliki pengaruh pada tingkat kolesterol dengan membantu mengendalikannya secara signifikan.

  1. Anti-depresan

Kandungan minyak esensial dari kapulaga merupakan salah satu minyak yang memiliki sifat antidepresan yang digunakan sebagai aromaterapi. Hal ini dapat digunakan tidak hanya untuk mengobati depresi, tetapi juga digunakan daam pengobatan berbagai macam jenis penyakit seperti gangguan perut untuk penderita penyakit paru-paru.

  1. Mengobati gangguan kemih

Kandungan nutrisi kapulaga telah digunakan sebagai obat untuk penyakit saluran kemih dan infeksi seperti sistitis, nefritis, dan gonore.

  1. Menurunkan resiko penyakit gastrointestinal

Manfaat kapulaga telah banyak digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati gangguan pencernaan. Ekstrak metanol dari kapulaga merupakan komponen penting yang dapat membantu mengendalikan gangguan pencernaan seperti perut kembung dan kram perut. Sebuah studi telah menunjukkan bahwa minyak atsiri dalam kapulaga secara efektif dapat mengurangi gangguan pencernaan.

  1. Antimikroba

Kapulaga memiliki sifat melawan infeksi. Dalam ilmu pengetahuan modern diketahui bahwa kapulaga mengandung sifat antimikroba yang mampu menghambat pertumbuhan dan penyebaran beberapa mikroba yang sangat berbahaya bagi tubuh yang dapat menyebabkan keracunan makanan.

  1. Mengobati kejang otot

Kejang otot merupakan gangguan yang sering dialami oleh orang-orang lanjut usia. Hal ini disebabkan oleh terjadinya kontraksi otot secara tiba-tiba. Ketika hal itu terjadi, dapat memicu timbulnya rasa sakit pada bagian tersebut. Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa kapulaga dapat digunakan untuk mengontrol kejang otot.

  1. Mengobati sakit gigi

Kandungan antibiotik yang ada dalam kapulaga dipercaya mampu mengobati sakit gigi.

  1. Mengobati asma

Kapulaga juga dapat digunakan sebagai obat untuk asma dan masalah pernapasan lainnya. Sebuah studi menunjukkan bahwa ekstrak mentah dari kapulaga cukup efektif dalam membuka penyempitan saluan udara dalam tubuh serta efektif dalam menciptakan relaksasi pada jaringan trakea.

  1. Mengobati nyeri sendi

Sifat anti-inflamasi dan anti-karsiogenik yang dimiliki kapulaga dipercaya mampu mengobati rasa nyeri yang terjadi pada persendian.

  1. Mengeluarkan racun dalam tubuh

Kapulaga dikenal sebagai agen detoksifikasi karena memiliki kandungan minyak esensial dan biokimia yang dapat mengeluarkan racun-racun dalam tubuh. Racun yang kian menumpuk dalam tubuh akibat dampak radikal bebas dapat menyebabkan beberapa penyakit, termasuk kanker dan penuaan dini. Sebuah studi menunjukkan bahwa kandungan nutrisi dalam kapulaga sangat efektif dalam melawan sel-sel kanker.

  1. Meningkatkan sirkulasi darah

Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Nitte di Mangalore, India menunjukkan bahwa kandungan minyak atsiri yang terdapat dalam kapulaga sangat efektif dalam meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, sehingga hal ini digunakan dalam berbagai terapi tradisional seperti aromaterapi untuk mengobati gejala asma dan bronkitis dengan meningkatkan sirkulasi darah ke paru-paru.

  1. Mencegah mual dan muntah

Kapulaga merupakan salah satu tonik yang efektif sebagai stimulan yang baik untuk menenangkan sensasi mual dan muntah.

  1. Meningkatkan gairah seksual

Kandungan senyawa dalam kapulaga dipercaya memiliki memiliki sifat afrodisiak, yakni mampu meningkatkan gairah seksual. Selain itu, kapulaga juga diyakini sebagai obat untuk impotensi dan ejakulasi dini.

  1. Mengobati sakit tenggorokan

Kapulaga juga sangat baik digunakan sebagai obat kumur, yaitu dengan cara mencampurkannya dengan kayu manis lalu direbus. Hasil rebusan tersebut dapat digunakan sebagai oba kumur yang dipercaya mampu mengobati rasa sakit pada tenggorokan.

