Makanan Sumber Vitamin B Dan Manfaat Bagi Tubuh Kita. Vitamin B adalah salah satu jenis vitamin yang mampu larut dalam air dan memainkan peran yang sangat penting dalam metabolisme sel tubuh kita. Dulu vitamin B pernah diduga hanya mempunyai satu tipe saja yaitu vitamin B (seperti orang mengenal vitamin C atau vitamin D). Akan tetapi, seiring dengan perkembangan zaman penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa komposisi kimia didalamnya membedakan vitamin ini satu sama lain dan terlihat dalam beberapa makanan.

Untuk itu vitamin B dibedakan menjadi beberapa tipe seperti dibawah ini:


Vitamin B1 (tiamin)
Vitamin B2 (riboflavin)
Vitamin B3,(niasin, termasuk asam nikotinat dan nikotinamida)
Vitamin B5 (asam pantotenat)
Vitamin B6 (piridoksin)
Vitamin B7, juga dikenal sebagai vitamin H (biotin)
Vitamin B9, juga dikenal sebagai vitamin M dan vitamin B-c (asam folat)
Vitamin B12 (kobalamin)

Suplemen yang mengandung ke-8 tipe ini disebut sebagai vitamin B kompleks yang mana kita semua dapat mendengar istilah diatas melalui media saat ini.

Ini Adalah Manfaat Dan Makanan Yang mengandung Vitamin B:

Vitamin B1
Sangat penting untuk memori dan fungsi otak. Vitamin B1 juga membantu dalam memproduksi energi. Sumber Vitamin B1 adalah biji-bijian yang masih mengandung kulit ari, kecambah, gandum, sayur-sayuran, kacang-kacangan kering, ercis, dan lain-lain. Contohnya adalah kacang polong, kacang, beras merah, selada air, asparagus, bayam, kubis brussel, kembang kol, pecan dan kacang Brazil.

Kekurangan Vitamin B1 akan menyebabkan penyakit beri-beri. Gejala penyakit sistem saraf termasuk mengalami penurunan berat badan, gangguan emosi. Wernicke’s encephalopathy (gangguan sensorik persepsi), kelemahan dan nyeri pada anggota badan, periode detak jantung tidak teratur, dan edema (pembengkakan jaringan tubuh). Gagal jantung dan kematian dapat terjadi dalam kasus-kasus lanjutan. Kekurangan Tiamin kronis juga dapat menyebabkan Korsakoff’s syndrome, an irreversible psychosis ditandai dengan amnesia dan confabulation.

Vitamin B2
Sangat penting untuk kesehatan rambut, kulit, mata dan produksi energi. Vitamin B1 akan rusak di bawah sinar matahari, makanan kaya B2 perlu dijauhkan dari matahari langsung. Sumber vitamin B2, atau riboflavin, dalam hati sapi, daging sapi, ayam, salmon liar, telur, jamur, almond, bayam, brokoli dan asparagus.

Apabila mengalami Kekurangan menyebabkan ariboflavinosis. Gejala mungkin termasuk cheilosis (bibir pecah pecah), sensitif terhadap sinar matahari, angular cheilitis, glossitis (peradangan lidah), seborrheic dermatitis atau pseudo-syphilis (terutama mempengaruhi skrotum atau labia majora dan mulut), faringitis (sakit tenggorokan), hyperemia, dan edema mukosa faring dan lisan.

Vitamin B3
Sangat penting untuk produksi energi, fungsi otak, kesehatan kulit dan regulasi gula darah. vitamin ini juga membantu mengatur kadar kolesterol dan dapat ditemukan di daging sapi, ayam, kalkun, salmon liar, kacang lima, lentil dan asparagus.

Bahwa kekurangan B3, bersama dengan kekurangan triptofan menyebabkan pellagra. Gejala termasuk agresi, dermatitis, insomnia, kelemahan, kebingungan mental, dan diare. Dalam kasus-kasus lanjutan, pellagra dapat menyebabkan demensia dan kematian (3(+1) Ds: dermatitis, diare, demensia, dan kematian).

