Mengetahui Ciri-Ciri Penyakit Ginjal Dan Cara Pencegahannya. Untuk mengetahui ciri-ciri penyakit ginjal yang pada umumnya terjadi dapat membantu anda ataupun orang di sekitar anda untuk mendapatkan perawatan lebih dini. Perlu diketahui bahwa penyakit ginjal memang penyakit yang serius dan biasanya membutuhkan bantuan dalam waktu secepatnya, apabila mengalami keterlambatan penanganan penyakit ini dapat mempersulit penyembuhannya. Sebenarnya banyak sekali macam penyakit ginjal yang dapat terjadi, akan tetapi artikel ini akan membahas dua macam penyakit ginjal yang paling sering terjadi pada masyarakat umumnya. Macam penyakit ginjal yang perlu anda ketahui adalah penyakit ginjal akut dan penyakit ginjal kronis.

Adapun ciri-ciri penyakit ginjal akut dan kronis akan memberikan gambaran yang berbeda. Ciri-ciri penyakit ginjal akut biasanya lebih nyata dibandingkan dengan ciri-ciri penyakit ginjal yang kronis. Cara penanganan yang dibutuhkan itupun sangat berbeda. Penyakit ginjal akut selalu membutuhkan intervensi medis yang bersifat darurat. Sedangkan untuk penyakit ginjal yang kronis tidak selalu membutuhkan intervensi medis yang darurat. Akan tetapi, baik sakit ginjal akut dan yang kronis bahwa keduanya membutuhkan penanganan dan pengobatan yang tepat dan cepat.


Ini Ciri-Ciri Penyakit Ginjal Akut:

Sedikit mengeluarkan air kemih.
Ini merupakan ciri-ciri penyakit ginjal akut yang utama. Jumlah air urin yang keluar saat berkemih dapat membantu dokter menegakkan diagnosis dalam keadaan sakit ginjal akut. Selain mengeluarkan urin yang sedikit, penyakit ginjal akut dapat membuat air urin menjadi lebih gelap, keruh, bahkan kemerahan seperti warna darah. Bila ciri-ciri penyakit ginjal ini terjadi apalagi dibarengi dengan kemungkinan dehidrasi, segera kunjungi dokter atau rumah sakit terdekat dengan segera.

Perasaan mengantuk atau melamun saja.
Hal ini merupakan ciri-ciri ginjal bermasalah yang umum terjadi. Biasanya penderita akan menjadi kurang responsif bila dipanggil atau diajak bicara, menjadi lebih sering melamun saja. Kehilangan kesadaran ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, terutama penumpukan racun yang berlebih dan tidak dapat dibuang ke urin dan infeksi yang biasa menyebabkan penyakit ginjal terjadi.

Bengkak pada kaki dan tungkai.
Kaki dan tungkai akan membesar dikarenakan adanya penumpukan cairan berlebih yang akan menumpuk di kaki anda. Selain itu juga, pada penyakit ginjal, kadar protein dalam darah akan berkurang sehingga dapat menyebabkan kaki menjadi bengkak terlihatnya.Sesak nafas. Meski biasanya gejala sesak nafas lebih dikaitkan dengan penyakit paru dan jantung, ternyata sesak nafas pun bisa disebabkan oleh sakit ginjal. Sesak nafas terutama terjadi mendadak dan pada orang yang biasanya tidak mempunyai riwayat sesak sebelumnya.

Diare, mual dan muntah.
Ini sebenarnya bukanlah ciri-ciri sakit ginjal akut. Namun bila Anda menemui gejala seperti berkurangnya air urin yang diikuti dengan gejala diare serta muntah hebat, Anda perlu curiga akan kemungkinan terjadinya sakit ginjal akut. Diare dan muntah hebat seringkali menjadi penyebab sakit ginjal akut karena banyaknya cairan yang dikeluarkan ketika BAB atau muntah. Perlu diingat bahwa penyakit ginjal akut dapat tidak bergejala dan tidak menimbulkan keluhan berarti. Hal yang pasti adalah Anda harus menjaga asupan cairan selalu tercukupi terutama bagi mereka yang sedang sakit diare, muntah hebat, menderita penyakit infeksi atau kondisi kelainan ginjal lainnya.