  1. Mengobati cegukan

Cegukan merupakan gangguan yang sangat menyiksa, Berbagai cara dilakukan untuk menghilangkan hal ini, seperti dengan cara mengejutkan penderita. Namun hal tersebut hanya dapat bekerja untuk beberapa saat saja. Kapulaga ternyata dapat menjadi obat yang sangat efektif untuk cegukan. Caranya adalah dengan meminum hasil rebusan beberapa butir kapulaga.

  1. Sebagai penyegar nafas

Kandungan minyak astiri dalam biji kapulaga dapat dijadika sebagai obat penyegar nafas, caranya adalah cukup dengan mengunyah biji tersebut. Mungkin karena hal inilah yang menjadikan minyak astiri dalam kapulaga sebagai bahan pembuatan permen karet.

  1. Mencegah pembekuan darah

Kandungan senyawa dalam kapulaga juga dapat berfungsi untuk mencegah terjadinya pembekuan darah yang berbahaya, yaitu dengan mencegah agregasi platelet yang menempel pada dinding arteri.

  1. Mencegah osteoporosis

Kandungan vitamin C, kalsium, dan mangan yang terdapat dalam kapulaga dapat membantu mencegah terjadinya osteoporosis, yaitu dengan menjaga kesehatan tulang.

  1. Mengobati flu dan batuk

Kapulaga juga dapat membantu mengobati gejala flu dan batuk, yaitu dengan  memberikan efek menenangkan, kandungan rasa pedas pada kapulaga juga dapat memberi efek hangat dan membantu mengencerkan dahak, sehingga hal tersebut dapat mengurangi penyumbatan hidung dan tenggorokan akibat lendir.

  1. Mencegah penuaan dini

Sifat antioksidan minyak esensial yang dimiliki kapulaga sangat efektif membantu mencegah terjadinya penuaan dini yaitu dengan menghilangkan keriput, garis-garis halus dan bintik-bintik hitam.

  1. Merawat rambut

Kapulaga juga dapat membantu menghilangkan bahan beracun dari sistem internal, dimana hal tersebut juga bermanfaat bagi kesehatan rambut yaitu dengan memberikan nutrisi yang penting untuk kulit kepala. Sehingga dapat menjaga kelembaban kulit kepala, menguatkan akar rambut, menghilangkan ketombe, dan membuat rambut lebih bersih dan berkilau.

Namun disamping berbagai macam manfaat dari kapulaga di atas, sebaiknya kita juga memperhatikan beberapa kemungkinan timbulnya efek samping dalam penggunaan rempah-rempah ini. Diantaranya adalah :

  1. Alergi

Jika digunakan dalam jangka waktu yang lama dan dalam jumlah yang besar, kapulaga dapat menyebabkan beberapa reaksi alergi seperti alergi kulit yang disebut sebagai dermatitis. Beberapa orang mungkin juga mengalami gatal-gatal jika mereka sensitif terhadap kapulaga . Selain itu seseorang yang alergi terhadap kapulaga juga dapat mengalami gangguan pernapasan saat mengkonsumsinya.

  1. Komplikasi batu empedu

beberapa studi dalam jurnal terkemuka telah mengungkapkan kemungkinan sistem pencernaan tubuh gagal dalam proses penyerapan kapulaga sepenuhnya. Hal ini dapat menyebabkan sedimentasi dalam tubuh kita yang pada akhirnya mengarah pada pertumbuhan batu kandung empedu. Saat seseorang mengalami masalah ini, ia harus menghindari untuk kembali mengkonsumsi kapulaga. Para peneliti telah menetapkan bahwa asupan kapulaga dapat menyebabkan infeksi dan pendarahan pada pasien batu empedu.

  1. Interaksi obat

Beberapa jenis obat-obatan dapat berinteraksi buruk dengan kapulaga yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang serius. Untuk itu, sebaiknya menghindari konsumsi kapulaga sebagai penyegar mulut jika sedang mengkonsumsi salah satu jenis obat-obatan, seperti obat HIV, antikoagulan, obat hati, antidepresan, aspirin, obat antiplatelet, obat batu empedu, dan obat Irritable bowel syndrome. Yang menjadi pertanyaan adalah apakah kita semuanya sudah memanfaatkan rempah kapulaga seperti diatas dengan baik dan benar. [YuQe-WaraSolo.com]


Share:

Berita Lainnya