Manfaat Tapak Dara Untuk Kesehatan

Share:

Manfaat Tapak Dara Untuk Kesehatan. Tapak dara adalah tamanan liar kecil yang berasal dari benua Amerika tetapi sering ditemukan dimana – mana, tapak dara yang mempunyai nama lain (Catharanthus roseus L) mempunyai bunga yang indah dipandang oleh mata siapa pun. Warna dari bunga tapak dara juga bermacam-macam ada yang putih adan ada juga yang merah muda.

Tapak dara yang hampir serupa dengan bunga kamboja ini mempunyai ciri – ciri khusus yaitu daun berbentuk bulat telur, daun berwarna hijau, bercabang, batang berkayu, batang berbentuk bulat dengan diameter berukuran kecil,  buahnya berbentuk silindris, ujung buah lancip, buah berbulu halus, bungga muncul dari ketiak daun, warna bunga ada yang putih, ada lupa yang berwarna merah muda, kelopak bunga kecil, berbentuk paku, mahkota bunga berbentuk terompet, ujung nya melebar, tapi bunga nya merata dan cantik.

Ternyata bunga tapak dara tidak hanya enak dipandang mata tapi bunga tapak dara memiliki Manfaat bagi kesehatan. Secara kimia tanaman tapak dara memiliki 70 macam alkaloid yang di temukan pada akar, batang, daun, dan bijii tapak bunga yang termasuk 28 bi-indole alkaloid. Selain tamanan tapak dara mempunyai 2 kandungan baik datas, tamanan tapak dara juga mempunyai kandunga alkaloid anti kangker dan alkaloid penurun gula darah dalam tubuh.

Kandungan yang ada dalam bunga tapak dara tersebut berkhasiat penting dalam tubuh kita, diantaranya:

  • Dapat mengobati luka bakar
  • Dapat mengobati bisul
  • Diabetes
  • Tangan gemetar
  • Mengobati kanker payu darah
  • Anemia
  • Asma
  • Leukimia pada anak
  • Dapat mencengah pembelahan kelenjar
  • Mengobati tumor pigmen
  • Bronchitis
  • Mengobati batu ginjal
  • Dan dapat mengobati hipertensi. (tekanan darah tinggi)

Cara – cara membuat ramuan tanaman tapak dara, yaitu sebagai berikut :

1. Manfaat Tapak dara untuk mengobati luka bakar.

Anda dapat menggambil 5 sampai 8 lembar daun tapak dara, cuci bersih daun tapak dara, campurkan dengan  1 gengam beras, tumbuk hingga halus daun tersebut dengan beras, lalu beri sedikit air. Tempelkan ramuan tersebut di bagian tubuh anda yang terkena bakar minimal 2 jam. Jika ingin hasil yang maksimal lakukan dengan rutin sampai luka tersebut mengering.

2. Manfaat tapak dara untuk menurunkan kadar gula dalam tubuh ( diabetes)

Anda dapat mengambil 10 lembar daun tapak dara dan satu gengam ceplukan segar (phisalis peruvianaql) kedua bahan dicuci hingga bersih,campurkan 3 gelas air, lalu rebus daun dan buah tersebut hingga tersisah minimal separuh nya. Dan minum sebanyak 2 kali sehari.

  1. Pengolahan Ramuan 1

Lakukan perebusan 11 – 16 lembar daun tapak dara dengan 3 gelas air bersih hingga mendidih dan biarkan hingga tersisa 1 gelas saja. Diamkan terlebih dahulu sampai air sudah dingin kemudian minum air rebusan daun tersebut. lakukan berulang hingga terlihat hasilnya dan sampai sembuh.

  1. Pengolahan Ramuan 2

Lakukan perebusan 3 lembar daun tapak dara, 15 kuntum bunga tapak dara dengan menggunakan 4 gelas air bersih hingga mendidih sampai tersisa kira-kira 1,5 gelas. Diminum pada pagi dan sore hari setelah selesai makan.

