Memahami Gejala Nyeri Dada Sebelah Kiri Dan Faktor Penyebabnya. Perlu diketahui bahwa dalam memahami nyeri dada pada sebelah kiri ada banyak faktor penyebabnya. Antara Lain trauma (apakah terdapat riwayat trauma pada dada sebelumnya), tanda gangguan lambung, tanda gangguan dari jantung atau bisa juga gangguan dari jantung atau bisa juga gangguan pada otot dada. Pada usia 16 tahun seperti wanita pada umumnya serta perempuan lain yang masih mengalami menstruasi,kami mengira bahwa nyeri dada di sebelah kiri tersebut bukanlah penyakit jantung.

Normalnya, pada usia seperti itu perempuan jarang sekali yang terkena serangan jantung, karena jantung perempuan khususnya yang masih menhalami menstruasi terlebih masih muda akan dilindungi oleh hormon estrogen. Meski begitu, kita tetap perlu malakukan ECG (elektrokardiografi) atau rekam jantung untuk mengetahui kondisi jantung.


Setelah rekam jantung atau ECG ternyata normal, barulah kita berfikir kearah lain, biaanya kita akan menanyakan apakah ada riwayat trauma didada sebelumnya. Bila ada sebaiknya dilakukan foto rontgen ini akan terlihat apabila ada kelainan pada tulang maupun kelainan pada paru.
Disamping itu dokter pasti juga akan menanyakan apakah nyeri dada tersebut disertai rasa panas didada, penderita merasa mual dan ingin muntah…?. Apabila nyerinya disertai gejala seperti itu, maka gejala nyeri dada ini kemungkinanan adalah GERD/Gastro Esophageal Reflux Disease. Ini adalah merupakan kondisi adanya aliran balik dari isi lambung ke kerongkongan yang menyebabkan gejala yang mengganggu hingga terjadi komplikasi. Dimana untuk usia muda yang memiliki keluhan sering telat makan, aktivitas berlebih memungkinkan asam lambungnya akan meningkat dan naik ke esofagus yang menyebabkan dada terasa nyeri.

Faktor GERD bisa karena kecapekan, trauma dimasa lalu atau karena ototnya terasa tegang dan keram dibagian dada hungga menimbulkan nyeri. Tegangnya otot ini bisa karena posisi tidur tidak baik atau otot di dinding dada tertarik ketika dalam keadaan batuk. Dalam kasus ini ada baiknya bagi yang merasa mengalami keadaan sepeeti ini untuk segera memeriksakan ke dokter untuk mengetahui secara pasti penyebab dari nyeri dada yang dirasakan, sehingga dapat diobati sesuai causanya dan dapat mencegah kekambuhannya. Akan tetapi kalau anda masih mersakan getaran didada dengan istilah cenat-cenut, itu mungkin anda lagi dilanda asmara..heehehehe….. [YuQe-WartaSolo.com]