Bayi Berjerawat? Kenali Gejala, Penyebab, Dan Cara Mengatasinya. Jerawat tidak hanya muncul pada usia remaja sampai dewasa saja, namun jugs pada bayi yang baru lshir. Jerawat bayi atau baby acne adalah jerawat yang tumbuh pada kulit bayi yang baru lahir. Jerawat bayi biasanya tumbuh pada wajah bayi terutama di pipi, hidung dan dahi. Jerawat bayi bersifat normal dan sementara.

Jerawat bayi umumnya ditandai dengan benjolan merah kecil atau pustula pada pipi, hidung dan dahi bayi. Jerawat bayi sering muncul dalam dua atau empat minggu setelah kelahiran. Jerawat bayi akan semakin jelas terlihat ketika bayi Anda rewel atau menangis.


Tetapi ada juga yang muncul suatu benjolan putih kecil pada hidung, dagu atau pipi pada sebagian bayi. Benjolan ini dikenal sebagai milia, tidak terkait dengan jerawat, masih bersifat normal, dan akan hilang sendiri dalam beberapa minggu. Jerawat bayi biasanya akan hilang sendiri dalam waktu tiga sampai empat bulan tanpa pengobatan. Namun jika Anda merasa khawatir, silahkan konsultasikan ke dokter.

Penyebab
Sampai saat ini, penyebab munculnya jerawat pada bayi masih belum jelas. Para ahli sering mengaitkan penyebab kemunculan jerawat pada bayi dengan hormon yang bayi terima dari ibu saat akhir kehamilan. Namun hal ini juga masih belum jelas, dan para ahli masih terus meneliti faktor-faktor yang mempengaruhinya.
Jerawat bayi dapat didiagnosis hanya dengan penglihatan langsung. Tidak ada tes khusus untuk mendiagnosanya. Jadi bagi para ibu tidak usah khawatir apabila muncul jerawat pada bayi anda.

Pengobatan
Karena jerawat bayi akan hilang sendiri dalam waktu beberapa bulan, maka tidak ada pengobatan medis yang dianjurkan. Dalam beberapa kasus, mungkin saja ada jerawat bayi yang tak kunjung sembuh setelah berbulan-bulan, hal ini diyakini menjadi pertanda bahwa anak Anda akan mengalami masalah jerawat di saat remaja nanti. Jika memang begitu, ada baiknya untuk menemui dokter Anda.

Dokter akan merekomendasikan semacam krim atau perawatan lainnya untuk mengatasi jerawat pada bayi Anda. Jangan pernah memberikan obat (oral dan olesan) kepada bayi Anda sebelum Anda memeriksakannya ke dokter. Beberapa produk untuk menghaluskan wajah akan merusak kulit bayi yang sensitif.
Perawatan di rumah
Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah dan mempercepat hilangnya jerawat pada bayi. Yang harus Anda lakukan adalah:

  • Selalu menjaga kebersihan wajah bayi Anda. Cuci wajah bayi Anda dengan air hangat setiap hari. Untuk bayi yang berjerawat,gunakan pelembab ringan khusus bayi beberapa kali seminggu dan bilas dengan air hangat.
  • Keringkan wajah bayi Anda dengan lembut. Cukup dengan menepuk-nepuknya dengan lembut.
  • Jangan pernah mencubit atau menggosok jerawat bayi Anda karena akan menyebabkan iritasi atau infeksi.
  • Hindari penggunaan lotion atau minyak pada kulit wajah bayi Anda karena akan menutup pori-pori bayi.

Ulasan diatas merupakan sedikit informasi mengenai jerawat pada bayi. Bagi ibu-ibu yang mempunyai bayi berjerawat tidak usah khawatis karena hal terseut wajar seandainya takut akan hal tersebut bawa ke dokter jangan menggunakan krim atau tetes tanpa ada rekomendasi dari dokter karena kulit bayi lebih sensitive. [Yuni – WartaSolo.com]