Kerupuk Kulit Pisang Yang Menyimpan Sejuta Manfaat. Buah pisang merupakan salah satu buah yang lazim dikonsumsi masyarakat karena harganya yang ekonomis, buah pisang bisa dimakan secara langsung maupun dijadikan bahan olahan untuk penganan lainnya. Seperti kripik pisang, pisang owel atau yang lainnya. Hanya, pemanfaatan pisang untuk konsumsi masih sebatas pada daging buahnya, sedangkan bagian kulitnya sering dicampakkan begitu saja.

Namun, hal itu tidak berlaku bagi tim mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang, yang mana kulit pisang yang biasanya tidak masuk dalam daftar menu konsumsi diolah menjadi kerupuk bernilai gizi tinggi. Seperti pada bagian daging buahnya, kulit pisang juga memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. bagaimana dengan kandungan gizi yang ada dalam kulit pisang?apakah sama dengan daging buahnya? Lalu apa manfaat mengkonsumsi kerupuk kulit pisang bagi tubuh?



Kandungan yang terdapat pada kulit pisang di antaranya karbohidrat, air, vitamin C, kalium, antioksidan, kalsium, vitamin B, lemak, protein, vitamin B kompleks, vitamin B6, minyak nabati, serat, serotin, dan segudang manfaat lainnya. “Kulit pisang juga memiliki manfaat untuk meredakan rasa nyeri, rasa gatal, mampu membantu mempercepat penyembuhan luka, menjadi obat penghilang sakit kepala, serta bisa untuk mengatasi masalah jerawat pada kulit.

Kerupuk Kulit Pisang Yang Menyimpan Sejuta Manfaat

Dari sekian jenis pisang, kulit pisang yang paling bagus untuk dijadikan kerupuk adalah jenis pisang kepok. Cara pembuatannya pun cukup mudah. Pertama-tama siapkan bahan kulit pisang yang akan diolah. Sebelum diolah, kulit pisang harus direndam terlebih dahulu dengan air kapur sirih untuk menghilangkan noda hitam dan getah yang terkandung di dalamnya.

Setelah direndam selama kurang lebih lima menit, selanjutnya kulit pisang tersebut dihaluskan dengan menggunakan blender dengan ditambahi sedikit bagian buah pisang. “Ketika sudah menjadi halus, baru kemudian ditambahkan tepung tapioka dan bumbu. Usai tercampur rata dan menjadi adonan lantas dikukus hingga matang. Baru setelah matang itu lalu diiris tipis-tipis dan dijemur hingga benar-benar kering. Setelah kering, baru bisa digoreng dan menjadi kerupuk untuk dikonsumsi.

Ketika mencoba rasa dari kerupuk kulit pisang ternyata banyak masyarakat yang menyukainya. Kerupuk kulit pisang yang pernah diikutkan dalam pameran dan banyak disukai oleh pengunjung ketika sudah mencobanya. Mungkin dari rasa penasaran bagaimana rasanya menjadi ketagihan akan rasanya.

Demikian ulasan mengenai kerupuk kuli pisang yang menyehatkan, yang selama ini kita tahu kalau kulit pisang tidak bisa dikonsumsi lagi mungkin hanya sebagai makanan hewan ternak ternyata dibalik semuanya menyimpan manfaat yang sangat bagus bagi tubuh kita dan disamping itu rasa dari kerupuk kulit pisang juga gag kalah sama kerupuk yang lainnya. Selamat mencoba. [Yuni – WartaSolo.com]