  1. Pengolahan Ramuan 3

Lakukan perebusan 35 – 45 gram daun tapak dara yang sudah di keringkan, adas pulawaras dan dengan 3 gelas air bersih hingga mendidih biarkan air hingga tersisa 1 gelas. Diamkan terlebih dahulu sampai dingin kemudian diminum, lakukan berulang sampai terasa peruhanya dan sampai sembuh.

3. Manfaat daun tapak dara untuk mengobati ginjal.

Anda dapat mengambil 15 lembar daun tapak dara dan 10 lembar daun keji beling. Cuci bahan bahan tersebut hingga bersih. Lalu campurkan 3 gelas air dan rebus hingga tersisa minimal separuh nya. Minum sebanyak 2 kali dalam sehari.

4. Manfaat daun tapak dara untuk mengobati Hipertensi (tekanan darah tinggi)

  1. Pengolahan Ramuan 1

Lakukan perebusan 16 – 20 gram daun tapak dara yang sudah di keringkan, 10 gram bunga krisan dengan 2,5 gelas air bersih hingga mendidih kemudian disaring. Diminum lakukan setiap sore hari.

  1. Pengolahan Ramuan 2

Lakukan langkah berkut Seduh dengan 1 gelas air panas dan  7 lembar daun atau bunga tapak dara, diamkan terlebih dahulu beberapa saat dan kemudian disaring. Diminum pada saat menjelang tidur.

5. Manfaat daun tapak dara untuk mengobati Asma dan Bronkhitis

Lakukan perebusan 1 potong pangkal atau akar tapak dara dengan menggunakan 5 gelas air bersih. Kemudian diminum 2 kali dalam satu hari, yaitu pada pagi dan sore hari.

6 . Manfaat daun tapak dara untuk mengobati Leukimia

Lakukan perebusan 20-25 gram daun tapak dara yang sudah di keringkan, 1 liter air dan  adas pulawaras setelah itu disaring. Kemudian diminum 2  x dalam sehari, yaitu pada pagi dan sore hari.

7 . Manfaat daun tapak dara untuk mengobati Radang Perut dan Disentri

Rebus 15 – 30 gram daun tapak dara kering dengan 3 gelas air sampai mendidih. Kemudian diminum pagi dan sore, dapat ditambah dengan gula kelapa.

8 . Manfaat daun tapak dara untuk mengobati Kurang darah

Rendam 4 putik bunga tapak dara putih dengan 1 gelas air, biarkan semalam, ditaruh di luar rumah semalam. Kemudian diminum pagi hari dan lakukan secara teratur.

9 . Manfaat daun tapak dara untuk mengobati Demam

Rebus 1 genggam (12 -20 gram) daun tapak dara, 3 potong batang dan akar tapak dara dengan 4 gelas air sampai mendidih sampai tersisa 1,5 gelas. Tambahkan gula kelapa, kemudian diminum pagi dan sore.

10 . Manfaat daun tapak dara untuk mengobati Tangan gemetar

Seduh 4 – 7 lembar daun tapak dara dengan 1 gelas air panas kemudian disaring. Diminum seperti biasa.

11 . Manfaat daun tapak dara untuk mengobati Gondong, bengkak, bisul dan borok

Lakukan dan Tumbuk halus 1 genggam daun tapak dara. Selanjutnya tempelkan daun yang sudah di tumbuk pada bagian luka yang sakit.

12 . Manfaat daun tapak dara untuk mengobati Luka baru

Lakukan dan Kunyah 2 – 5 lembar daun tapak dara sampai lembut . Kemudian tempelkan pada luka baru.

Ulasan diatas merupakan manfaat dari bunga tapak dara. Bunga liar yang biasanya kurang terpelihara ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh. semoga ulasan diatas bermanfaat. [Yuni – WartaSolo.com]


Share:

Berita Lainnya