Tips Mengatasi Flu Pada Bayi Serta Hidung Tersumbat. Apabila bayi mengalami sakit pilek, flu dan berakibat pada pernafasan yang terganggu. Bayi menjadi susah nafas karena hidung tersumbat, hidung berlendir.  Maka tugas seorang ibu membantu bayi meringankan masalah pernafasan, karena bayi akan rewel dan sulit tidur ketika kondisi tersebut menyerang. Sebagai Ibu harus mengetahui cara tepat dalam mengatasinya, mulai dari flu bayi dan hidung tersumbat agar sikecil bisa tetap nyaman walaupun sedang dalam keadaan flu. Ada beberapa cara tradisional yang aman agar buah hati terlepas dari gangguan flu bayi dan hidung tersumbat, seperti beberapa hal berikut ini :

Penguapan secara alami



Cara mengatasi kondisi tubuh flu, batuk, pilek, dan hidung tersumbat adalah dengan melakukan penguapan atau inhalasi. Bisa dilakukan di rumah dengan cara menggunakan air panas yang ditetesi oleh minyak telon. Setelah air disiapkan, maka letakkan di suduk ruangan yang dekat dengan buah hati. Biarkan ia menghirup dan menikmati suhu ruangan disana. Bisa juga menggendong bayi dengan memposisikan diri dekat dengan air tersebut dan tubuh bayi ditelungkupkan.

Hangatkan tubuh bayi

Rasa hangat pada daerah pernafasan bisa membantunya mendapatkan kenyamanan. Bisa juga dengan memandikan bayi dengan air hangat dan menjemur di matahari pagi. Cara tersebut bisa membuat kehangatan tubuh dan mengurangi gejala flu dan hidung tersumbat. Disaat bayi tidur, atur suhu ruangan agar berada di kisaran 25 derajat yang dirasa tidak terlalu dingin. Sebelum tidur juga, bunda bisa mengolesi buah hati dengan minyak telon di bagian perut, punggung dan dada.

Pijat hidung bayi

Melakukan pemijatan di daerah hidung dengan menambahkan minyak telon di bagian atas hidung bisa melegakkan pernafasan. Lendir di dalam hidung akan keluar dan anda dapat memijat lembut agar cepat keluar. Bisa juga menggunakan sapu tangan atau cotton bud, namun perhatikan penggunaannya jangan sampai terlalu dalam.

Atur posisi tidur

Mengatur posisi tidur saat bayi terserang flu dan hidung tersumbat agar melegakkan sistem pernafasannya. Caranya adalah memiringkan badan bayi disaat tidur, arah tidur bayi bisa diatur berdasarkan bagian mana hidung yang tersumbat. Jika di bagian kanan tersumbat, maka miringkan ke samping kiri.

Larutan garam

Nah pada kali ini menggunakan larutan garam yang bisa mencairkan ingus atau lendir yang ada di hidung. Memperlancar sumbatan di hidung dan mengembalikan kealamian selaput di hidung adalah cara terbaik. Caranya adalah melarutkan 1 sdm garam di dalam gelas dan diisi oleh air hangat. Langkah selanjutnya adalah menyemprotkan larutan tersebut ke dalam hidung dengan menggunakan pipet bayi. Lakuakn minimal 3 kali sehari, teteskan menggunakan 2 kali pipet tetes. Berhati-hatilah dalam menerapkannya, jika belum bisa atau berpengalaman maka bisa melibatkan orang lain yang sudah tahu caranya. Mungkin adalah orangtua anda ataupun tetangga.

Ulasan diatas merupakan tips mengatasi flu dan hidung tersumbat pada bayi. Sebagai seorang ibu tentunya berharap Agar bayi tetap merasa nyaman dikala tidur, tidak ada salahnya bila kita mencoba melakukan salah satu tips diatas. Semoga ulasan diatas memberikan manfaat bagi pembaca. [Yuni – WartaSolo.com]