Indonesian Offroad Federation (IOF) 2016: Jelajahi lembah Palu. Para pencinta otomotif yang tergabung dalam Tadulako Adventure Jip Palu dan Indonesian Offroad Federation (IOF) Palu, Sulawesi Tengah, dalam menjelajahi gunung-gunung dilembah Kota Palu selama dua hari dalam Tadulako Nomoni Adventure. Ini rangkaian akhir dari seluruh kegiatan Festival Pesona Palu Nomoni, kata Ketua Tadulako Nomoni Adventure Sudaryano Lamangkona disela-sela pelepasan peserta di Palu, Sabtu.

Kegiatan Adventure tersebut menjelajahi sejauh 60 kilometer dengan medan yang berat melintasi punggung-punggung gunung bagian timur Kota Palu. Dalam kesempatan ini sebanyak 70 mobil dari berbagai jenis yang sudah dimodivikasi untuk medan berat dilepas secara resmi oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (DIKPORA) Kota Palu Nursalam.



Bahkan Sudaryano mengatakan, Tadulako Nomoni Adventure tersebut dilaksanakan sebagai ajang kompetisi diantara para pecinta otomotif sekaligus melihat keindahan alam Kota Palu dari pegunungan dalam empat dimensi yaitu berupa teluk Palu, sungai Palu yang membelah dua kota, gunung dan laut sekaligus permukiman penduduk setempat. Selain penyaluran bakat dan minat ini juga sekaligus kompetisi dan uji kesolidan pencinta otomotif dalam membangun Kota Palu melalui dunia otomotif, katanya.

Untuk Kedepannya, kata Sudaryano kegiatan Adventur ini akan menjadi sebuah wisata tersendiri bagi para pencinta otomotif yang suka akan tantangan alam Kota Palu. Selain untuk melintasi gunung dengan kondisi jalan yang sangat buruk, peserta Adventure juga akan melintasi sungai diantaranya yaitu Sungai Lambagu dan sungai Pantoloan.

Ketua Tadulako Adventur Jip Palu Muharram Nurdin dan Ketua IOF Palu Moh Arif Lamakarate alias Ipong menyambut gembira kegiatan tersebut karena menyatukan dua organisasi otomotif di Palu. Keduanya berharap kegiatan Tadulako Nomoni Adventure akan dikembangkan dan diorganisir lebih baik dengan melibatkan peserta dari luar daerah juga.

Semoga acara seperti ini menjadi daya tarik untuk pecinta dunia otomotif dan juga bisa membuat daya pikat tersendiri untuk wisatawan lokal maupun internasional. Sehingga, menambah perbendaharaan ajang dunia otomotif dan sebuah destinasi baru bagi ranah wisata Indonesia. [Om_brew-WartaSolo.com]