Bahaya Obat Nyamuk Elektrik Bagi Pernapasan. Pada musim kemarau(musim pancaroba) atau awal musim hujan seperti saat ini, salah satu gangguan yang paling membuat anda frustasi dan membuat tidur tidak bisa nyenyak adalah gangguan insect kecil yaitu nyamuk. Ya, nyamuk memang saat ini banyak menginvasi rumah, yang aman membuat kita semua sebagai penghuni rumah menjadi sangat tidak nyaman.

Selain bunyi menyebalkan yang ditimbulkan oleh sayapnya, nyamuk juga seringkali menimbulkan gatal – gatal dan juga dapat menjadi media penularan penyakit berbahaya, seperti demam berdarah dan juga penyebab malaria tidak sampai disitu belakangan banyak tersebar penyakit filariasis dan cikunguya. Dengan beberapa bahaya tersebut, maka sudah pasti kita akan mencari berbagai macam cara untuk melenyapkan nyamuk agar tidak mengganggu kenyamanan serta membawa penyakit kita di dalam rumah terutama bagi orang yang ada didalamnya.


Salah satu cara yang paling ampuh untuk membunuh nyamuk adalah tentu saja dengan menggunakan obat nyamuk. Saat ini, obat nyamuk sudah memiliki banyak jenis dan juga macamnya, seperti obat nyamuk semprot, obat nyamuk yang dioles di tubuh, obat nyamuk bakar, dan juga obat nyamuk elektrik. Namun di era modern ini, sudah banyak produsen yang memasarkan obat nyamuk yang difungsikan secara elektronik, atau istilahnya adalah obat nyamuk elektrik.


Penggunaan obat nyamuk elektrik
Pada dasarnya, penggunaan obat nyamuk elektrik mirip dengan obat nyamuk bakar, hanya saja obat nyamuk elektrik ini bekerja membakar obatnya dengan cara dibantu dengan tenaga listrik. Praktis memang, kita tidak perlu membakar obat nyamuk, karena bisa saja terjadi kemungkinan kebakaran. Namun demikian, ternyata obat nyamuk elektrik sendiri memiliki bahaya yang tidak jauh berbeda dengan obat nyamuk pada umumnya.

Meskipun obat nyamuk elektrik tidak ada asapnya dan tidak menyebabkan gangguan pernapasan seperti obat nyamuk semprot ataupun obat nyamuk bakar, namun tetap saja berbahaya karena obat nyamuk elektrik mengandung racun, yang apabila terhisap masuk ke dalam tubuh manusia, dapat menyebabkan gangguan pernapasan yang akut, tidak separah Bahaya obat nyamuk bakar.

Namun demikian, apabila racun – racun ini lama digunakan dan juga masuk ke dalam tubuh, maka sudah pasti hal ini akan mempengaruhi kesehatan tubuh kita, karena tubuh akan bereaksi dengan racun. Hal ini akan menimbulkan banyak sekali gangguan kesehatan. Selain dapat menyebabkan gangguan kesehatan, penggunaan obat nyamuk elektrik berpotensi dapat mengurangi kandungan oksigen di dalam sebuah ruangan.

Jadi kesimpulannya, apapun jenis obat nyamuk yang digunakan untuk mengusir nyamuk tidak ada yang aman bagi kesehatan terutama bagi bayi dan ibu hamil. Kita bisa mengusir nyamuk dengan menjaga kebersihan rumah dan lingkungan. Atau bisa juga memasang jarring nyamuk diventilasi udara untuk meminimalisir nyamuk yang masuk kedalam rumah. Selain itu kita bisa menggunakan bahan-bahan tradisional untuk terhindar dari gigitan nyamuk misalnya daun serai, kulit jeruk atau bunga lavender. Ingat kesehatan jauh lebih berharga. [Yuni – WartaSolo.com]