Jadwal Puasa Sunnah Ayyamul Bidh Bulan Juli 2017. Kapan tanggal berapa pelaksanaan shaum puasa sunnah tengah bulan, puasa hari putih 13, 14, 15 penanggalan kalender islam hijriyah? Pada bulan Oktober (yang bertepatan dengan bulan Muharram) barangkali ada diantara Anda yang hendak mengerjakan puasa sunnah 3 (tiga) setiap pertengahan bulan penanggalan islam.

Bagi Anda yang mencintai amalan sunnah, sebagai bentuk ketaatan kepada Allah subhanahu wa ta’ala, sekaligus bukti kecintaan kita kepada rosululloh Muhammad shalallahu alaihi wassalam tentu Anda sudah terbiasa mengerjakan puasa sunnah tengah bulan atau sering disebut puasa ayyamul bidh. Simak juga: kumpulan dp bbm puasa ayyamul bidh yang keren banget.


Namun mungkin ada juga diantara Anda yang masih belajar dan mencoba istiqomah mengamalkan puasa sunnah ayyamul bidh ini dan bingung mengenai kapan waktu pelaksanaannya dalam penanggalan (kalender) masehi yang umumnya kita gunakan di negera Indonesia ini. Karena itulah Anda akan membutuhkan info terbaru jadwal puasa sunnah ayyamul bidh agar dapat mengerjakannya secara rutin dan istiqomah.

BACA JUGA: DP BBM Selamat Sahur dan kumpulan gambar DP BBM Selamat Buka Puasa

Sebelum Tim WartaSolo.com hadirkan informasi tanggal jadwal puasa sunah hari putih, kami akan mencoba memberikan sedikit penjelasan mengenai apakah puasa ayyamul bidh itu, apa dasar hukum (dalil) hadits-nya yang menjadi dasar pengerjaan amalan puasa sunnah ini. Karena amalan yang kita kerjakan hendaknya didasari dengan ilmu yang jelas, dan ada contoh (ittiba’) atau ajaran langsung dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam agar kita tidak terjerumus dalam perkara bid’ah yang menyesatkan.

APAKAH PUASA AYYAMUL BIDH ITU?

Puasa ayyamul bidh adalah salah satu amalan puasa sunnah yang dikerjakan 3 hari setiap bulannya, yaitu pada hari (tanggal) ke-13, 14, dan 15 dari bulan Hijriyah. Puasa sunah ini disebut ayyamul bidh (hari putih) karena pada malam-malam tersebut bersinar bulan purnama dengan sinar rembulannya yang putih.

HADITS TENTANG PUASA AYYAMUL BIDH

Beberapa hadits yang menjadi dasar pelaksanaan ibadah puasa sunnah ayyamul bidh, antara lain:

Dari Abu Dzar, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda padanya, “Jika engkau ingin berpuasa tiga hari setiap bulannya, maka berpuasalah pada tanggal 13, 14, dan 15 (dari bulan Hijriyyah). ” [HR. Tirmidzi dan An Nasai].

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam berwasiat kepada tiga orang Sahabat Beliau supaya puasa tiga hari setiap bulan, yaitu; Abu Hurairah, Abu Darda’ dan Abu Dzar Radhiyallahu ‘Anhum. [HR. Bukhari, Muslim, dll].

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda kepada Sahabat ‘Abdullah bin ‘Amr Radhiyallahu ‘Anhuma, “Dan berpuasalah tiga hari pada setiap bulan. Karena sesungguhnya kebaikan itu akan (dilipatkan) dengan sepuluh (kali) lipat. Oleh karenanya engkau seolah-olah berpuasa selama sebulan penuh.” [HR. Bukhari dan Muslim].

Dalam hadist lain dijelaskan pula tentang keutamaan puasa sunnah ayyamul bidh, yang artinya:

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun. ” [HR. Bukhari].

TANGGAL JADWAL PUASA SUNNAH AYYAMUL BIDH

Berikut ini adalah kalender tanggal jadwal pelaksanaan puasa sunnah pertengahan bulan (ayyamul bidh) pada bulan ini tahun 2017 (insya Allah), yang kami ambil berdasarkan kalender pemerintah Indonesia.

JADWAL TANGGAL PUASA AYYAMUL BIDH JANUARI 2017

Hari: Kamis, Jumat, Sabtu – 12, 13, 14 Januari 2017

JADWAL TANGGAL PUASA AYYAMUL BIDH FEBRUARI 2017

Hari: Jumat, Sabtu, Minggu – 10, 11, 12 Februari 2017



JADWAL TANGGAL PUASA AYYAMUL BIDH MARET 2017

Hari: Minggu, Senin, Selasa – 12, 13, 14 Maret 2017

JADWAL TANGGAL PUASA AYYAMUL BIDH APRIL 2017

Hari: Senin, Selasa, Rabu – 10, 11, 12 April 2017

JADWAL TANGGAL PUASA AYYAMUL BIDH MEI 2017

Hari: Rabu, Kamis, Jumat – 10, 11, 12 Mei 2017

JADWAL TANGGAL PUASA AYYAMUL BIDH JUNI 2017

Pada bulan Juni 2017 ini, insya Allah tidak ada puasa ayyamul bidh, karena bulan yang bersangkutan adalah bertepatan dengan puasa bulan Romadhon. Jangan lupa untuk meneruskan dengan puasa sunnah 6 hari di bulan Syawal setelah menjalankan puasa Ramadhan sebulan penuh. BACA JUGA: download kultum singkat ramadhan terbaru.

