Mengapa Ibu Hamil Susah BAB? Lihat Cara Mengatasi dan Penyebabnya. Bagaimanakah cara mengatasi Susah buang besar pada Ibu hamil? Susah buang air kecil, susah buang air besar kadang menjadi salah satu permasalahan bagi Ibu yang sedang mengandung atau hamil.

Meskipun begitu Ibu hamil mempunyai permasalahan yang berbeda-beda dengan Ibu hamil yang lainnya. Ada Ibu hamil mengalami sering BAB, tapi di sisi lain ada yang mengalami susah BAB, ada juga yang susah buang air kecil, begitu sebaliknya ada juga yang buang air kecil terus menerus


Adapun yang mengabarkan bahwa Ibu hamil biasanya mengalami gangguan pencernaan, salah satunya adalah susah buang air besar.

Baca Juga: Manfaat Daun Bawang Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Jika anda, Istri anda, Ibu anda atau saudara perempuan anda sedang hamil dan mengalami susah BAB, maka anda tidak perlu panik dan langsung membeli dan meminum obat-obatan yang justru akan membahayakan bagi Janin dan sang Ibu yang sedang hamil tersebut.

Cara Mengatasi Susah BAB Pada Ibu Hamil Dengan Alami

Solusi Yang Tepat Mengatasi Susah BAB

Penyebab Sulit BAB Pada Ibu Hamil

Apakah penyebab sembelit atau susah buang air besar pada ibu hamil? Penyebabnya adalah karena terjadi peningkatan hormon progesteron. Hormon inilah yang menyebabkan terjadinya relaksasi otot hingga berakibat kerja usus jadi tidak bagus.


Ketika usia kehamilan sudah tua, 6 sampai 9 bulan, sembelit atau susah buang air besar pada ibu hamil bisa saja sering terjadi.

Masalah ini diakibatkan rahim yang membesar, sehingga menekan daerah perut. Hal itu sudah umum atau biasa, dan sekali lagi anda tidak perlu panik. Itulah sikap kita dalam mengatasi susah BAB ketika sedang hamil.

Penyebab lainnya susah BAB pada ibu hamil yakni karena Kelebihan tablet zat besi. Kelebihan tablet zat besi ini juga akan menyebabkan warna feses (tinja) menjadi kehitam-hitaman. Lantas, bagaimanakah langkah yang tepat untuk mengatasi susah BAB pada Ibu hamil?.

Tips Mengatasi Ibu Hamil Susah BAB

Berikut adalah tips dan cara mengatasi Ibu hamil suah buang air besar, agar pencernaan menjadi lancar lagi, dan cara ini juga bisa juga untuk menjaga kesehatan janin dan sang Ibu.

  • Minumlah air putih yang cukup, yaitu 6-8 gelas sehari
  • Memperbanyak makanan berserat tinggi, bisa buah-buahan atau apa saja yang penting sehat dan halal
  • Olah raga ringan, jalan-jalan di depan rumah tanpa alas kaki bagus juga
  • Ada baiknya juga anda konsultasikan dengan dokter atau orang yang sudah berpengalaman

Demikianlah info seputar penyebab susah BAB bagi Ibu hamil dan cara mengatasinya, semoga bermanfaat dan semoga bayi yang di dalam kandungan dan Ibunya sehat dan selamat. [Wisnu Ramadhon – WartaSolo.com]