Cara Ampuh Menghilangkan Keloid. Dambaan setiap orang adalah tampil cantik dengan tubuh mulus tak peduli pria maupun wanita. Tubuh yang mulus tentunya menjadi indikasi dari kebersihan dan kerapihan dari seseorang, namun terkadang beberapa bekas luka yang menghiasi bagian tubuh, kehadiarannya amat sangat menjengkelkan. Terutama bagi kaum wanita, dapat selalu menjaga kemulusan tubuh tentunya bak prioritas yang senantiasa harus selalu dijaga dan diutamakan. Salah satu bekas luka yang mungkin tak lagi asing didengar adalah luka keloid, bagi siapa saja mungkin sudah mengenal apa itu keloid.

Keloid merupakan pertumbuhan jaringan ikat yang tumbuh berlebihan pada kulit bekas luka. Secara normal, ketika kulit terluka, maka akan terjadi proses penyembuhan, dimana jaringan fibrosa atau yang sering disebut dengan jaringan ikat terbentuk diatas luka guna memperbaiki dan melindungi luka. Hanya saja pada beberapa kasus, jaringan ikat ini tumbuh secara berlebihan, hingga menebal, menonjol, melebar dengan permukaan yang licin, dan teraba kebagian atas.



Keloid ini ukurannya bisa jauh lebih besar daripada luka aslinya,  dan pada kebanyakan kasus yang dijumpai seringkali kondisi keloid ini ditemukan pada bagian dada atas, bahu, leher bahkan wajah (pada area sekitaran rahang bawah). Namun sebenarnya, keloid ini bisa saja tumbuh pada bagian tubuh dimana saja asal ada luka yang mendahuluinya.

Penyebab Timbulnya Keloid

Sampai saat ini faktor penyebab keloid masih belum pasti diketahui, namun diduga luka keloid ini terjadi sebagai akibat dari peradangan. Adapun beberapa faktor yang dapat memicu keloid terjadi antara lain adalah:

  1. Genetik atau Ras

Keloid ini berhubungan dengan gen HLA-B14, HLA-B21, HLA-BW16, HLA-BW35, HLA-DR5, HLA-DQW3, dan golongan darah A. Keloid ini lebih banyak ditemukan pada orang dengan keuturunan genitik kulit berwarna gelap dibandingkan dengan orang dengan genetik kulit berwarna cerah, Hal ini dibuktikan dengan banyaknya penemuan kasus mengenai keloid yang banyak dijumpai pada orang-orang Afrika yang menderita keloid lebih banyak jumlahnya dibandingkan dengan orang-orang kulit putih dari barat.

  1. Usia

Keloid umumya dijumpai pada anak-anak dan dewasa muda mulai dari usia 10 hingga 30 tahun. Sementara itu baik pria maupun wanita tidak memiliki perbedaan dalam memiliki keloid.

  1. Vaksinasi

Biasanya vaksinasi BCG akan menimbulkan bekas luka yang menebal yang sering disebut dengan keloid.

  1. Jenis dan Lokasi Trauma

Luka keloid ini seringkali terjadi pada luka yang lama sembuh dan pada daerah dengan regangan kulit yang tinggi, seperti misalnya dada, bahu, leher dan bagian tungkai.

Adapun beberapa kegiatan lain yang mampu memicu timbulnya keloid ini, bisa disebabkan karena :

  •     Luka bedah operasi
  • Tindikan telinga
  • Luka Gores
  •   Luka bekas cacar
  • Luka bakar
  • Bekas jerawat

Berikut beberapa metode yang terbukti ampuh untuk menghilangkan keloid.

  1. Suntikan Cortisone (Steroid Intralesi)
  2. Penggunaan Laser
  3. Bedah Operasi
  4. Penggunaan Silikon
  5. Interferon

Ulasan diatas merupakan cara ampuh menghilangkan keloid. Bagi anda yang mempunyai masalah keloid bisa anda hilangkan dengan beberapa cara yang kami ulas diatas. Selamat mencoba. [Yuni – WartaSolo.com]