Tips Merawat Payudara Saat Menyusui. Merawat payudara di masa ibu sedang menyusui memang perlu mendapatkan perhatian khusus. Payudara yang sehat dan dirawat dengan baik mampu untuk membantu melancarkan produksi ASI. Hal ini berpengaruh pada proses pemberian ASI, sehingga pemberian ASI menjadi lebih mudah dan aman bagi ibu maupun buah hati. Factor kesehatan juga sangat diperlukan saat menysui. Untuk itu sebagai ibu harus selalu meluangkan waktu untuk bisa merawat payudara

Cara Merawat Payudara Untuk Ibu Menyusui


Puting susu adalah salah satu bagian dari payudara yang sangat penting dalam proses menyusui. Ibu menyusui harus rajin merawatnya agar selalu bersih sehingga memberikan kenyamanan bagi buah hati. Tidak sulit merawat payudara bagi ibu menyusui, berikut adalah cara merawat payudara bagi ibu menyusui hanya butuh sedikit kesabaran untuk melakukannya

  • Pilihlah bra yang dapat menyerap keringat, tidak terlalu sempit dan mampu menyangga payudara dengan baik. Pilihlah bra khusus bagi ibu menyusui. Hal ini berguna untuk mempermudah Anda dalam memberikan ASI.
  • Bersihkan puting Anda dengan menggunakan air hangat setiap selesai mandi. Jangan sampai puting terkena sabun mandi, karena dapat membuatnya kering sehingga lapisan puting dapat terkelupas dan akhirnya menimbulkan rasa nyeri pada saat menyusui. Kita cukup membersihkan dengan air hangat dengan sedikit pijatan.
  • Jika Anda memiliki jenis puting yang melesak ke dalam, cobalah untuk menggunakan alat penarik puting (nipple corecctor). Namun, alat ini tidak dapat membuat puting menonjol dalam waktu cepat. Perlu waktu yang cukup lama, jadi Anda harus sabar melakukannnya. Jika perlu, konsultasikan pada dokter.
  • Olah raga ringan dengan melakukan latihan gerakan otot pada badan yang dapat berfungsi sebagai penopang payudara, hal itu dapat juga menunjang produksi ASI dan dapat  mempertahankan bentuk payudara setelah masa Ibu menyusui.
  • Pijatlah puting dan sekitarnya dengan menggunakan ibu jari dan telunjuk. Pemijatan lebih baik menggunakan minyak kelapa atau minyak zaitun, agar kulit mati pada puting dapat terkelupas, dan selalu menjaganya agar tetap lembab. Anda dapat menggunakan minyak zaitun untuk melakukan pemijatan pada payudara Anda.
  • Ambil beberapa tetes ASI kemudian oleskan disekitar puting setelah selesai menyusui (memiliki efek penyembuhan), lalu biarkan hingga kering sebelum payudara ditutup dengan bra.
  • Bila puting mengalami lecet atau nyeri akibat cara bayi mengisap ASI salah, cobalah untuk ganti posisi dengan menyusui dari puting satunya yang tidak sakit. Sebaiknya beri buah hati Anda ASI sebelum dia sangat lapar sehingga buah hati Anda tidak mengisapnya terlalu kuat.
  • Selalu berikan ASI kepada bayi minimal 2 jam sekali apabila ASI tidak diberikan ke bayi bisa dipompa dengan waktu yang sama karena bertujuan untuk menjaga agar tidak terjadi pembengkakan payudara yang akan berujung ke radang payudara.

Merawat payudara saat menyusui sama halnya dengan memelihara kualitas ASI yang Anda berikan pada buah hati agar tetap baik. Selain itu Anda juga perlu memperhatikan pola makan Anda. Terapkan pola makan yang teratur dan makan-makanan yang bergizi sebisa mungkin konsumsi susu agar memiliki tenaga saat memberikan ASI, mengatur waktu istirahat dan biasakan untuk minum air putih setiap hari minimal 8 gelas.  Semoga ulasan diatas bermanfaat. [Yuni – WartaSolo.com]