Makanan Super Berkualitas Untuk Anak. Mempunyai anak yang cerdas, lincah dan sehat merupakan dambaan bagi semua orang tua, namun tidak jarang sebagian dari orang tua banyak yang tidak peduli terhadap nilai gizi dari makanan yang dikonsumsi putra-putrinya. Makanan yang berkualitas merupakan factor pendukung bagi tumbuh kembang anak. Fakta membuktikan keberadaan makanan instan menjadikan manusia modern cenderung lebih menyukainya daripada makanan olahan alami buatan sendiri.

Makanan instan dalam kemasan bagaimana pun rasanya tidak baik bagi kesehatan, dalam jangka pendek barangkali tidak bermasalah akan tetapi dalam jangka panjang mengkonsumsi makanan instan dalam kemasan akan menjadi ancaman serius bagi kesehatan, apalagi dikonsumsi makanan instans sedari dini oleh anak-anak kita. Meski dalam kadar komposisi yang aman pemberian jenis bahan kimia seperti pengawet, dan pewarna makanan namun jika di konsumsi terus menerus maka akan berdampak negatif terhadap sisi kesehatan dalam jangka panjang.



Kesalahan orang tua adalah selalu menuruti keinginan anak dengan memberikan jajanan (snack) berupa chiki-chikian dan sejenisnya, mereka berdalih supaya anak mereka tidak rewel, nangis, dan selalu merepotkan si orang tua, maka dengan jalan pintas si orang tua secara spontas membelikan si anak jajanan tersebut. Memang dari segi rasa dan penampilan makanan kemasan lebih menarik ketimbang makanan olahan yang alami buatan sendiri, dan justru jenis snack semacem ini sangat disukai oleh anak-anak. Tapi permasalahanaya adalah, apabila ditinjau dari segi keamanan dan kesehatan nilai gizi yang terkandung jelas jauh dengan jenis makanan alami.

Makanan dalam kemasan walaupun cenderung lebih menarik yang pasti tidak sebaik makanan alami baik dari segi nilai nutrisi gizi juga keamanan. Nah sebaiknya mulai sekarang marilah kita perkenalkan anak-anak kita dengan jenis makanan yang betul-betul alami demi kesehatan masa depan mereka.

Berikut merupakan jenis makanan “Super Berkualitas Untuk Anak” yang perlu kita perkenalkan terhadap mereka sebagai makanan terbaik bagi kesehatan, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Nah inilah makanan super bagi anak selengkapnya :

    Brokoli

Mungkin agak susah untuk memberikan brokoli sebagai menu makanan anak Anda. Anda dapat mencampurkan brokoli ke dalam makanan yang disukai anak, agar anak Anda terbiasa dan akrab dengan rasanya. Brokoli mengandung banyak vitamin dan mineral yang dapat mencegah kerusakan sel dan membantu mempertajam penglihatan anak-anak Anda selain itu brokoli juga bagus untuk otak anak.

    Kubis

Sayuran ini mengandung phytonutrients yang dikenal punya kemampuan untuk menurunkan resiko berbagai penyakit kanker, juga meningkatkan sistem pencernaan. Selain itu, kubis juga membantu membersihkan racun-racun berbahaya dari dalam tubuh dengan cara melepaskan enzim-enzim yang tugasnya adalah membersihkan. Kubis punya rasa yang lezat serta renyah sehingga anak-anak cenderung lebih menyukainya dibanding sayuran lain. Dengan konsumsi kubis toksin dalam tubuh dibersihkan melalui air kencing.

  Ubi Jalar

Ubi jalar juga mengandung serat dengan beta karoten, vitamin E, vitamin B6, kalium, dan zat besi. Ubi jalar merupakan jenis umbi-umbian serbaguna yang dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan bermanfaat bagi tubuh sebagai sumber vitamin dan bagus untuk kulit anak.

  Tomat

Buah Tomat banyak mengandung lycopene, sebuah zat yang melindungi tubuh terhadap berbagai jenis kanker. Tomat yang dimasak itu membuatnya jadi lebih menyehatkan karena panas melepaskan lucopene. Memadukan antara tomat dengan lemak yang sehat, misalnya minyak zaitun, membantu tubuh untuk lebih mudah menyerapnya. Tomat juga banyak mengandung vittamin C yang sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh.

