Cacar Air Pada Anak Dan Balita Serta Pengobatannya. Bila mendengar penyakit cacar air, setiap orang kontan merasa ngeri dan takut. Terbayang wajah bopeng dengan banyak kulit melepuh kehitaman. Namun sebenarnya bila tanda disertai komplikasi penyakit virus ini ringan dan dapat hilang tanpa bekas. Justru bila sudah terkena penyakit ini maka akan dapat kebal atau tidak terkena lagi seumur hidup karena sebagai imunisasi alamiah.

Cacar air atau Varicella simplex atau Varicella atau Chickenpox adalah suatu penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus varicella-zoster (VZV).  Penyakit ini disebarkan secara aerogen. Cacar Air yang dikenal orang Jawa sebagai “cangkrangen”, adalah salah satu penyakit yang umum ditemui pada anak-anak. 90% kasus cacar air terjadi pada anak di bawah sepuluh tahun, dengan kejadian tertinggi pada usia 2-6 tahun.


Tanda awal dari penyakit ini adalah panas dan tubuh menjadi lemas. Banyak orang yang mengira jika penyakit tersebut adalah demam biasa hingga adanya bintik-bintik yang muncul. Jika bintik-bintik berisi air sudah muncul dapat dipastikan penyakit tersebut adalah cacar air. Anda harus waspada jika terkena penyakit ini.

Cacar Air Pada Anak Dan Balita Serta Pengobatannya

Penyakit cacar air adalah penyakit yang menular. Umumnya, penyakit cacar air pada anak disebabkan tertular oleh anak yang lain. Anak-anak memang sangat rentan terkena cacar air karena anak-anak memiliki kekebalan tubuh yang belum sempurna.

Dengan demikian, jika anak Anda terserang cacar air pastikan anak tersebut mendapatkan makanan yang sehat karena dengan mengkonsumsi makanan yang sehat tubuh akan memiliki kekebalan tubuh yang baik. Anak-anak yang terkena penyakit ini akan merasakan panas dan tidak nyaman. Tidak salah jika anak-anak akan menangis jika rasa panas yang dirasakan sudah dalam tingkat yang akut.

Penyakit Cacar Air Pada Balita


Selain dapat menyerang anak-anak usia sekolah penyakit ini juga bisa menyerang balita. Penyakit cacar air pada balita dapat dicegah dengan cara imunisasi. Sekarang ini balita dapat mendapatkan imunisasi cacar dengan mudah karena semua Puskesmas sudah memiliki vaksin cacar.

Jika balita terserang cacar air akan membuat balita tersebut menjadi tidak nyaman dan sering menangis. Anda harus mewaspadai adanya iritasi pada tubuh karena luka yang diakibatkan oleh cacar.

Penyakit Cacar Air dan Pengobatannya

Anda harus mengerti pengetahuan penyakit cacar air dan pengobatannya karena dengan mengerti penyakit ini maka Anda bisa memutuskan langkah apa yang harus dilakukan jika Anda terkena cacar air.

Sekarang ini banyak sekali pengobatan cacar air yang dapat Anda lakukan. Pengobatan yang paling banyak dilakukan adalah pengobatan medis. Pengobatan medis memang sangat ampuh karena virus yang penyebab cacar bisa mudah dibunuh menggunakan obat-obatan dari dokter.

Jika seseorang terkena cacar air akan lebih baik jika banyak mengkonsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin c. Buah dan sayur memang sangat baik untuk pemulihan kekebalan tubuh.

Apabila Anda tidak suka mengkonsumsi buah dan sayur secara langsung, maka Anda dapat membuatnya menjadi jus yang segar. Jenis buah yang paling baik untuk penyakit cacar adalah buah jambu dan tomat sedangkan untuk sayur pilihlah sayur yang berwarna hijau.

Pencegahan untuk cacar air bisa dilakukan dengan pemberian imuniasi. Mengingat kejadian cacar air di Indonesia terbanyak terjadi pada anak yang telah bergaul dengan anak seumurnya (awal sekolah) dan penularan terbanyak terjadi pada saat usia sekolah, maka imunisasi aktif dianjurkan diberikan mulai usia masuk sekolah, yaitu 5 tahun. Atas pertimbangan tertentu, imunisasi ini dapat diberikan setelah usia ≥ 1 tahun. Pada keadaan terjadi kontak dengan pasien cacar air, pencegahan vaksin dapat diberikan dalam waktu 72 jam setelah penularan.

Imunisasi tersedia bagi anak-anak yang berusia lebih dari 12 bulan. Imunisasi ini dianjurkan bagi orang di atas usia 12 tahun yang tidak mempunyai kekebalan.Penyakit ini erat kaitannya dengan kekebalan tubuh

Hampir semua orang pernah mengidap penyakit ini karena dalam tubuh manusia memang sudah terdapat bibit virus cacar. Jika tubuh seseorang dalam keadaan yang tidak sehat akan membuat bibit tersebut mudah menyebar. Semoga uraian mengenai cacar air diatas bisa memberikan informasi kepada pembaca mengenai penularan dan penanganan yang tepat. [Yuni – WartaSolo.com]