Festival Payung Indonesia kembali digelar tanggal 23-25 September 2016 di Kota Solo. Acara Festival Payung Indonesia (FPI) akan digelar di Taman Balekambang, Kota Solo. Acara festival payung ini yang ketiga telah diselenggarakan. Selalu bertepatan dibulan September seperti tahun yang lalu, kata Kepala Bidang Promosi dan Kerjasama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo, Budi Sartono. Menurut Budi Sartono, dalam penyelenggaraan Festival Payung tahun ini terdapat beberapa acara seperti workshop pembuatan payung, galeri jenis-jenis payung, dan acara-acara kesenian dari peserta dalam maupun luar negeri. Budi menambahkan, acara-acara tersebut bisa diikuti oleh wisatawan yang sedang berada di Kota Solo.

Festival Payung Indonesia ini menjadi salah satu daya tarik untuk wisatawan local maupun interlokal yang ada di Kota Solo. Kalau mau melihat budaya payung ya nanti bisa di Kota Solo, jelas Budi. Ia mengatakan bahwa, wisatawan bisa teredukasi dengan penyelenggaraan Festival Payung Indonesia ini. Budi beralasan, bahwa payung dalam perkembangannya selalu menyimpan sebuah cerita. Kita menyadari ada budaya dibalik payung di Indonesia maupun di luar negeri tapi selama ini tidak terlalu di-ekspose ke khalayak rame, tambahnya.
Perlu di ketahui bahwa Acara Festival Payung Indonesia setiap hari mulai tanggal 23-25 September 2016 dimulai pukul 09.00 sampai 21.00 Wib. Wisatawan tidak dikenakan biaya untuk menikmati Festival Payung Indonesia ini.


festival payung indonesia

Sebelumnya, Festival Payung Indonesia II tahun 2015 mengambil tema ‘Payung Lahir Kembali dalam Kebaruan Artistik Visual’. Pertunjukan Festival Payung Indonesia tahun lalu diadakan di tempat yang sama yaitu di Taman Balekambang, Kota Solo, selama 3 hari, Jumat-Minggu 11-13 september 2015. Festival payung Indonesia tahun lalu, dimana festival ini diikuti 13 kota yang memiliki perajin-perajin payung tradisional di indonesia.

Beberapa kota itu di antaranya yaitu Baubau /Sulawesi Tenggara, Palu/Sulawesi Tengah, Kuantan Singingi/Riau, Padang panjang /Sumatera Barat, Bengkulu, Jakarta, Bandung dan Tasikmalaya /Jawa Barat, Yogyakarta, serta kota Solo, Pekalongan, Klaten /Jawa Tengah. Festival Payung Indonesia ini juga diikuti delegasi dari luar negeri yaitu Thailand, Tiongkok, dan Jepang. [Om_brew-WartaSolo.com]