Tips Jitu Mengobati Luka Memar Dengan Bahan Alami. Luka memar atau dalam bahasa medis disebut Hematon sering kali terjadi akibat benturan keras atau terjatuh. Bahkan pada sebagian orang luka memar dapat terjadi tanpa sebab yang jelas. Ada beberapa kemungkinan kenapa hal ini terjadi. Kemungkinan bila kondisi seseorang kurang fit umumnya ditemukan di tungkai kaki atau lengan.

Luka memar merupakan rusaknya jaringan pada tubuh dimana kondisi darah membeku dan juga tidak bisa mengalir seperti biasanya karena adanya trauma dan mengalami benturan. Akan tetapi asal tidak menyebabkan patah tulang luka memar tidak berbahaya dan masih bisa di obati sendiri tanpa harus  berobat ke dokter.



Luka memar biasanya menimbulkan rasa tidak percaya diri, Hal ini bisa kita obati dengan cara alami. Jadi, jika anda mengalami luka memar, anda tidak perlu bingung untuk mengatasi luka tersebut.

Tips Jitu Mengobati Luka Memar Dengan Bahan Alami.

Berikut cara menghilangkan luka memar dengan bahan alami diantaranya:

  1. KOMPRES DENGAN ES BATU

Mengompres dengan Es batu dapat membuat darah kembali mengalir lancar dan mencegah terjadinya pembekuan pada luka memar, ini bisa dilakukan memar pada wajah.

  1. CUKA APEL

Dengan cuka apel bisa menghilangkan luka memar , dengan cara cuka apel tersebut dicampur dengan air hangat lalu kompreskan dibagian permukaan yang terkena luka memar tersebut. maka luka tersebut sedikit demi sedikit akan hilang.

  1. KOMPRES DENGAN AIR HANGAT

Tidak hanya air es yang bisa menghilangkan luka memar, ternyata air hangat pun bisa menghilangkan luka memar dengan menggunakan handuk kecil lalu celupkan ke dalam air hangat tersebut, kemudian kompreskan handuk hangat kebagian luka sehingga dapat mengurangi pembengkakan dan rasa sakit pada luka memar tersebut. cara ini bisa untuk mengobati memar pada wajah, tangan dan kaki.

  1. KOMPRES DENGAN NANAS

Buah nanas ternyata memiliki kandungan enzim bromelain yang memiliki fungsi dan dapat menyembuhkan luka memar pada wajah dan bibir. Langkah pengobatannya yaitu nanas di parut lalu di kompreskan ke bagian luka yang memar kemudian diamkan sampai setengah kering lalu bilas dengan air biasa.

  1. MENGGUNAKAN KUNYIT

Kunyit merupakan salah satu rempah-rempah yang dapat mengobati luka memar, kandungan di dalam kunyit tersebut dapat membantu meringankan rasa sakit dan nyeri akibat memar. Caranya kunyit bisa di tumbuk atau di parut kemudian kompreskan ke bagian yang luka seperti memar pada kaki dan tangan.

  1. MENGKONSUMSI VITAMIN K

Jika luka memar pada tubuh sulit hilang itu menandakan bahwa Anda kekurangan Vitamin K sehingga Anda perlu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung Vitamin K. Salah satu makanan yang mengandung Vitamin K yaitu Bayam, Brokoli, Kubis, Mentimun, Daun Bawang, Selada, Kacang Polong, Bunga Kol, Asparagus, Tomat dan masih banyak lagi.

  1. MENGGUNAKAN BUNGA PACAR AIR.

Bunga Pacar Air dapat memperlancar peredaran darah yang memar, Caranya tumbuk  bunga pacar air kemudian oleskan pada daerah yang terkena luka memar.

  1. MENGGUNAKAN DAUN SIRIH

Daun sirih diakui memiliki banyak manfaat, selain untuk miss V daun sirih juga dapat digunakan untuk mengobati luka memar pada kaki, tangan, wajah dan bibir. daun sirih sangat nyaman digunakan untuk pengobatan. caranya daun siri ditaruh di atas penanak nasi biar hangat, dapat pula dibakar di atas api asal jangan sempe hangus, kemudian tempelkan ke luka yang memar.

  1. BERAS DAN KENCUR

Beras dan kencur merupakan salah satu obat memar yang paling banyak di gunakan oleh orang pada umumnya, selain mudah di dapatkan beras dan kencur juga harum sebagai obat penawar memar, bisa digunakan pada luka memar seperti  tangan, kaki, wajah, kepala dan juga baik untuk mengobati memar pada bayi. Caranya tumbuk beras dan kencur dengan cara di campur, kasih sedikit air untuk melarutkan keduanya kemudian oleskan pada bagian yang luka.

Demikian Ulasan mengenai cara menghilangkan luka memar pada kepala, wajah, bibir, tangan, kaki, dan pada bayi dengan cara alami. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca. [Yuni – WartaSolo.com]