Penyebab Komedo Dan Cara Menghilangkannya. Komedo, yang satu ini seringkali mampir dihidung. Komedo muncul disebabkan karena kulit memproduksi minyak secara berlebihan. Kemudian minyak tersebut tertampung di dalam pori selama berhari-hari, bercampur bakteri, mengeras, dan mengakibatkan benjolan.

Ada dua jenis komedo, yaitu komedo putih alias whitehead, dan komedo hitam atau blackhead. Sebenernya kedua komedo ini sama, cuman salah satunya tak tertutup lapisan kulit sehingga mengalami oksidasi dan mengakibatkannya berwarna hitam. Biasanya komedo hitam terasa kasar di kulit wajah, dan mirisnya lagi sulit untuk hilang.


Gejala Komedo

Komedo bisa menyerang siapa saja tapi komedo lebih sering anak remaja. Karena aktivitas hormon yang tak stabil saat pubertas mengakibatkan minyak dan sebum diproduksi secara berlebihan. Gejala munculnya komedo semacam ini sangat mudah dikenali. Kamu cukup meraba bagian hidung, dahi, dan area wajah lain, apabila ada semacam benjolan kasar itu bisa jadi termasuk komedo.

penyebab-komedo-dan-cara-menghilangkannya

Komedo memiliki ukuran yang bervariasi, ada komedo kecil ada pula yang besar bahkan mirip kista. Selain dapat muncul di area hidung dan wajah, komedo juga sering menyerang di bagian punggung, leher, dada, lengan, bahu, dan bagian lain. Karena tak mengalami inflamasi, komedo tak terasa sakit. Akan tetapi ia akan berubah menjadi benjolan menyakitkan apabila dicukil atau digaruk.


Pada saat remaja produksi hormon akan mengalami peningkatan, khususnya untuk hormon testosteron pada remaja pria. Meningkatnya hormon inilah yang merangsang produksi minyak menjadi aktif dan berlebihan.

Selanjutnya akar rambut dan pori-pori mengalami penyumbatan akibat minyak berlebih itu. Ketika terinfeksi, maka bakteri akan menyebabkan komedo dan jenis jerawat lain. Adapun faktor yang meningkatkan resiko komedo antara lain:

  • Meningkatnya bakteri propionibacterium acnes pada kulit
  • Adanya iritasi pada folikel rambut yang menyebabkan sel kulit mati tak bisa rontok secara teratur.
  • Mengalami perubahan hormon yang mengakibatkan munculnya minyak berlebih, terutama ketika memasuki usia remaja dan menstruasi.
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti steroid, lithium, dan pil KB.
  • Penyebab komedo tak hanya sampai disitu saja. Pola hidup yang kurang sehat seperti merokok, konsumsi alkohol, makan gorengan, begadang, dan lainnya juga memicu munculnya komedo di wajah. Oleh sebab itu, usahakan hindarilah kebiasaan buruk semacam itu ya mulai dari sekarang.

Cara Alami Menghilangkan Komedo di Hidung dan Wajah dengan Cepat

  1. Pasta gigi
  2. Lemon
  3. Lidah buaya
  4. Pepaya
  5. Gandum
  6. Putih telur
  7. Kacang kedelai
  8. Garam
  9. Kulit jeruk
  10. Gunakan pala
  11. Baking soda
  12. Kayu manis
  13. Gelatin dan susu
  14. Uap panas
  15. Es batu

Masih banyak bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan komedo. Jadi tidak perlu bersedih karena komedo asalkan kita telaten menggunakan bahan-bahan diatas komedo akan jauh dari wajah kita. semoga tulisan ini bermanfaat. [Yuni – WartaSolo.com]