Pantangan Makanan Bagi Penderita Rematik. Rematik adalah penyakit yang menyerang pada anggota sisi sendi, otot, tulang dan jaringan sekitar sendi. Penyakit ini banyak dialami oleh seseorang yang sudah dalam usia lanjut dimana sendi telah mengalami penurunan fungsi. Keluhan penyakit rematik diantaranya sering merasa nyeri, ngilu, kaku, bengkak dan susah menggerakkan anggota tubuh tersebut. Rasa sakit yang ditimbulkan penyakit rematik seperti sama halnya dengan ketika keseleo, namun bedanya pada rematik juga disertai masalah peradangan yang terjadi pada persendian dan bagian kulit menjadi terlihat memerah yang diakibatkan munculnya peradangan.

Meskipun rematik lebih banyak menyerang orang tua, tapi sebagai orang muda juga harus waspada karena tidak menutup kemungkinan rematik juga bisa menyerang orang muda. Salah satu faktor munculnya rematik ketika masih usia muda adalah karena faktor gaya hidup tidak sehat, seperti contohnya mandi di malam hari biasanya hal kondisi ini dilakukan oleh orang-orang yang sibuk terutama kehidupan dan gaya hidup di kota.


Rematik memiliki banyak jenis yang harus Anda ketahui diantaranya Osteoartritis, Polimialgia Reumatik, Artritis Rematoid, dan Artritis Gout. Pada intinya semua jenis penyakit rematik tersebut adalah penyakit yang menyerang khusunya daerah persendian dengan bagian dan porsi tertentu. Nah itulah sedikit penjelasan mengenai penyakit rematik, terkait dengan penyakit rematik juga terdapat beberapa jenis makanan yang harus dijauhi atau tidak dikonsumsi oleh orang yang menderita penyakit rematik. Untuk lebih jelasnya Anda bisa memperhatikan penjelasan berikut ini!

Pantangan Makanan Bagi Penderita Rematik

Pantangan Makan Bagi Penderita Rematik

  • Tomat

Jenis sayuran yang satu ini merupakan jenis makanan yang menjadi pantangan dimakan bagi penderita penyakit rematik. Hal itu dikarenakan tomat banyak mengandung purin yang dapat memicu munculnya penyakit rematik atau justru semakin memperparah kondisi penyakit rematik tersebut. Maka dari itu bagi Anda yang menderi rematik usahakan jangan banyak mengonsumsi tomat.

  • Daging Merah

Jenis makanan selanjutnya adalah daging merah, jika Anda sedang memiliki masalah dengan rematik jangan mengonsumsi daging merah secara berlebihan. Karena daging merah memiliki banyak kandungan fosfor yang dapat memperbanyak kandungan fosfor dalam tubuh Anda. Jika kondisi fosfor dalam tubuh semakin banyak maka akan menyebabkan hilangnya kalsium dari dalam tulang atau keroposan tulang Anda dan menyebabkan peradangan pada persendian yang dikenal dengan rematik.

  • Kafein

Bagi Anda yang memiliki kebiasaan minum kopi ketika pagi hari, khususnya bagi Anda yang telah memiliki riwayat rematik usahakan kebiasaan tersebut dihindari. Karena dalam kopi memiliki kandungan kafein yang sangat tinggi, dimana kafein tersebut dapat menguras segala nutrisi penting dari dalam tubuh yang dapat menyebabkan Anda sangat rentan terkena penyakit salah satunya adalah rematik.

Ulasan diatas merupakan gejala dari rematik dan makanan yang bisa memicu timbulnya rematik. Bagi anda yang sudah terkena rematik untuk bisa meminimalisir makanan diatas bagi yang belum kena agar berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan dan terapkan pola hidup sehat. Semoga ulasan diatas bermanfaat. [Yuni – WartaSolo.com]