Manfaat Dan Bahaya Mandi Air Hangat. Mandi atau berendam di bathub dengan air hangat memang akan memberikan rasa nyaman bagi tubuh kita. Terutama pada malam setelah beraktifitas, ataupun pada pagi hari yang dingin setelah bangun tidur. Mandi berendam air hangat banyak memberikan manfaat, namun sekaligus juga bisa membahayakan kesehatan. Ada banyak ahli kesehatan memperingatkan tentang resikonya mandi berendam air hangat ini bagi individu dengan kondisi kesehatan tertentu.

Berikut mandi berendam air hangat antara manfaat dan resikonya bagi kesehatan menurut banyak ahli Seseorang yang menderita tekanan darah tinggi, atau tekanan darah yang terlalu rendah, disarankan untuk tidak mandi air hangat. Hal ini bagi penderita justru akan berpotensi untuk membuat tekanan darah semakin melonjak lebih jauh. Dan untuk penderita darah rendah, mandi air hangat bisa menurunkan tekanan darah terlalu jauh. Orang gemuk dan orang yang memiliki masalah dengan peredaran darah juga tidak disarankan mandi menggunakan air panas. Untuk Wanita hamil juga harus selalu menghindari mandi menggunakan air hangat.



Sementara itu, beberapa kondisi kesehatan lain akan mendapatkan keuntungan dari mandi air hangat. Sebagai contoh, bagi penderita sindrom kaki gelisah(Restless Leg Syndrome) mungkin tidak memerlukan obat untuk Restless Leg Syndrome. Cukup untuk mengatasinya dengan berendam dalam air panas selama sekitar sepuluh sampai lima belas menit. Pada beberapa kasus mandi berendam air hangat sekitar satu jam sampai dua jam sebelum tidur akan mencegah penyakit yang terkait dengan RLS.

manfaat dan bahaya mandi air hangat

Mandi air hangat juga dianjurkan sekitar dua jam sebelum tidur, bagi orang yang menderita insomnia, akan tetapi tidak disarankan untuk berendam dalam air hangat selama lebih dari lima belas menit . Manfaat mandi berendam air hangat juga baik untuk mengurangi ketegangan dan stres. Mandi berendam air hangat juga dapat membantu untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan yang berhubungan dengan arthritis.

Penelitian telah juga membuktikan bahwa mandi air hangat dapat membantu Sindrom Kelelahan kronis, serta kondisi tubuh lain yang berhubungan dengan kulit atau sirkulasi darah. Dengan catatan, bagaimanapun masalah sirkulasi darah tertentu juga bisa berbahaya jika mandi air hangat. Untuk itu sebaiknya bertanya kepada ahli kesehatan jika ingin mandi berendam dengan air hangat yang mungkin terkait dengan kondisi kesehatan tubuh Anda.

Manfaat lain dari mandi air hangat antara lain: mengendorkan otot yang tegang, tubuh menjadi rileks, melancarkan peredaran darah, menyehatkan usus, mengeluarkan racun dari dalam tubuh, menjaga kestabilan suhu tubuh dan masih banyak lagi manfaat dari berendam air hangat.

Mandi air hangat disarankan maksimal dengan suhu sekitar 95 derajat Fahrenheit, serta tidak berendam lebih dari lima belas menit. Anda juga harus mendinginkan air serta tubuh Anda sebelum berdiri. Hal ini dapat dilakukan dengan menjalankan air dingin di bak untuk mendinginkannya sebelum Anda keluar dari kamar mandi. Mandi air hangat akan berefek pada darah dan pikiran, maka mandi air hangat harus dilakukan pada malam hari .

Mandi air hangat dipagi hari tidak disarankan, karena darah masih perlu dipompa. Keamanan mandi berendam air hangat Perlu diingat sekali lagi, mandi berendam air hangat bisa membahayakan bagi individu yang menderita obesitas, memiliki riwayat penyakit jantung, tekanan darah rendah atau darah tinggi, masalah sistem peredaran darah, diabetes atau ibu hamil. Sebaiknya sebelum mandi dengan air hangat kita menggunakan pelembab kulit (moisturaiser) untuk menjaga kulit agar tidak kering bila kita berendam terlalu lama. [Yuni – WartaSolo.com]