Tips Agar Anak Cepat Berjalan. Suatu dambaan bagi pasangan suami istri Dikaruniai seorang bayi syukur selalu terucap akan kebahagian yang begitu besar. Pasangan suami istri yang sudah menikah belum lengkap tanpa kehadiran anak. Dengan hadirnya bayi mungil tentu saja akan melengkapi kebahagian sebuah keluarga, setiap orang tua pasti sangat mendambakan bayinya terlebih lagi saat kita melihat ia tertawa akan menjadi kebahagian tersendiri bagi kita dimana rasa lelah setelah seharian aktivitas dan bekerja pun akan hilang saat berada di dekat si buah hati. Bayi yang baru beberapa minggu lahir tentu saja belum dapat berjalan karena seharian penuh tugasnya hanya tertidur di tempat tidurnya.

Melihat bayinya tumbuh sehat dan berkembang serta mampu melakukan gerakan-gerakan sederhana akan menambah kebahagiaan seperti mengangkat kepalanya dari posisi tidurnya, lalu mencoba untuk duduk kemudian merangkak selanjutnya di lain waktu ia akan mencoba untuk dapat berdiri dan berjalan. Proses ini tentu saja memakan waktu agar bayi normal bisa cepat berjalan dan itu semua tentu saja tergantung kita orang tua bagaimana cara mendidik serta melatih nya. Karena dalam beberapa kasus sering juga kita temui dimana bayi yang sudah beranjak usia tapi belum juga bisa berjalan.



Perlu ibu dan ayah ketahui bahwa bayi normal biasanya sudah bisa berjalan pada usia 9 sampai dengan 12 bulan, hal ini dikarenakan kekuatan otot, tulang, keseimbangan serta temperamen bayi sudah maksimal untuk dapat berdiri serta menggerakkan tubuhnya untuk dapat berjalan dengan kaki. Setiap orang tua pasti menginginkan bayinya tumbuh normal dan dapat berjalan jika sudah memasuki waktunya seperti bayi-bayi lainnya, hal inilah yang membuat para orang tua pasti akan timbul rasa khawatir apabila anak belum dapat berjalan padahal umurnya sudah lebih dari 1 tahun.

Untuk menghilangkan rasa cemas para ibu dikala anaknya masih belum bisa berjalan kali ini saya akan memberikan beberapa tips bagaimana cara supaya bayi bisa cepat berjalan.

Tips Agar Bayi Bisa Cepat Jalan :

  1. Lengkapi Gizi dan Nutrisi Bayi

Pastikan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan bayi cukup, hal ini sangat penting karena bayi sedang dalam masa pertumbuhannya. Gizi dan nutrisi pada umumnya sudah tersedia dalam bubur serial. Seandainya memasak bubur sendiri pastikan cukup sayur dan lauk dalam bubur tersebut. Berilah asupan dalam makanan makanan yang kaya akan kalsium dan zat besi.

  1. Susu Formula Kaya Kalsium & Zat Besi

Saat hendak membeli susu formula carilah susu yang lebih tinggi kandungan kalsium dan zat besi karena ini bagus untuk pertumbuhan gigi serta tulang yang kuat.

  1. Jangan Sering Pakai Popok Sekali Pakai

Keseringan menggunakan popok akan membuat selangkangan pada bagian paha bayi untuk bergerak menjadi kurang leluasa sehingga ini dapat berpengaruh gerakan kakinya. Pakailah popok disaat mendesak saja seperti keluar rumah. Jika tidak diperlukan biarkan bayi bebas tanpa popok, anda bisa menggunakan karpet bayi jika takut ia akan buang air.

  1. Pijat Kaki Bayi

Sering memijat kaki bayi bagus untuk kelancaran aliran darahnya dan membuat kaki bayi menjadi tidak kaku.

  1. Jangan Sering Menggendong Bayi

Menggendong bayi boleh-boleh saja namun lebih baik jangan sering terutama saat ia memasuki usia 7-8 bulan karena hal ini akan membuatnya merasa malas dan manja serta membuatnya tidak betah untuk berjalan. Biarkan bayi bereksplorasi dengan lingkungan main sekitarnya

  1. Gunakan Box Bayi

Box atau tempat kurung bayi sangat bagus sebagai tempat latihannya sendiri, bayi yang sudah bisa merangkak lebih baik sesekali ditempatkan di box agar ia bisa berpegangan untuk bisa berdiri pada gagang box dan belajar berdiri sendiri adalah suatu hal yang sangat bagus untuk perkembangan anak selanjutnya.

  1. Bantu Bayi Berjalan

Apabila anda sedang bersantai bersama bayi ada baiknya melatih ia untuk berjalan dengan cara berdiri sambil memegang nya dan mengikuti arah gerak nya.

  1. Kecoh Dengan Mainan

Anak tentu saja sangat tertarik dengan benda-benda terutama mainan, kecoh lah anak agar berjalan menuju anda dengan memegang mainan nya.

  1. Bawa Bayi Keluar Rumah

Bayi selalu berada didalam rumah tentu akan menjadi kurang baik kesehatannya karena ia tidak terkena sinar matahari yang bisa membuatnya lemas dan kurang bertenaga, hal ini juga bisa mempengaruhi kekuatan tubuhnya untuk dapat berjalan atau biasakan untuk berjemur dipagi hari, vitamin E dari sinar matahari sangat dibutuhkan untuk perkembangan bayi.

  1. Sentuh Kaki Bayi Dengan Rumput

Entah benar atau tidak tapi mitos ini sudah dari dulu dipercaya oleh nenek moyang kita, apabila bayi sering disentuh kakinya dengan rumput terutama di pagi hari ini akan membuatnya bisa cepat berjalan.

Demikianlah tips agar bayi bisa cepat berjalan, melatih bayi untuk dapat berjalan bukanlah hal yang sulit karena banyak cara dapat dilakukan oleh orang tua masing-masing ya itu semua tergantung dengan cara bagaimana kita mendidik serta melatih nya. Kita bisa menggunakan berbagai media yang ada dirumah untuk melatih anak berjalan bisa menggunakan kursi plastic yang dibalik, dengan gallon. Tapi apabila kaki anak terlihat tidak semestinya (kaki tidak kuat atau bengkok) lebih baik segera konsultasikan kepada dokter. Semoga tips ini bermanfaat. [Yuni – WartaSolo.com]