Manfaat Kulit Kayu Secang Untuk Kulit Bayi

Share:

Manfaat Kulit Kayu Secang Untuk Kulit Bayi. Kulit Kayu Secang atau beberapa daerah menyebutnya Sepang adalah tanaman yang di golongkan dalam suku polong-polongan yang sering dimanfaatkan kulit kayunya untuk perdagangan rempah-rempah. Tanaman yang bernama latin (Caesalpinia sappan L) memiliki banyak sekali manfaat antara lain untuk kerajinan (batang kayunya), zat pewarna (makanan, tekstil), campuran wedang atau minuman dan untuk obat-obatan.

Kandungan utama kayu secang adalah brazilin, brazilin merupakan zat warna merah-sappan yang merupakan salah satu jenis pewarna alami yang dimiliki oleh kayu secang dan memberikan pewarna merah. Brazilin dari kayu secang teruji secara ilmiah bersifat antioksidan, antibakteri, anti-inflamasi, anti-photoaging, hypoglycemic (menurunkan kadar lemak), vasorelaxant (merelaksasi pembuluh darah), hepatoprotective (melindungi hati) dan anti-acne (anti jerawat). Ekstrak kayu secang juga ditengarai berkhasiat anti-tumor, anti-virus, immunostimulant dan lain-lain.

Kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang khasiat kayu secang yang dapat dimanfaatkan kesehatan kulit. Bukan hanya untuk kulit orang dewasa namun juga bisa digunakan untuk kulit bayi. saat ini anak saya berusia 16 bulan, sejak lahir sudah saya biasakan untuk mandi menggunakan rebusan air kayu secang. Dimasa kecilnya anak saya sering sekali keluar bintik-bintik merah apabila mengkonsumsi makanan tertentu atau karena suhu udara panas akan timbul biang keringat. Sudah lama saya mengenal secang berkhasiat untuk menghaluskan kulit dan mengobati masalah kulit dengan mencampur rebusan secang kedalam bak mandi.

Untuk menggunakan kulit kayu secang pada bayi, caranya :

  • Ambil kulit kayu secang secukupnya untuk dicampurkan pada bak mandi bayi,
  • Rebus kulit kayu kedalam panci berisi air secukupnya saja,
  • Setelah mendidih campurkan rebusan kayu secang yang telah berwarna merah kedalam air biasa di bak mandi,
  • Gunakan untuk memandikan bayi dengan membilas semua badan bayi dengan air tersebut
  • Gunakan secara teratur setiap kali memandikan bayi

Rebusan air secang juga bisa digunakan untuk menyembuhkan biang keringat dan ruam-ruam pada bayi yang biasanya diakibatkan karena diapers.

Untuk mendapatkan kayu secang ini biasanya banyak dijual di pasar atau toko bahan jamu, ada yang dijual kiloan ada juga yang sudah dibungkus dengan plastik. Dipasar kita bisa membeli secang dipenjual rempah-rempah dan penjual jamu. Bila digunakan oleh orang dewasa secang bisa dicampurkan dengan bahan-bahan lain dari alam. Atau kita bisa menggunakan secang untuk mandi rempah yang armanya sangat merilekskan tubuh. tidak hanya itu saja secang juga bisa digunakan untuk seduhan disolo dikenal dengan nama “wedang uwuh” rasa dari wedang uwuh sangat enak selain itu campuran dari wedang uwuh juga bermanfaat untuk menghangatkan badan serta menyembuhkan flu. Ternyata banyak sekali tanaman di sekitar kita yang bisa diambil manfaatnya, kalau ada yang mudah, murah dan alami mengapa tidak kita gunakan.

Allah telah mengatakan dalam Al Qur’an di surat Ali Imran [3]: 191 bahwa:

“(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.”

Ulasan diatas merupakan manfaat dari kulit kayu secang yang bisa kita dapatkan. Tidak hanya bayi yang bisa mengambil manfaat dari secang orang dewasapun juga bisa mendapatkan manfaat dari secang dan banyak sekali manfaat dari secang yang bisa kita dapatkan untuk kulit. Jadi bagi ibu-ibu yang mempunyai masalah kulit dengan buah hatinya bisa menggunakan rebusan secang untuk mandi. Semoga ulasan diatas bermanfaat. [Yuni – WartaSolo.com]


Share:

Berita Lainnya