Khasiat Ekstra Kulit Manggis Untuk Anti Kanker. Saat ini siapa yang tidak mengenal ekstrak kulit manggis? Hampir semua orang tahu karena begitu fenomenalnya iklan ekstrak kulit manggis yang bermunculan di layar kaca dan media massa lainnya.

Manggis dengan nama Latin Garcinia Mangostana L memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan dan juga kecantikan. Khasiat ekstrak kulit manggis yang paling dikenal adalah memiliki kandungan anti inflamasi dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Pohon manggis dapat tumbuh didaerah tropis dengan suhu yang hangat dan stabil untuk jangka waktu yang lama. Manggis berasal dari Asia dan dapat dijumpai di Indonesia.



Buah manggis Selain memiliki daging buah yang enak, ternyata kulit dari buah manggis memiliki khasiat yang tidak kalah dengan dagingnya. Kulit manggis mengandung banyak vitamin dan antioksidan yang sangat tinggi. Rasanya yang pahit dan berwarna merah, kulit manggis memiliki banyak sekali khasiat yang baik untuk tubuh manusia. Namun sekarang kulit buah manggis sudah banyak diolah sebagai minuman jus maupun pil ekstrak.

Kandungan zat xanthone, tannin, beta mangosteen, dan beberapa zat lainnya diketahui dapat menjadi obat yang alami. Zat-zat senyawa yang ada di dalam kulit manggis dapat menjaga dan membentuk system kekebalan tubuh, anti kanker, anti bakteri, dan sebagainya. Tetapi khasiat ekstrak kulit manggis ini masih banyak yang tidak mengetahuinya. Berikut ini khasiat ekstrak kulit manggis yang bisa anda dapatkan :

  1. Kandungan xanthone dapat mampu menghambat pertumbuhan sel kanker, dan mampu melindungi sel dari serangan radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai gangguan penyakit.
  2. Kandungan tannin memiliki aktifitas antioksidan. Dalam hal ini, khasiat ekstrak kulit manggis adalah mampu menghambat enzim seperti DNA topoisomerase, anti hemoroid, hemostatic, dan juga dapat menghambat pertumbuhan tumor. Selain itu, tannin mampu membentuk kompleks kuat dengan protein. Sehingga dapat menghambat peyerapan protein dalam pencernaan dengan kata lain dapat disebut anti-nutrisi.
  3. Kandungan antosianin Sebagai anti-oksidan yang baik, dan berperan penting dalam mencegah beberapa penyakit seperti diabetes, neuronal, dan penyakit kardiovaskuler.
  4. Kandungan anti-inflamasi atau peradangan. Pada penelitian membuktikan bahwa khasiat ekstrak kulit manggis adalah sebagai anti-inflamasi dengan menggunakan mangostin dari etanol sebanyak 40%, ekstrak ini memiliki aktifitas sebagai penghambatan pada pelepasan sintesis prostaglandin E2 dan nistamin sebagai perantara dari inflamasi. Sehingga kandungan ektrak etanol di dalam kulit manggis dapat meredam serangan radikal bebas dengan kuat.
  5. Anti Kanker. Kandungan xanthone dalam kulit manggis mampu berperan sebagai senyawa anti-kanker, sifat antiproliferasi pada kulit manggis dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan mampu menghancurkan sel kanker.
  6. Anti mikroba terhadap bakteri, misalnya bakteri Staphylococcus Aureus.
  7. Penurun kadar gula darah, meringankan penyakit kulit, membantu meringankan penyakit wasir, mencegah penyakit jantung, memperkuat pembuluh darah, dan masih banyak khasiat lainnya yang baik untuk tubuh. [Yuni – WartaSolo.com]