Meletusnya Anak Gunung Rinjani, Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 2 Km. Nama Gunung Barujari, anak Gunung Rinjani, yang terletak di Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat kembali meletus. Dengan abu vulkanik yang disemburkan mencapai 2.000 meter atau 2 kilometer. Gunung Barujari itu telah meletus pada hari selasa 27 september 2016 pada pukul 14.45 Wita atau 13.45 Wib, informasi demikian ini telah dikabarkan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB bapak Sutopo Purwo Nugroho dalam rilisnya yang diterima hari ini.

Aktivitas vulkanik Gunung Barujari anak Gunung Rinjani, yang terletak di Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat itu cukup meningkat dengan hasil amplitudo sebesar 52 milimeter dan telah meletus dengan melontarkan abu vulkanik setinggi 2.000 meter dari puncak Gunung Barujari. Abu vulkanik yang di lontarkan dalam letusannya condong ke arah Barat Daya.



Masyarakat semunya dihimbau untuk selalu waspada. Diperkirakan abu vulkanik letusan anak gunung Rinjani itu akan mencapai Kota Mataram dan sangat berpotensi dan berpengaruh terhadap aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Lombok, tuturnya lagi.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah memerintahkan BPBD Provinsi NTB, BPBD Kabupaten Lombok Tengah, BPBD Kabupaten Lombok Timur, dan BPBD Kabupaten Lombok Utara untuk selalu mengantisipasi kondisi terburuk yang akan terjadi akibat letusan anak gunung Rinjani tersebut. Informasi yang dapt di terima hari ini bahwa, stok masker di BPBD Provinsi NTB masih 55.000 lembar dan di Dinas Kesehatan ada 250.000 lembar masker yang siap untuk mengantisipasi letusan anak gunung Rinjani terdebut. [Om_brew-WartaSolo.com]