Tambah Nafsu Makan Berkat Temuireng. Orang tua biasanya memiliki kekhawatiran jika memiliki anak yang sulit makan. Sulit makan ini biasanya lebih banyak disebabkan oleh kurangnya nafsu makan. Kurang nafsu makan tidak hanya dialami oleh anak-anak saja, orang tua kadang juga beresiko mengalami hal yang sama. Penurunan nafsu makan pada orang tua ini bisa disebabkan karena beberapa factor, seperti: penambahan usia, kualitas organ dan fungsi yang mengalami penurunan maupun factor penyakit atau penyembuhan.

Kurangnya nafsu makan sangat mengganggu. Apabila dalam waktu yang panjang tidak segera diatasi maka akan beresiko menyebabkan masalah pada penyerapan nutrisi dalam tubuh. akibatnya, badan anak dan orang dewasa akan terlihat lebih kurus, tidak proposional dan mudah sakit. Terutama bagi kaum lansia karena mereka kekuranga asupan nutrisi.



Temuireng adalah solusi yang terbukti secara empiris mampu meningkatkan nafsu makan. Kerba temuireng ataudalam bahasa latin disebut dengan curcuma aeruginosa bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti sakit perut dan mulas, serta penyakit lainnya seperti sariawan, sesak nafas, membersihkan darah setelah bersalin, koreng, borok serta membasmi cacing pada anak-anak.

Senyawa aktif yang terkandung dalam herba temuireng antara lain: tannin, kurkumol, kurkumenol, kurzerenon, kurdion, kurkumalakton, linderazulen, kurkumin dll. Bagian yang digunakan sebagai herba adalah rimpang temuireng.

Berikut contoh penggunaan temuireng sebagai penambah nafsu makan anak dan orang dewasa:

  • Sediakan 30 gr temuireng rimpang yang masih segar diiris tipis-tipis
  • 10 gr adas kering
  • 10 gr pulosari
  • 30 gr gula aren

Cara membuat seduhan temuireng yang berkhasiat meningkatkan nafsu makan. Semua bahan dicuci bersih kemudian direbus dalam 1 liter air hingga mendidih, setelah dingin saring dan diminum 2 kali sehari hingga sampai 2 minggu. Anak diatas 2 tahun hingga 5 tahun dapat diberikan ¼ gelas tandart kecil yang dibagi menjadi 2 kali minum.

Ulasan diatas merupakan manfaat temuireng untuk meningkatkan nafsu makan baika anak-anak maupun orang tua. Semoga ulasan diatas bermanfaat. Salam sehat selalu. [Yuni – WartaSolo.com]