Cara Mengatasi Layar Touchscreen yang Error dan Macet. Era digital semakin menguasai pasar bisnis bahkan setiap individu mempunyai lebih dari satu alat komunikasi contohnya Smartphone. Smartphone atau yang sering disebut ponsel canggih ini mempunyai keunggulan yaitu dengan layar sentuh atau touchscreennya.

Dengan adanya fasilitas tersebut membuat pengguna lebih nyaman dan benar-benar terasa bedanya. Namun tidak ada yang sempurna didunia ini semua yang diciptakan pasti ada cacat atau kelemahan.


Nah yang akan kita bahas kali ini adalah layar touchscreen Smartphone kadang mengealami hal yang merepotkan jika terjadi error dan macet sehingga hank atau tidak bisa digunakan. Tentu dengan terjadinya hal tersebut pasti membuat aktivitas komunikasi terganggu.

tips dan informasi Cara Mengatasi Layar Touchscreen Error atau Macet

Berikut adalah 5 Cara Mudah Mengatasi Layar Touchscreen yang Error atau Macet

Bersihkan RAM smartphone anda secara berkala
Hal seperti ini jarang sekali diperkirakan oleh pengguna smartphone yang awam, namun cukup berpengaruh pada kinerja ponsel cerdas anda. RAM atau Random Access Memory adalah otak yang melancarkan kinerja smartphone, ketika RAM mulai terbebani oleh kinerja yang cukup berat apalagi banyak, maka resource untuk mengerjakan beberapa aktivitas menjadi tertunda termasuk salah satu diantaranya adalah kemampuan smartphone membaca perintah dari layar sentuh.


Bersihkan layar smartphone
Cara ini sebenarnya merupakan cara pertama yang harus anda lakukan saat layar sentuh ponsel cerdas anda mengalami kendala. Hal ini penting dilakukan karena ada kalanya layar tidak bisa digunakan hanya karena masalah sepele saja yaitu layar kotor, untuk membersihkan silahkan gunakan kain halus yang biasa digunakan untuk membersihkan kaca mata, selain itu gunakan pula cairan minyak kayu putih untuk membersihkan. Selain membersihkan layar, lepaskan pula cangkang, baterai, memory card dan kartu SIM untuk memastikan smartphone berada dalam kondisi ‘kembali ke awal’.

Merestart smartphone
Melakukan restart ponsel cerdas ibarat melakukan pembersihan menyeluruh tanpa melakukan reset factory. . Untuk ponsel Apple, anda cukup masuk ke tombol Sleep lalu menarik slide hingga muncul logo Apple dan smartphone nonaktif. Untuk ponsel Windows, anda perlu masuk ke setting, Power dan akhirnya Restart. Hal tersebut dilakukan sekali waktu pada smartphone anda supaya baik RAM atau memory yang tadinya dibebani oleh beberapa program ataupun temporary files bisa sedikit terbebas. Untuk ponsel Android cara melakukan restart hampir sama dengan cara mematikannya, yaitu dengan menekan tombol power dan memilih restart atau reset

Cek kalibrasi layar smartphone
Untuk melakukannya di ponsel Android silahkan masuk ke setting, display dan kalibrasi. Layar akan berubah menjadi putih, anda tidak perlu panik, silahkan klik layar untuk kalibrasi dan ikuti petunjuk yang ada.

Lakukan Factory Reset
Hal terkhir jika cara diatas tak mampu membantu adalah Factory Reset. Hal ini bisa anda lakukan dengan mudah, namun harus diingat bahwa melakukan factory reset beresiko menghapus semua data yang anda miliki pada perangkat ponsel. Ada baiknya anda melakukan back up terlebih dahulu pada data-data tersebut.

Itulah tips dan informasi Cara Mengatasi Layar Touchscreen Error dan Macet dari kami, jika semua cara di atas sudah anda coba dan kendala terus anda alami, mungkin ada baiknya anda membawa ponsel cerdas anda ke service center terdekat agar dapat ditangani dengan segera. Semoga bisa membantu Terima Kasih [muvus-wartasolo.com]