Pilkades Sragen: 19 Desa Buka Lowongan Cakades. Kabupaten sragen akan mengadakan pemilihan Calon Kepala (pilkades) di 19 desa di 15 kecamatan pada 6 Desember 2016 dan sekarang membuka lowongan calon kepala desa (cakades) pada Jumat-Rabu (7-19 Okt 2016).

Sumanto selaku Kasubbag Pemerintahan Bagian Pemerintahan dan Pertanahan Sekretariat Daerah (Setda) Sragen, berkata “Anggaran senilai Rp225 juta dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2016 untuk pengadaan logistik pilkades serentak”.



Sedangkat Pada APBD 2016, Sumanto menuturkan bahwa masing-masing desa untuk penyelenggara pilkades mendapat subsidi Rp35 juta. Dana tersebut digunakan kebutuhan anggaran lainnya dibebankan pada pemerintah desa yang bersangkutan.

Dalam sidang rapat kordinasi yang digelar pada Senin[3/10/2016] lalu. Terakhir orang nomor satu di Setda itu menuturkan bahwa para camat, penanggung jawab kades, dan perwakilan Badan Permusyawaratan Desa dihadirkan dalam rapat itu. Hasil rapat itu tentunya sudah disosialisasikan ke tingkat desa dan ditindaklanjuti dengan pembentukan panitia pilkades di tingkat desa pada Jumat (7/10/2016) siang.

Untuk pembentukan panitia pilkades mestinya sudah terbentuk karena tahapannya pada Selasa-Kamis (4-6/10) lalu. Dia mengatakan sesuai ketentuan, jumlah cakades dibatasi maksimal lima orang per desa. Bila sampai melebihi lima cakades akan dilakukan seleksi tambahan untuk diambil lima orang cakades.

Sumarno memprediksi kebutuhan anggaran pilkades itu mencapai Rp50 juta-Rp100 juta per desa. Rencana anggaran biaya (RAB) pilkades itu harus mendapat persetujuan dari Bupati Sragen. “Usulan kami Rp225 juta itu sudah disetujui dalam rapat KUPA-PPAS [Kebijakan Umum Perubahan Anggaran dan Plafon dan Prioritas Anggaran Sementara] APBD Perubahan 2016,” kata dia.

Dia menyampaikan panitia juga sudah memasang pengumuman cakades lengkap dengan persyaratan administrasinya di sejumlah lokasi strategis. Terpisah, Pj. Kades Pilang, Kecamatan Masaran, Suparman, mengatakan Pemerintah Desa Pilang sudah membentuk panitia pilkades yang terdiri atas sembilan orang pada Rabu (5/10/2016) lalu.

Baiklah itulah info Lowongan Pilkades dan mengimbau untuk semua warga agar memberikan hak suara pada pesta demokrasi secara bebas dan rahasia tanpa ada tekanan dan bersikap dewasa. [ wartasolo.com]