JADWAL TANGGAL PUASA AYYAMUL BIDH JULI 2017

Hari: Jumat, Sabtu, Minggu – 07, 08, 09 Juli 2017

JADWAL TANGGAL PUASA AYYAMUL BIDH AGUSTUS 2017

Hari: Minggu, Senin, Selasa – 06, 07, 08 Agustus 2017

JADWAL TANGGAL PUASA AYYAMUL BIDH SEPTEMBER 2017

Insya Allah tidak ada puasa ayyamul bidh, bertepatan dengan hari tasyrik (04 September 2017, hari tasyrik ketiga). Dan insya Allah boleh diganti dengan puasa 3 hari di bulan yang bersangkutan, untuk harinya tidak harus berurutan. Yang penting tidak pada waktu-waktu yang dilarang untuk berpuasa. Dan pada bulan ini, terdapat hari Puasa Asyura pada hari Jumat, Sabtu (29 dan 30 September 2017).

JADWAL TANGGAL PUASA AYYAMUL BIDH OKTOBER 2017

Hari: Selasa, Rabu, Kamis – 03, 04, 05 Oktober 2017

JADWAL TANGGAL PUASA AYYAMUL BIDH NOVEMBER 2017

Hari: Kamis, Jumat, Sabtu – 02, 03, 04 November 2017

JADWAL TANGGAL PUASA AYYAMUL BIDH DESEMBER 2017

Hari: Sabtu, Minggu, Senin – 02, 03, 04 Desember 2017


Berdasarkan keterangan hadist di atas, puasa ayyamul bidh adalah puasa yang sunnah dilakukan tanggal 13, 14, dan 15 setiap bulannya. Jika kita tidak sempat atau tidak bisa melakukannya pada hari-hari itu secara berurutan, boleh melakukan puasa pada hari-hari yang lain. Baik secara terpisah maupun secara berurutan, yang tentunya bukan dinamakan puasa ayyamul bidh lagi. Sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadits yang artinya:

Mu’adzah al-‘Adawiyyah meriwayatkan, ia bertanya kepada Aisyah istri Nabi, “Apakah Rasulullah puasa tiga hari setiap bulannya?” Aisyah menjawab, “Iya”. Maka, saya bertanya lagi, “Pada hari-hari apa saja beliau berpuasa dalam sebulan itu?” Aisyah menjawab, “Beliau tidak peduli pada hari apa beliau berpuasa pada bulan tersebut.” [HR Muslim].

Demikianlah informasi mengenai kapan pelaksanaan, hari tanggal atau jadwal puasa sunnah ayyamul bidh pada bulan ini. Selain puasa ayyamul bidh, kita juga bisa mengamalkan puasa sunnah lainnya, misalnya puasa sunnah senin kamis. Untuk itu, marilah kita senantiasa berusaha untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah subhanahu wa ta’ala, dengan cara melaksanakan perintah-NYA, dan menjauhi larangan-NYA. Baik itu perintah yang berupa ibadah wajib, mau pun amalan-amalan sunnah.

Puasa sunnah ayyamul bidh dan juga amalan sunnah lainnya yang kita kerjakan, semoga kelak dapat menjadi bukti nyata kecintaaan kita kepada rasulullah Muhammad shalallahu alaihi wa sallam. Sebagaimana diterangkan dalam sebuah hadits yang artinya:

Dari Anas ibnu Malik, rasulullah bersabda yang artinya: “Barang siapa menghidupkan sunnahku maka ia telah mencintaiku, dan barang siapa mencintaiku maka ia akan bersamaku di surga” [HR. Thabarani].

Semoga Allah subhanahu wa ta’ala menerima amal ibadah kita, dan mengampuni dosa-dosa kita, baik dosa dan kesalahan di masa lalu, masa sekarang mau pun masa yang akan datang. Dan semoga kita diberikan kebaikan di dunia dan di akherat, dijauhkan dari siksa kubur dan siksa api neraka, serta dimasukkan oleh Allah ke dalam surga sebagai tempat kembali yang kekal abadi, aamiin…

Selamat menunaikan ibadah puasa sunnah ayyamul bidh bagi Anda yang berniat mengerjakannya pada bulan Juli 2017 ini. Semoga saja update lengkap jadwal puasa sunnah ayyamul bidh ini bermanfaat bagi kita semuanya. [Nailah Azka – WartaSolo.com]