Manfaat Senam Kegel Untuk Ibu Hamil, Bersalin, Nifas dan Setelah Melahirkan. Senam kegel merupakan suatu latihan otot dasar panggul, senam kegel merupakan terapi bagi wanita yang tidak mampu mengontrol keluarnya urin. Bagi wanita yang tidak terlatih otot Panggulnya akan mengalami penurunan uterus akibat melemahnya atau menipisnya otot Panggul.Senam kegel adalah latihan kontraksi kecil yang terjadi di dalam otot dasar panggul yang menguatkan uretra, kandung kemih, rahim, dan dubur.

Nama senam ini diambil dari penemunya Arnold Kegel, seorang dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan di Los Angeles sekitar tahun 1950-an. Dokter Kegel seringkali melihat pasiennya yang sedang dalam proses persalinan sering tidak dapat menahan keluarnya air seni (ngompol). Timbullah inisiatifnya untuk menemukan latihan agar pasiennya tidak mengalami hal tersebut.


Senam kegel atau senam yang juga disebut sebagai senam seks ini merupakan jenis senam yang sangat baik dilakukan untuk membantu mengencangkan kembali organ intim kewanitaan. Senam ini merupakan jenis senam yang sangat bagus dilakukan oleh para ibu-ibu terutama bagi mereka yang sudah pernah melahirkan. Wanita yang pernah melahirkan biasanya akan mengalami pengenduran otot pada bagian panggula bagian bawah dan juga pada bagian sekitar kewanitaan. Dengan senam kegel otot  panggul kembali mengencang.

Gerakan senam dalam senam kegel membuat otot-otot di sekitar organ intim wanita akan semakin kembali kencang. Selain itu gerakan senam kegel tentunya akan membuat seorang wanita bisa menemukan kembali gairah cinta membara dan menggelora serasa kembali berbulan madu lagi.

Senam  kegel atau senam seks biasanya dilakukan sebagai bagian dari latihan aerobik, yaitu sebagai latihan senam lantai. Senam ini banyak sekali melibatkan otot-otot pantat, perut, panggul, dan otot dasar panggul. Sebenarnya senam kegel tidak mesti dilakukan saat aerobic saja. Dimanapun kita, dalam posisi apapun (duduk, berdiri) kita bisa melakukan senam kegel. Kita bisa meregang dan mengencangkan otot dasar panggul.  Senam kegel sebenarnya senam yang sangat mudah bila kita sudah terlatih melakukannya dengan benar tapi akan menjadi sia-sia bila kita tidak mengetahui tehkniknya. Tujuan lain dari senam kegel adalah:

  • Untuk melatih atau menguatkan otot-otot dasar panggul (pelvic floor muscle).
  • Untuk kesehatan hubungan sumi isteri senam ini juga sangat berguna dalam orgasme wanita.
  • Untuk memperkuat otot-otot saluran kemih (berguna saat proses persalinan agar tidak terjadi “ngompol”)
  • Memperkuat otot-otot vagina (memuaskan suaminya saat berhubungan seks.

Manfaat Senam Kegel


Senam Kegel awalnya ditujukan untuk mengatasi inkotinensia (ketidakmampuan menahan pipis) pada wanita. Inkontinensia bisa timbul paska persalinan atau sebab lainnya. Senam ini bertujuan untuk melatih atau menguatkan otot-otot dasar panggul (pelvic floor muscle).

Berikut ini adalah manfaat dari senam kegel untuk para ibu hamil, ibu bersalin, ibu nifas dan ibu-ibu setelah melahirkan.

Ibu Hamil Dan Bersalin

  • Dapat mencegah robeknya perineum
  • Mengurangi kemungkinan masalah urinasi seperti inkontinensia paska persalinan
  • Mengurangi resiko terkena hemoroids (ambein)
  • Mempermudah proses persalinan (otot kuat dan terkendali)

 Ibu Nifas

Membantu atau mempercepat penyembuhan luka robekan perineum (jika ada).

 Ibu Setelah Melahirkan

Membuat otot-otot di sekitar organ intim wanita akan semakin kembali kencang.

Cara Melakukan Senam Kegel

  • Teknik senam Kegel yang paling sederhana dan mudah dilakukan adalah dengan seolah-olah menahan kencing (pada wanita dan pria)
  • Kencangkan atau kontraksikan otot seperti menahan kencing, pertahankan selama 5 detik, kemudian relaksasikan (kendurkan)
  • Ulangi lagi latihan tersebut setidaknya lima kali berturut-turut
  • Secara bertahap tingkatkan lama menahan kencing 15-20 detik, lakukanlah secara serial setidaknya 6-12 kali tiap latihan

Cara lain melakukan senam kegel dengan cara memasukkan jari ke liang vagina lalu lakukan gerakan menahan pipis, jika jari terasa terjepit maka itulah otot yang akan digerakkan atau dilatih.Bernafaslah secara normal dan usahakan tidak menggerakkan kaki, bokong dan otot perut selama melakukan senam ini.

Dengan melakukan senam kegel ini secara teratur , banyak manfaat yang bisa anda dapatkan diantaranya adalah lebih mengencangnya otot-otot seputar kewantaan dan bahkan membantu memperbaiki saluran kencing. Itulah sebabnya senam ini juga sangat baik untuk membantu anda yang sering bermasalah karena selalu ingin buang air kecil.

Suatu dambaan bagi kaum perempuan sesudah melahirkan bila otot dasar panggul kembali kencang seperti sebelumnya. Senam kegel merupakan solusi tepat untuk mengembalikan elastisitas otot kewanitaan. Dengan senam kegel rutin badan menjadi sehat dan otot kewanitaan kembali kencang. Latihan ini bisa dilakukan di kursi kerja, sambil duduk, saat mengendarai mobil bahkan saat anda berada di kamar kecil asal ada kemauan yang keras. Hasilnya kelak dapat memberikan kesenangan bukan hanya kepada pasangan melainkan juga keduanya.Selamat mencoba. [Yuni – WartaSolo.com]