Tips Mengobati Nyeri Haid Berlebihan. Setiap bulan bagi seorang wanita yang telah memasuki usia subur pasti akan mengalami siklus menstruasi, Nyeri saat haid sendiri merupakan hal yang sudah biasa dialami perempuan, namun yang berbeda jika nyeri haid sudah sangat mengganggu aktvitas Kita. karena tingkat nyeri saat haid setiap perempuan beda-beda. Ada perempuan yang mengalami nyeri haid sangat dasyat bahkan sampai pingsan, ada yang nyeri biasa. Tapi sebagai perempuan perlu menyiapkan diri bila sedang mengalami haid apalagi haid di hari pertama.

Nyeri haid muncul disebabkan oleh dinding rahim yang berkontraksi sehingga pembulu darah terjepit dan menyebabkan timbulnya iskemi jaringan. Kontraksi inilah penyebab nyeri haid. Untuk mengurangi rasa nyeri dan mengatasinya kamu bisa lakukan cara berikut.


  • Kunyit asam

Jamu tradisional kunyit asam ini dipercaya memiliki banyak khasiat, selain dapat menyegarkan tubuh juga dapat membantu meredakan nyeri saat menstruasi. Cara membuat minuman ini pun cukup mudah, kunyit asam bubuk bisa diperoleh di toko jamu, Anda hanya perlu menyeduhnya lalu diminum. Atau Anda juga bisa membuat kunyit asam sendiri di rumah. Bahan-bahan yang dibutuhkan bisa didapat dengan mudah di pasar-pasar tradisional dengan harga terjangkau. Cara membuatnya ialah, parut beberapa ruas kunyit, tambahkan sedikit air, peras dan ambil air sarinya. Tambahkan sedikit asam jawa dan gula merah, kemudian rebus hingga mendidih dan angkat. Jamu kunyit asam bisa diminum dalam keadaan hangat untuk mengurangi nyeri saat datang bulan.

Tips Mengobati Nyeri Haid Berlebihan

  • Kompres hangat

Apabila nyeri tak tertahankan, Anda bisa melakukan kompres hangat pada bagian perut bawah yang kram dan nyeri. Kompres dilakukan dengan cara menempelkan botol atau kantong karet yang berisi air hangat di dalamnya. Bisa juga menggunakan handuk yang direndam dalam air hangat, disertai dengan pijatan lembut pada daerah yang terasa nyeri. Kompres ini bertujuan untuk melancarkan peredaran darah dan membuat otot-otot di sekitar perut lebih rileks sehingga rasa nyeri bisa berkurang.

  • Konsumsi makanan mengandung zat besi

Saat menstruasi, wanita rentan mengalami anemia atau kekurangan sel darah merah. Karena itulah mengonsumsi makanan kaya zat besi sangat dianjurkan bagi wanita yang sedang datang bulan. Contoh makanan yang mengandung tinggi zat besi adalah bayam, daun singkong, kacang-kacangan, ubi merah, hati ayam, dan masih banyak lagi. Selain makanan tinggi zat besi, mengonsumsi buah-buahan dan minum banyak air putih juga akan membantu tubuh lebih segar dan terhindar dari dehidrasi. Hindari minuman bersoda, es, dan kopi, sebab hanya akan memperparah keluhan yang Anda alami.

  • Istirahat cukup

Dengan beristirahat cukup, setidaknya tidur selama 7 jam di malam hari dan meluangkan waktu untuk tidur siang selama 1 jam bisa membantu tubuh lebih rileks dan bugar, sehingga bisa mengurangi sakit akibat menstruasi.

  • Hindari pakaian ketat

Pakaian yang terlalu ketat tentu mengganggu kenyamanan, terlebih saat masa-masa menstruasi dan nyeri yang sedang dialami. Karena itu lebih baik kenakan pakaian yang longgar dan nyaman saat haid sehingga tidak akan mengganggu ruang gerak dalam beraktifitas.

  • Mandi air hangat

fungsi dari mandi air hangat ini agar tubuh bisa relaks, sehingga dengan perlahan nyeri haid akan berangsur menghilang.

  • Menungging

Manfaat dari menungging saat nyeri haid agar rahim dapat tergantung ke bawah, hal ini dapat membantu tubuh untuk relaksasi.

Itulah bagaimana cara mengatasi nyeri saat haid yang bisa kamu coba lakukan dirumah, namun jika cara diatas belum mampu mengatasinya nyeri haid berlebihan bahkan mengeluarkan darah haid banyak sebaiknya segera periksakan ke Dokter untuk pengawasan yang lebih baik. Jangan meminum sembarang obat pereda nyeri tanpa berkonsultasi dengan dokter. Semoga ulasan diatas bermanfaat bagi pembaca. [Yuni – WartaSolo.com]