Manfaat Telur Bagi Bumil dan Menyusui, Penting Bagi Perkembangan Sistem Syaraf Dan Otak Janin.Telur, selain harganya terjangkau, mudah dapat, mudah diolah, cepat disajikan, padat gizi, juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Jika kita membahas manfaat telur rasanya tak habis-habisnya mengandung banyak manfaat.

Manfaat bagi janin, bayi, anak-anak, dewasa orang tua banyak sekali yang akan kita dapatkan dengan konsumsi telur. Dalam hal ini kita akan membahas manfaat khusus telur bagi ibu hamil dan menyusui.


Banyak ahli merekomendasikan telur bagi ibu hamil. Selain kaya akan protein, lemak sehat, dan mineral, telur terutama mengandung kolin yang tinggi. Kolin telah diakui memiliki manfaat penting bagi perkembangan sistem awal syaraf dan otak janin.

 

  • Manfaat Telur Bagi Bumil dan Menyusui, Penting Bagi Perkembangan Sistem Syaraf Dan Otak Janin

 

Tak hanya karena kolin yang penting bagi janin, telur juga menyediakan nutrisi yang bagus bagi kesehatan ibu hamil itu sendiri. Berikut beberapa manfaat penting telur bagi ibu hamil dan menyusui :


  • Mencegah cacat tabung syaraf pada bayi. Dalam beberapa studi, wanita yang memiliki tingkat kolin sebesar 72 % atau lebih kecil memiliki kemungkinan melahirkan bayi dengan cacat tabung saraf lebih besar. Hal ini seperti kondisi spina tulang belakang dan anencephaly atau tidak terdapatnya semua atau sebagian dari otak pada saat lahir. Karena cacat neurologis ini bisa terjadi pada awal perkembangan janin, seorang ibu yang sedang hamil atau ingin hamil harus memulai makan telur.
  • Bayi yang dilahirkan lebih cerdas. Dalam penelitian Tikus dan hewan lainnya di laboratorium yang diet induknya diberikan tambahan kolin selama hamil memiliki anak yang dinilai memiliki fungsi kognitif yang lebih tinggi setelah suplementasi kolin dihentikan. Jika Anda ingin memiliki bayi yang pintar, makanlah telur ! Memberikan protein berkualitas tinggi Telur tidak hanya kaya akan kolin, tetapi juga merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang mudah dicerna.
  • Sumber beberapa vitamin dan lutein, yang juga sangat penting terutama bagi kesehatan ibu dan pertumbuhan janin. Jika Anda ingin mendapatkan manfaat lebih dari telur, konsumsilah telur ayam kampung karena mengandung lebih tinggi luein dan nutrisi lainnya .
  • Mencegah kecemasan dan depresi bagi ibu hamil Seperti yang diterbitkan dalam telegraph.co.uk, para peneliti dari Cornell University mempelajari perubahan ” penanda epigenetik ” – yaitu bahan kimia yang menempel pada DNA yang mempengaruhi cara kerja gen kita. Penelitian ini melibatkan 26 kelompok wanita hamil di trimester ketiga. Beberapa wanita yang diberikan suplemen kolin 480mg perhari (jumlah yang dianjurkan), sementara yang lainnya diberi 930mg kolin perhari. Penelitian ini menemukan bahwa Wanita hamil yang diberikan dosis kolin lebih besar mendapatkan lebih banyak bahan kimia yang ditambahkan ke DNA, yang mengubah gen yang mengatur aktivitas hormon dalam tubuh. Gen-gen yang mengatur produksi kortisol(hormon yang sebelumnya dikaitkan dengan risiko stres dan gangguan metabolisme seumur hidup) ditolak, sehingga kadar dalam darah bayi berjumlah 33% lebih rendah. Prof Eva Pressman, yang memimpin studi itu mengatakan bahwa ibu yang menderita kecemasan dan depresi(kondisi karena meningkatkan kadar kortisol), bisa mendapatkan manfaat kolin sebagai ukuran pelindung. Dia juga mengatakan bahwa asupan kolin bisa mengubah ekspresi janin hingga dewasa, sementara itu dosis tinggi yang diberikan hapir tidak ada efek samping.
  • Menekan resiko kanker. Walaupun seorang wanita tidak sedang hamil dan menyusui, telur mungkin bagus sebagai tambahan diet sehat sehari-hari. Wanita yang memiliki kadar kolin dalam darah yang baik lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan kanker payudara dan kanker hati. Pria pun juga akan memperoleh manfaat dari asupan kolin yang baik. Jadi jangan khawatir makan telur orak-arik telur, telur rebus, atau omelet telur, baik itu sebagai sarapan, makan siang atau makan malam. Telur enak dan baik bagi Anda. Kebutuhan kolin bagi bumil dan menyusui Wanita yang sedang hamil membutuhkan paling rendah 450mg kolin per hari, sementara itu wanita menyusui memerlukan 550 mg per hari(Pedoman USDA). Ibu menyusui juga perlu untuk terus memberikan manfaat kolin bagi bayinya selama diasuh. Diet wanita hamil yang seimbang mungkin hanya sedikit kemungkinan kekurangan kolin, akan tetapi banyak wanita yang memiliki tingkat yang jauh lebih rendah.

Sebutir telur menyediakan sekitar 126 mg kolin perhari, yang jika digabungkan dengan diet yang baik merupakan cara yang baik untuk menjaga asupan kolin tinggi pada wanita hamil dan menyusui. Wanita yang kekurangan protein mungkin bisa mencukupinya dengan menambahkan 2 atau bahkan 3 butir telur sehari. Makanan lain yang tinggi kolin adalah daging sapi, hati ayam dan gandum. Sejumlah kecil kolin juga ditemukan dalam susu, ikan, kacang, dan brokoli. Tubuh kita juga memproduksi kolin dari beberapa vitamin dan mineral lainnya, akan tetapi tubuh tidak dapat menghasilkan kolin dalam jumlah yang cukup tanpa diberikan makanan yang tinggi kolin .

Namun penelitian terbaru menemukan bahwa mengkonsumsi telur dalam jumlah yang cukup tidak akan meningkatkan kadar kolesterol, sehingga telur merupakan tambahan diet yang sangat sehat. Jika Anda dengan riwayat kolesterol tinggi, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsi telur. Namun kebanyakan dokter sudah mengetahui bahwa telur tidak banyak memberikan kolesterol yang signifikan bagi diet. Telur merupakan makanan yang relatif rendah kalori, namun kaya manfaat, sehingga sebutir telur dalam sehari tidak akan merusak diet Anda. Namun jika Anda alergi terhadap telur ayam, Anda mungkin bisa mencoba telur bebek, yang juga memberikan manfaat yang sama.

Ulasan diatas merupakan manfaat telur bagi ibu hamil dan menyusui. Jadi jika anda sedang hamil atau menyusui sebaiknya masukkan telur kedalam menu makan kita setiap hari. Karena mengandung banyak manfaat terutama untuk kecerdasan otak janin dan bayi. Semoga artikel ini bermanfaat. [Yuni – WartaSolo.com]