Ciri-Ciri Penyakit Ginjal Kronis:

Pada awalnya, penyakit ginjal kronis tidak memberikan gejala. Hal yang disadari pasien adalah bahwa ia menderita beberapa kondisi medis yang dapat menjadi risiko terjadinya gagal ginjal kronis. Penyakit penyebab sakit ginjal tersebut akan dibahas lebih detail di halaman 2. Fase ini akan dilanjutkan dengan perubahan pola kemih yang samar-samar dirasakannya. Perubahan yang terjadi misalnya kencing lebih sedikit, berkemih lebih sering, merasakan ada tekanan saat berkemih, urin yang berbuih dan perubahan warna urin.

Warna kulit semakin gelap merupakan salah satu ciri-ciri penyakit ginjal yang dapat kita lihat. Kulit akan berwarna gelap dan terkesan kusam, tidak bercahaya dan redup. Hal ini disebabkan oleh tertumpuknya produk buangan ginjal yang tidak dapat ginjal buang ke dalam urin. Sebaliknya, warna kulit yang memucat pun dapat menjadi ciri-ciri penyakit ginjal kronis. Hal ini terjadi karena anemia yang lazim terjadi pada keadaan gagal ginjal kronis. Anemia atau kekurangan sel darah merah ini akan memberikan nuansa warna yang lebih pucat pada kulit anda.
Sulit berkonsentrasi, mudah mengantuk dan sering merasa mengantuk adalah ciri-ciri sakit ginjal kronis yang cukup umum. Toksin yang seharusnya dibuang oleh ginjal ke dalam urin kini turut beredar di peredaran darah hingga ke otak. Zat toksin inilah yang akan memberi sensasi mengantuk dan sulit berkonsentrasi.

Nyeri tulang merupakan ciri-ciri penyakit ginjal kronis yang lebih lanjut. Selain terasa nyeri, tulang penderita penyakit ginjal kronis bersifat lebih rapuh dan lebih mudah patah, sehingga benturan sedikit pada tulang dapat menyebabkan patah tulang. Keadaan ini mirip dengan osteoporosis atau tulang yang keropos. Sesak napas pun dapat terjadi pada penderita gagal ginjal kronis. Sama seperti ciri-ciri sakit ginjal akut, sesak napas yang terjadi mendadak, tanpa riwayat sesak karena paru atau jantung sebelumnya haruslah dicurigai ke arah sakit ginjal itu sendiri.

Penyebab Penyakit Ginjal Yang Umum Terjadi:
Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa penyakit ginjal yang biasanya terjadi adalah gagal ginjal baik akut maupun kronis. Banyak faktor yang dapat mencetuskan terjadinya gagal ginjal akut dan kronis. Penyakit ginjal akut terutama disebabkan oleh jenis penyakit yang sifatnya muncul mendadak dan tiba-tiba begitu. Berbeda dengan penyakit ginjal akut, penyakit ginjal kronis lebih lazim disebabkan oleh beberapa kondisi medis yang sifatnya kronis atau sudah lama.

Beberapa penyakit yang dapat menyebabkan sakit ginjal adalah penyakit infeksi seperti demam berdarah dengue malaria dan leptospirosis. Selain infeksi, sakit ginjal akut juga dapat disebabkan oleh luka bakar hebat, konsumsi beberapa jenis obat, sumbatan saluran kencing oleh batu hingga konsumsi petai dan jengkol yang berlebihan dalam satu waktu. Hal paling penting lainnya yang sering menyebabkan sakit ginjal akut adalah keadaan dehidrasi atau kurang cairan yang lazim terjadi pada penderita diare, muntah yang berlebihan, dan mengalami perdarahan yang banyak serta kurang minum dalam waktu yang lama.

Beberapa contoh kondisi medis yang dapat menyebabkan gagal ginjal kronis adalah:

  1. Diabetes melitus atau kencing manis
  2. Hipertensi atau darah tinggi
  3. Radang pada ginjal dalam jangka waktu panjang yang salah satunya disebabkan oleh infeksi saluran kencing
  4. serta penyakit ginjal yang diturunkan.

Semoga buat pecinta kesehatan paham akan hal ini. Dan menjadi sebuah warning buat kita semua tentunya yang mempunyai potensi untuk terkna penyakit ini. Dan satu lagi lbih baik tidak terkena penyakit atau terhindar dari godaan pnyakit yang terkutuk. [YuQe-WartaSolo.com]