Tips Membersihkan Telinga Dan Hidung Bayi. Telinga dan hidung merupakan bagian dari panca indra. Telinga dan hidung bayi lebih sensitive dibandingkan dengan orang dewasa, olehkarena itu perawata pada bayipun harus extra hati-hati. Perawatan bayi sangat banyak ragamnya, dimulai dari perawatan yang berhubungan  dengan semua organ bayi dan lingkungan bayi anda. Semua harus memiliki cara yang baik dan benar sehingga mendukung pertumbuhan bayi yang sehat. Hal ini tentu saja dilakukan secara terus menerus dengan waktu yang terjadwal.

Perawatan yang akan kita  bahas kali ini adalah perawatan yang berhubungan dengan organ tubuh bayi anda. Perawatan yang seringkali membuat anda bingung, yaitu perawatan dalam membersihkan kotoran hidung dan telinga bayi. Dengan panduan di bawah ini semoga dapat membuat anda  dalam merawat telinga dan hidung bayi.


Perawatan Telinga

Telinga bayi anda adalah bagian yang sangat sensitif sehingga membutuhkan berbagai cara dalam membersihkan telinga baik ttelinga dalam maupun telinga luar. Dalam perawatannya anda disarankan membuat jadwal sehingga anda rutin dalam perawatan telinga bayi. Untuk perawatan telinga dalam kita mesti sangat hati-hati dalam melakukannya karena dalam telinga ada gendang telinga yang sangat sensitive dan peralatan yang digunakan juga harus streril. Dengan perawatan yang rutin akan membantu bayi anda dalam menjaga pendengarannya dan menghindari penumpukan kotoran yang semakin keras .

tips-membersihkan-telinga-dan-hidung-bayi

  • Perawatan telinga atau pembuangan kotoran telinga pada bayi dapat dilakukan dengan sendiri atau dengan bantuan dokter ahli THT.
  • Bagi anda yang melakukannya sendiri anda dapat menghindari penggunaan obat apapun kecuali dengan resep dokter
  • Perawatan telinga bayi sebaiknya dilakukan dengan jadwal rutin sehabis bayi anda mandi. Sehingga lebih terjaga dan terhindar dari penumpukan kotoran.
  • Mulailah membersihkan lekukan telinga luar pada bayi anda dengan mengggunakan alat yang lembut. Pemilihan kapas yang lembab akan membantu anda dalam membuang kotoran di bagian luar telinga bayi anda.
  • Tidak memaksa mengeluarkan kotoran yang berada di dalam lubang telinga bayi anda. Pada umumnya kotoran telinga akan berfungsi sebagai antiseptik dan akan keluar dengan sendirinya.

Anda dapat membantu dalam mengeluarkan kotoran telinga pada bayi yaitu dengan cara bayi anda mengunyah makanan pada bayi yang sudah mendapatkan MPASI atau menghisap dot sehingga dengan alamiah akan mengeluarkan kotoran di dalam telinganya.

Perawatan Hidung

Bayi sangat rentan terhadap flu yang menyebabkan hidung mengeluarkan ingus. Seringkali bayi anda mengalami kesulitan bernafas karena kondisi tubuhnya yang mengeluarkan lendir di hidungnya. Tentu saja ini membuatnya kesulitan bernafas dan anda harus mempunyai cara dalam merawat hidung bayi anda. Berikut adalah cara yang bisa anda lakukan:

  • Anda dapat menggunakan cottun bad yang telah diberi air hangat , selanjutnya anda dapat memasukan kebagian luar lubang hidung bayi anda. Hal yang harus anda ingat tidak terlalu dalam .
  • Anda dapat membersihkannya dengan gerakan memutar dari arah kiri ke kanan secara perlahan
  • Apabila terdapat kotoran pada bagian yang mendekati luar lubang hidung dapat menggunakan cottun bad untuk mengambil kotoran di dalam hidung bayi.
  • Jangan menggunakan kain yang kasar dalam mengeluarkan kotoran pada hidung bayi apalagi menggunakan jari anda karena akan melukai hidung bayi anda.
  • Hindari membersihkan cuping hidung bayi dengan keras karena masih sangat sensitive
  • Jangan menghisap kedua lubang hidung bayi sekaligus, hal ini akan mengakibatkan lendir naik ke telinga tengah dan akan menimbulkan infeksi

Itulah cara cara yang bisa anda lakukan untuk membersihkan kotoran telinga maupun hidung pada bayi. Anda dapat melakukannya dengan hati-hati sehingga tidak melukai bayi anda. Dan pastikan bayi dalam keadaan santai jangan paksa bayi bila bayi menolak untuk dibersihkan karena akan menimbulkan trauma pada bayi. [Yuni – WartaSolo.com]