  Blueberries

Anda sudah mengenal “Blueberries” ? Blueberries selain bisa melindungi terhadap penyakit jantung dan diabetes serta meningkatkan fungsi otak, blueberries juga bisa membantu mengurangi reaksi “racun” lemak perut, yaitu sejenis lemak yang dihubungkan dengan obesitas dan metabolic syndrome.

Alpukat

Buah Alpukat adalah sumber “lemak baik” yang disebut lemak tak jenuh tunggal. Sebagian besar lemak tak jenuh ditemukan pada ikan dan kacang. Lemak tak jenuh tunggal tersebut baik untuk perkembangan pertumbuhan yang tepat. Sehingga alpukat menjadi makanan yang sangat sempurna untuk anak-anak apalagi untuk meningkatkan berat badan anak alpukat merupakan makanan yang bisa menaikkan berat badan anak dengan cepat.

    Tofu

Tofu merupakan salah satu makanan yang terbuat dari kedele. Dan kedelai merupakan sumber protein yang sempurna dan punya kemampuan anti kanker. Keberadaan Tofu itu sangat bagus untuk gadis remaja karena punya efek perlindungan saat jaringan tubuh mereka berkembang.

Kayu Manis

Menu makanan anak sehari-hari harus mengandung lemak esensial, vitamin, mineral, protein tanpa lemak, dan zat besi. Anak-anak juga memerlukan makanan yang bergizi dan memiliki asupan zat-zat yang diperlukan untuk tumbuh dan perkembangan mereka.

    Basil

Basil banyak mengandung antioxidant, viramin A, C, dan K, juga zat besi, potassium, dan kalsium serta bisa membantu meningkatkan sistem pencernaan.

    Yogurt

Fermentasi dari susu atau yang lebih dikenal yogurt. Yogurt rendah lemak mengandung bakteri sehat yang diketahui bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu proses pencernaan, serta punya kandungan protein dua sampai tiga kali lebih banyak, juga gula yang lebih sedikit dibanding yogurt biasa. Tambahkan madu (untuk anak diatas 1 tahun) untuk pemanis.

    Ikan Salmon

Ikan salmon mengandung lemak omega-3 yang menyehatkan bagi jantung, dan juga sangat penting untuk perkembangan otak, mengurangi depresi, dan anti peradangan. Pilihlah ikan salmon yang didapat dari alam liar, karena mengandung lebih sedikit mercury dan mengandung omega-3 lebih banyak jika dibandingkan dengan salmon yang dibudidaya di kolam.

    Cocoa

Cocoa mengandung konsentrat flavonoids yang tinggi, yaitu sebuah zat yang mampu menstabilkan tekanan darah, meningkatkan kesehatan jantung dan mulut. Selain itu  cocoa juga bagus untuk melindungi kulit dari kerusakan sinar matahari.

   Black Beans

Black Beans merupakan sumber protein yang bagus, juga serat dan kalsium, dua nutrisi yang cenderung kurang di dapat oleh anak-anak. Beans juga melindungi mereka dari penyakit jantung dan kolesterol, yang bukan cuma bisa dialami oleh orang dewasa. Semakin gelap warna Black beans, semakin bagus kandungan nutrisinya.

Selai Kacang

Kebanyakan dari anak-anak yang tidak alergi dengan kacang menyukai rasa selai kacang dalam roti. Tetapi sebagian besar selai kacang yang dijual di pasaran menggunakan proses hidrogenasi minyak yang kurang baik. Oleh karenanya, Anda harus mencari selai kacang yang alami seperti yang terbuat dari kacang almond, mete dan kedelai yang kaya protein.

Berbagai jenis makanan diatas merupakan makanan super berkualitas yang sangat dibutuhkan bagi perkembangan dan pertumbuhan anak. Selalu sediakan makanan sehat dan bergizi tinggi untuk masa depan anak-anak kita. salam super. [Yuni – WartaSolo.com]