Cara Menghilangkan Rasa Kantuk Secara Kilat. Mengantuk atau timbul rasa kantuk memang terjadi pada semua orang, karena pada hakikatnya mengantuk adalah hasrat alamiah masing-masing orang, termasuk saya dan sobat. Mungkin mengantuk atau timbul rasa kantuk adalah hal yang biasa, namun perlu sobat tahu bahwa ada juga orang yang punya kebiasaan alias hobi yang satu ini. Tapi rasa kantuk juga akan hadir apabila kita melihat orang lain menguap. Tanpa sadar kita juga kepingin menguap.
Jika mengantuk atau rasa kantuk timbul pada saat yang tepat hal tersebut bukan menjadi suatu masalah bagi kita, tinggal tarik selimut dan ambil bantal maka rasa kantuk terobati dengan tidur. Akan tetapi rasa kantuk yang timbul terlalu sering dan terjadi tidak pada tempatnya (baca waktunya) sering kali akan membuat kita sendiri dan orang sekitar kita merasa tidak nyaman, misalnya rasa kantuk berat yang datang ketika sobat sedang bekerja, jam sekolah,sedang menjaga bayi, sedang naik kendaraan, sedang memasak, dan kesibukan lainya yang membutuhkan konsentrasi tinggi.
Berikut hal yang bisa menyebabkan rasa kantuk diantaranya:
– Kelelahan aktifitas yang terlalu banyak
– Kondisi perut terlalu kenyang
– Kurang Tidur
– Watak dan Hobi
– Kurang asupan gizi dan dehidrasi
– Kurang darah dan penyakit sejenisnya
Nah setelah tahu penyebab rasa kantuk timbul seperti di atas, sekarang kita harus tahu apa saja cara-cara ampuh untuk mengusir rasa kantuk sehingga ketika rasa kantuk datang tidak pada waktunya kita bisa mengusirnya dengan cepat.
Berikut adalah tips dan cara-cara menghilangkan rasa kantuk dengan cepat versi agar anda terhindar dari tidur, jika mengantuk datang diwaktu yang tidak tepat, karena rasa kantuk sendiri bisa timbul secara tiba-tiba.
1. Jalan Mondar-Mandir
Jika pada suatu saat rasa kantuk berat tiba-tiba menyerang anda pada saat anda dalam keadaan yang genting misalnya bekerja atau kuliah, sobat bisa segera berdiri dan keluar sebentar untuk mencari tempat berjalan mondar-mandir dan mencoba melupakan hasrat atau rasa kantuk. Lakukan dengan irama jalan yang cepat dan berkonsentrasi agar fokus dan pikiran anda serta otot-otot mulai menegang dan rasa ngantuk perlahan hilang.
2. Cuci Muka dan Memasukan Sedikit Air ke Mata
Buru-buru ke toilet untuk sekedar cuci muka dan tidak lupa setiap basuhan air pada wajah anda usahakan mata tidak tertutup agar ada air yang masuk dan membasahi bagian mata. Dengan cuci mata yang sedikit mengenai bagian dalam mata, akan membuat saraf-saraf mata yang sudah kendor akan menegang kembali sehinga rasa kantuk perlahan hilang.
3. Makan Permen Kopi / Minum Kopi
Nah kalau cara ini sih memang sudah umum dan paling wajar dilakukan setiap orang ketika mengantuk atau untuk menghindari rasa kantuk datang tiba-tiba. Makan permen kopi atau minum kopi akan membuat mata susah mengantuk karena kandungan kafein dalam kopi menyebabkan mata susah tidur, namun sebagian orang cara ini sudah kebal dan tidak mempan dalam mengusir rasa kantuk.
4. Nyemil Makanan Pedas
Beberapa cara sudah anda coba namun rasa kantuk belum hilang, coba cara alternatif ini yaitu nyemil jajanan dengan rasa pedas. Coba beberapa snak atau jajanan pedasa yang sobat suka, kalau bisa sih pedes banget dengan merasa pedas maka saraf-saraf yang sudah lemas dan mengakibatkan mengantuk tadi akan menegang dan perlahan rasa kantuk hilang.
5. Minum Air Putih yang Banyak
Jika anda kurang suka minum, mungkin ini salah satu penyebab sobat sering mengantuk. Minumlah air putih sebanyak yang anda mampu, dengan minum air putih maka suplai oksigen dalam tubuh anda akan bertambah lancar yang juga dapat mengurangi rasa kantuk sobat dalam sekejap.
6. Main Game atau Nonton Video Lucu
Bagi sobat yang hobi main game, jika memungkinkan anda bisa mencoba bermain game kesukaan karena bermain game akan menimbulkan rasa kegembiraan yang dapat melupakan hasrat atau rasa ngantuk, selain itu juga bisa mencoba alternatif lain dengan menonton atau membaca hal-hal yang lucu, konsentrasi dan efek tertawa karena menonton hal-hal lucu akan membuyarkan hasrat mengantuk.
Ulasan diatas merupakan tips menghilangkan kantuk secara kilat tapi kalau kantuk belum hilang juga ya direkomendasikan untuk istirahat sejenak. Semoga ulasan diatas bermanfaat bagi pembaca semua. [Yuni – WartaSolo.com]