Manfaat Konsumsi Coklat Bagi Ibu Hamil Dan Janin. Adakalanya seorang wanita hamil mengidam untuk minum segelas cokelat panas di pagi hari. Hal ini tentu tidak menjadi masalah, karena sejatinya konsumsi cokelat selama kehamilan tidak berisiko menimbulkan efek negatif, bahkan justru cenderung bermanfaat, asalkan konsumsinya masih dalam porsi yang tepat.

Cokelat dapat dikonsumsi dalam bentuk cair sebagai coklat panas, kepingan, atau dalam bentuk choco. Semuanya aman dimakan selama kehamilan dan bermanfaat untuk meningkatkan neurotransmitter di otak sehingga mencegah mood buruk (bad mood) yang sering menghinggapi para ibu hamil muda. Selain memberi manfaat tersebut coklat juga memiliki manfaat lain bagi ibu hamil dan bagi janin diantaranya adalah


  1. Mencegah Preklamsia

Preklamsia adalah sebuah gangguan kehamilan yang menyebabkan ibu hamil memiliki tekanan darah tinggi sepanjang kehamilan dan beresiko untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Kondisi ini dapat menyebabkan kelahiran prematur, gangguan fungsi hati dan ginjal, dan membahayakan nyawa ibu hamil.

Manfaat Konsumsi Coklat Bagi Ibu Hamil Dan Janin

Manfaat coklat untuk ibu hamil ini ternyata bisa mencegah semua resiko preklamsia karena kandungan theobromin yang membuat ibu hamil menjadi lebih tenang, santai dan janin tidak stres.

  1. Menormalkan Tekanan darah

Sistem tekanan darah dan produksi darah untuk wanita hamil memang sangat penting. Tapi dalam beberapa jenis kondisi kehamilan banyak ditemukan kasus dengan ibu hamil yang mengalami tekanan darah tinggi. Coklat menjadi salah satu makanan yang bisa membuat tekanan darah ibu hamil kembali normal dan mengurangi resiko cacat pada janin.

Komponen theobromin yang ditemukan pada coklat memiliki peran yang penting untuk mencegah masalah ini. Makanan sehat untuk ibu hamil ini, juga mencegah masalah pelebaran pembuluh darah yang sangat rentan untuk ibu hamil.

  1. Memberikan Efek Bayi Lebih Bahagia

Berbagai tekanan selama kehamilan akan membuat ibu hamil menjadi tidak nyaman. Berbagai jenis masalah yang berhubungan dengan gangguan kehamilan, bisa membuat ibu hamil rawan terhadap stres. Hal inilah yang membuat ibu hamil tidak bahagia dan membuat janin juga mengalami perasaan yang sama.

Mengkonsumsi coklat beberapa gram selama satu hari ternyata terbukti menurunkan resiko stres pada janin dan ibu hamil. Kondisi ini pernah diteliti oleh tim riset dari majalah kesehatan ibu hamil di Finlandia.


  1. Meningkatkan Respon Bayi

Coklat yang dikonsumsi selama kehamilan ternyata memberikan efek yang sangat baik terhadap respon bayi ketika sudah lahir maupun dalam pertumbuhan. Bayi akan menjadi lebih santai dan tenang sehingga memiliki respon yang sangat baik terhadap orang tua dan berbagai kondisi lingkungan. Hal ini disebabkan karena coklat mengandung phenythylamin yang dikonsumsi selama kehamilan juga menjadi nutrisi ibu hamil yang diserap oleh janin.

  1. Sebagai Sumber Antioksidan

Dalam sebuah kehamilan dibutuhkan antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan dapat membentuk sistem kekebalan dan kesehatan ibu hamil. Bahkan antioksidan dapat menyebabkan ibu hamil dan janin terbebas dari resiko kanker dan penyakit jantung. Manfaat coklat untuk ibu hamil mengandung flavonoid yang membuat ibu hamil menjadi lebih sehat dan bahagia.

  1. Meningkatkan Sistem Metabolisme

Banyak wanita hamil yang tidak mau makan coklat karena takut gemuk atau makanan berbahaya yang menimbulkan masalah lain, namun ternyata mitos ini tidak benar. Coklat mengandung berbagai nutrisi yang sangat penting seperti magnesium dan zat besi. Magnesium dan zat besi dibutuhkan oleh ibu hamil untuk membantu proses metabolisme lemak, produksi sel darah merah dan melindungi ibu hamil dari anemia.

  1. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Coklat mengandung zat antioksidan yang sangat tinggi. Zat antioksidan juga berperan penting untuk menjaga kesehatan dan melindungi jantung dari berbagai jenis penyakit. Konsumsi coklat untuk ibu hamil akan menurunkan resiko penyakit jantung pada janin. Jadi coklat sangat baik untuk menjaga kesehatan janin.

  1. Menurunkan Berat Badan

Apakah Anda percaya bahwa coklat bisa membuat tubuh ibu hamil menjadi lebih gemuk? Pada dasarnya isu ini memang benar. Tapi jika mengkonsumsi coklat yang tidak mengandung lemak dan gula atau coklat hitam yang rendah lemak dan gula, maka bisa menurunkan berat badan. Makan coklat dengan cara yang benar akan membantu menurunkan berat badan karena pencernaan ibu hamil menjadi lebih nyaman. (Baca juga : bahaya obesitas bagi ibu hamil)

  1. Mempengaruhi Suasana Hati Ibu Hamil

Banyak orang yang mengatakan bahwa ibu hamil selalu memiliki suasana hati yang berubah-rubah dengan cepat. Hal ini memang nyata dan selalu dialami oleh ibu hamil. Perubahan hormon dan berbagai macam rasa lelah pada ibu hamil menjadi penyebab perubahan suasana hati. Manfaat coklat untuk ibu hamil, dapat mengatasi masalah ini dan membuat ibu hamil terus merasa bahagia maka bisa mengkonsumsi coklat saat sedang hamil.

Coklat memberikan efek yang sangat menenangkan sehingga membuat ibu hamil merasa nyaman. Hal ini akan mencegah aktivitas berbahaya untuk ibu hamil seperti stress. Selain itu coklat juga baik untuk janin karena bisa membuat janin bahagia. Bagi yang sedang hamil jangan pernah ragu untuk mengkonsumsi coklat asalkan mengkonsumsinya dalam jumlah normal. Semoga ulasan diatas bermanfaat. [Yuni – WartaSolo.com]