Hati-hati Postur Tubuh Ternyata Mempengaruhi Kesehatan. Tanpa disadari, sejumlah kebiasaan kita sehari-hari membuat leher, bahu, punggung dan pinggang kita sakit.hal tersebut bisa jadi karena postur tubuh/ posisi tubuh kita yang keliru saat melakukan sesuatu sehingga mengakibatkan saraf terkilir. Yang dimaksud dengan postur tubuh di sini adalah cara berjalan, duduk, menyetir, mengangkat sesuatu, atau mengerjakan aktivitas lain sehari-hari. Setidaknya 80% energi tubuh hanya digunakan untuk menjaga postur, seperti yang diungkapkan oleh Kamal Merai, dokter chiropractic dari Selandia Baru, yang bertugas di Indonesia. tanpa kita sadari ternyata postur tubuh ternyata mempengaruhi kesehatan

Mengatur postur tubuh sendiri berarti mengatur jaringan saraf kompleks, yang ada di dalam tulang sendi, yang kemudian berkoordinasi dengan otak untuk menentukan aktivitas mana yang akan dilakukan. Setelah otak menerima pesan, otak akan menentukan keputusan dari berbagai kemungkinan, agar tubuh kita tetap seimbang dan postur tubuh terkontrol.


Namun, bagaimana bila sistem yang sempurna itu terganggu? Bagaimana bila sendi-sendi yang ada tiba-tiba berhenti dan tidak dapat bekerja dengan baik?. Dalam chiropractic (metode perawatan kesehatan alami berdasar hubungan antara tulang belakang, sistem saraf dan fungsi tubuh yang optimal tanpa menggunakan obat dan operasi), sendi tulang yang tidak bergerak normal karena adanya berbagai penyebab, disebut subluksasi. Karena itu, tubuh bereaksi dengan mengubah bentuk tubuh, untuk mengimbangi sendi tulang yang tidak bergerak. Dan bentuk tubuh yang tidak beraturan itulah yang menyebabkan postur tubuh memburuk.

Postur Tubuh Ternyata Mempengaruhi Kesehatan

Lama kelamaan, postur tubuh menurunkan fungsi tulang, dan menyebabkan kelainan tulang belakang. “Postur tubuh Anda tidak bermasalah, tulang belakang Anda lah yang bermasalah. Postur adalah jendela dari tulang belakang Anda. Postur merupakan hasil akhir dari masalah tulang belakang Anda,” ujar Kamal.

berikut adalah beberapa di antaranya.

  1. Membungkuk. Duduk berjam-jam, yang merupakan makanan sehari-hari kita yang bergelut di dunia kerja, dengan posisi tubuh membungkuk bisa menjadi penyebab utama timbulnya masalah pada tubuh kita. Saat tubuh dalam posisi membungkuk, tulang belakang akan membentuk huruf C pada bagian atasnya. Padahal seharusnya tulang belakang itu lurus dan tidak melengkung. Gangguan kesehatan yang biasa kamu rasakan adalah rasa nyeri pada punggung, bahu dan juga leher. Untuk memperbaiki postur tubuh yang membungkuk salah satu yang sangat disarankan oleh para ahli dan beberapa info kesehatan adalah dengan melakukan Yoga.
  2. Bahu Membulat. Postur tubuh yang kurang baik saat mengetik yang melibatkan otot dada berlebih adalah penyebab bahu membulat ini. Gejala yang akan dirasakan sebagian besar sama dengan postur tubuh yang membungkuk. Untuk mengatasinya, tempatkan lengan ke dinding yang ada di sisi pintu dengan siku yang ditekuk 90 derajat. Langkahkan kaki ke pintu sehingga kamu akan merasakan peregangan pada bagian dada dan juga bagian depan bahu. Tahan pada posisi tersebut kurang lebih 30 detik. Agar hasilnya maksimal, ulangi 2-3 kali, 4 kali dalam sehari.
  3. Pronasi kaki. Mereka yang menderita pronasi kaki biasanya kaki terlihat melengkung dan menyebabkan pergelangan kaki terlihat menekuk sidikit ke sisi dalam atau keluar, tergantung kebiasaan. Obesitas dan kehamilan merupakan penyebab utamanya. Gejala pronasi kaki adalah rasa nyeri pada pinggang, lutu, dan pinggul. Jangan sepelakan rasa nyeri tersebut karena pronasi juga bisa mengakibatkan terjadinya nyeri pada jari kaki, dan pertumbuhan tulang tambahan pada tumit.
  4. Panggul Miring ke Depan (Anterior Pelvic Tilt). Postur tubuh ini sangat menggangu karena bisa menyebabkan bagian perut tampak menonjol keluar padahal mungkin saja perut tidak berlemak. Apa penyebabnya? Duduk terlalu lama tanpa peregangan yang bisa mengencangkan pinggul fleksor. Karena penyebabnya duduk terlalu lama, cara pencegahannya sudah pasti adalah saat bekerja jangan duduk terlalu lama. Sesekali berjalan-jalan atau peregangan agar kesehatan tubuh tetap terjaga sangat disarankan dan sebaiknya kamu lakukan dengan rutin.

Selain dikarenakan beberapa hal yang telah diulas diatas kebiasaan lain yang mempengaruhi postur tubuh adalah tidur tanpa disadari saat tidur dengan posisi meringkuk hal tersebut kurang bagus karena sirkulasi darah menjadi tidak lancar dan akan berakibat pada tulang belakang kita yang akan terasa nyeri. Demikian ulasan mengenai postur tubuh yang ternyata mempengaruhi kesehatan. Semoga bermanfaat. [Yuni – WartaSolo.com]