Vitamin B5
Vitamin B5 sangat penting untuk energi, kulit, rambut dan kesehatan sistem saraf. Selain itu juga membantu menghasilkan hormon kortisol, hormon yang membantu dengan stres dan bertindak sebagai anti-inflamasi. Asam Pantotenat, nama lain untuk B5, banyak ditemukan pada ayam, telur, kacang, kacang polong, brokoli, alpukat, ubi jalar, dan jamur. Kekurangan dapat menyebabkan jerawat dan paresthesia, meskipun jarang.

Vitamin B6
Vitamin B6 untuk memproduksi sel darah merah dan menjaga sistem saraf yang sehat. B6, atau pyridoxine, juga telah ditemukan membantu mencegah kanker prostat dan payudara. Hal ini juga dapat membantu mengurangi gejala sindrom pramenstruasi. Vitamin ini dapat juga ditemukan dalam daging sapi, ayam, kalkun, salmon liar, beras coklat, kacang hijau, kentang, bayam, collard greens, alpukat dan pisang. Kekurangan dapat mengakibatkan microcytic anemia (karena pyridoxyl fosfat adalah kofaktor untuk sintesis heme), depresi, dermatitis, tekanan darah tinggi (hipertensi), retensi air, dan peningkatan kadar homosistein.

Vitamin B7
Perlu diketahui bahwa kesehatan rambut, kulit dan kuku tergantung pada biotin. Hal ini juga penting dalam pemecahan glukosa. Yaitu Biotin dapat ditemukan di hati, telur, kedelai, kacang, kacang polong, oatmeal, mentega, pisang dan jamur.

Kekurangan biasanya tidak menyebabkan gejala pada orang dewasa tetapi dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan dan gangguan neurologis pada bayi.

Vitamin B9
Vitamin B9 atau yang lebih dikenal dengan sebutan asam folat ini penting untuk wanita hamil untuk membantu dalam perkembangan bayi. Hal ini juga baik untuk jantung dan kesehatan mental. Beberapa sumber folic acid adalah brokoli, kubis, asparagus, kacang-kacangan, sereal diperkaya dan roti dan jeruk. Kekurangan mengakibatkan anemia makrositik, dan peningkatan kadar homosistein. Kekurangan dalam hamil dapat menyebabkan cacat lahir. Suplemen ini sering direkomendasikan selama kehamilan.

Vitamin B12
Vitamin B12 membantu melancarksn sistem saraf, produksi energi dan sel-sel darah. Sumber Vitamin ini, juga disebut Sianokobalamin adalah daging sapi, hati sapi, ayam, kalkun, salmon liar, susu, keju dan telur. Karena B12 tidak ditemukan di sayuran atau buah-buahan, maka bagi orang vegetarian perlu minum vitamin B12 yang berbentuk suplemen. Kekurangan mengakibatkan anemia makrositik, elevated homocysteine, peripheral neuropathy, kurangnya kemampuan memori dan kognitif . Kemungkinan besar terjadi pada orang yang sudah tua, dikarenakan penyerapan melalui usus menurun karena faktor usia; the autoimmune disease pernicious anemia adalah penyebab umum lainnya. Juga dapat menyebabkan gejala mania dan psikosis. Dalam kasus ekstrim yang langka ini dapat menyebabkan kelumpuhan.

Inilah beberapa manfaat dari Vitamin B dan makanan yang mengandung vitamin B. untuk itu kita diharapkan selektif dalam memilih makanan sehat yang ada saat ini. Sebenarnya tidak hanya vitamin B yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita nutrisi lain seperti vitamin C juga penting. Dan sobat selamat mencoba dan menikmati hari-hari anda dengan penuh semangat hidup sehat. [YuQe-WartaSolo.com]