Makanan Tinggi Kalsium, Manfaat Dan Dampak Kekurangan Kalsium.  Kalsium yaitu suatu zat yang sangat penting bagi pembentukan tulang manusia. Kalsium juga berfungsi sebagai penghubung antar syaraf di dalam tubuh manusia. Manfaat kalsium yang kita dapatkan untuk tubuh kita antara lain:

  • Membantu proses pengaktifan sel-sel syaraf baru dalam tubuh manusia.
  • Membantu melancarkan peredaran darah.
  • Mengurangi resiko osteoporosis.
  • Mengurangi resiko pendarahan pada akar gigi
  • Membantu pembentukan tulang gigi
  • Mengurangi kram dan nyeri pada tubuh
  • Membantu proses pengaktifan pancreas pada penderita diabetes
  • Mencegah resiko kanker usus
  • Menyeimbangkan cairan dalam tubuh
  • Untuk penjelasan lebih lanjut, silahkan baca artikel mengenai fungsi kalsium.

Sering kita jumpai beberapa penyakit berbahaya yang sebenarnya dimulai dari hal sepele seperti pola makan yang kurang sehat dan tidak membperhatikan nutrisi yang terkandung didalamnya (makanan instan) akan berdampak pada tubuh kita. Kekurangan kalsium membuat kita mudah terserang penyakit berbahaya seperti: Tekanan darah tinggi, kanker usus besar, kanker payudara, dan obesitas.


Pada pertambahan umur manusia akan mengalami suatu peristiwa yang kita sebut pengurangan kalsium dalam tubuh. Banyak dari kita yang mengalami osteoporosis pada usia muda. Hal ini disebabkan karena kurangnya asupan kalsium dalam tubuh kita. Tentu hal ini meresahkan kita. Dalam usia muda kita sudah merasakan nyeri pada tulang kita. Tetapi semua itu bisa kita cegah dengan cara melengkapi asupan kalsium harian.

Pada usia kanak-kanak kita memerlukan asupan kalsium sebanyak 500-800mg kalsium setiap hari. Pada masa ini asupan kalsium perlu diperhatikan. Karena pada masa inilah terjadi pembentukan tulang yang masih lunak dan rawan. Sedangkan pada usia remaja kita memerlukan asupan kalsium sebanyak 1000mg setiap harinya. Dan pada usia lansia kita diharuskan mendapatkan asupan kalsium sebanyak 1300mg setiap harinya. Kebutuhan kalsium bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi suplemen atau dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi kalsium. Apalagi bagi lansia kebutuhan kalsium dalam tubuh lebih banyak karena adanya penurunan proses pencernaan kalsium. Namun kenyataannya banyak lansia yang terserang osteoporosis karena kurang memperhatikan kebutuhan kalsium harian.

Akibat Kekurangan Kalsium dalam tubuh akan berdampakpada kesehatan kita dan banyak penyakit yang akan menjangkiti tubuh diantaranya:

  • Tulang mudah keropos
  • Gangguan jantung
  • Berkurangnya daya ingat otak

Makanan Sumber Kalsium Tinggi

Berbagai jenis makanan yang kita konsumsi pastinya mengandung kalsium. Memang tak banyak, namun sebagian dari asupan yang kita konsumsi pasti mengandung nutrisi. Kalsium salah satunya. Kalsium bisa kita peroleh melalui asupan makanan sehari-hari. Berikut berbagai jenis makanan yang banyak mengandung kalsium:

Susu

Susu merupakan asupan yang mengandung banyak kalsium yang peringkatnya tertinggi dibanding asupan makanan lainnya. Di dalam susu terdapat berbagai macam nutrisi. Kalsium misalnya. Sebagian orang lebih menyukai susu sebagai pelengkap asupan kalsium yang fungsinya sebagai zat anti keropos. Tak hanya susu yang berasal dari sapi yang memiliki kandungan kalsium tinggi. Pada susu kedelai juga terdapat kandungan kalsium yang tinggi. Susu kedelai bisa dijadikan alternatif untuk Anda yang tak menyukai susu sapi. Untuk itu sajikan susu dalam menu harian anda.

Yogurt

Menu yang satu ini sering dikonsumsi Anda yang sedang menjalankan program diet. Di dalam yogurt terdapat bakteri yang memproduksi kalsium cukup tinggi. Bakteri itulah yang sebenarnya memiliki kandungan kalsium tinggi. Jadi tak ada salahnya jika kita yang menjalankan program diet tapi masih tetap bisa memenuhi kebutuhan kalsium kita.

Keju

Keju merupakan olahan dari hasil fermentasi. Di dalam keju terdapat bakteri yang berfungsi sebagai penghasil kalsium. Bakteri ini biasanya membantu dalam proses pembentukan tulang gigi baru.

Sayuran Hijau

Sayuran juga dijadikan sebagai sumber kalsium. Misalnya pada sayur bayam, sawi hijau, dan brokoli. Sayuran tersebut kaya akan kandungan kalsium.

Buah-buahan segar

Untuk Anda yang tak menyukai susu, keju, dan yogurt bisa beralih ke menu yang satu ini. Buah-buahan segar bisa memenuhi kalsium yang Anda butuhkan untuk tubuh Anda. Buah pisang misalnya. Pisang banyak mengandung kalsium dan kalium yang keduanya berperan penting dalam proses pembentukan tulang.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan banyak mengandung protein. Kacang Almond misalnya. Di dalam kacang almond terkandung asupan protein yang cukup tinggi. Namun, selain kandungan protein, kandungan kalsiumnya juga tak kalah tinggi.

Seafood

Seafood atau makanan laut mengandung banyak protein. Tak hanya itu, ikan laut mengandung banyak zat gizi lainnya seperti vitamin K dan magnesium. Di sini magnesium dan vitamin K berfungsi tubuh dalam proses penyerapan kalsium. Ikan teri merupakan salah satu contoh makanan laut yang mengandung kalsium sangat tinggi. Jadi jangan pernah meremehkan makanan kecil tersebut.

Selalu konsumsi makanan yang mengandung kalsium untuk kekuatan tulang kita dan mencegah osteoporosis. Tetapi alangkah lebih baiknya bila kita mengkonsumsi makanan yang tinggi kalsium kita juga menghindari beberapa makanan yang malah akan merusak atau mengurangi penyerapan kalsium dalam tubuh kita makanan tersebut adalah yang mengandung alcohol, kafein. Selalu tetap sehat dan cegah osteoporosis.[Yuni – WartaSolo.com]