Inilah Ciri-ciri Lowongan Kerja yang Tidak Aman, WASPADALAH! Tanda-tanda lowongan pekerjaan yang mencurigakan, tidak aman, dan tidak terpercaya yang harus diperhatikan. Simak baik-baik ciri-cirinya!

Setelah lulus sekolah atau kuliah, biasanya akan banyak yang mencari pekerjaan dari berbagai sumber lowongan kerja, baik secara online maupun offline.



Banyak sekali bertebaran loker yang menawarkan berbagai formasi, posisi dengan gaji dan bonus yang menggiurkan. Namun Anda sebagai calon pelamar atau pencari kerja harus lebih jeli dan waspada terhadap berbagai bentuk modus penipuan dalam berbagai lowongan kerja.

inilah ciri ciri modus lowongan kerja yang tidak aman

Seperti WartaSolo kutip dari informasi JobStreet.com, berikut adalah beberapa ciri-ciri yang harus Anda perhatikan dalam mengidentifikasi lowongan kerja yang tidak aman:

Perekrutan Berbayar

Mengharuskan Anda untuk membayar biaya dengan alasan apapun selama proses rekrutmen.

Meminta Data Pribadi tanpa Undangan Wawancara

Meminta detil pribadi Anda seperti akun bank, nomor KTP dan alamat rumah tanpa adanya undangan wawancara.

Diterima Tanpa Proses Wawancara

Penawaran kerja tanpa adanya lamaran dari Anda dan tanpa proses wawancara.

Deskripsi Pekerjaan yang Tidak Jelas

Undangan wawancara yang tidak memberikan penjelasan mengenai posisi yang ditawarkan atau tawaran pekerjaan tersebut tidak sesuai dengan deskripsi yang ditawarkan selama proses rekrutmen. Selain itu, penawaran kerja tidak berhubungan dengan keahlian Anda, bisa menjadi hal yang patut dicurigakan.

Gaji yang Terlalu Tinggi dan Tidak Wajar

Penawaran kerja yang terlalu baik dan menawarkan gaji tinggi yang tidak wajar.

Alamat Email dan Website Mencurigakan

  • Tidak adanya situs resmi atau media sosial perusahaan yang menjelaskan profil dan kegiatan perusahaan tersebut
  • Alamat email perusahaan yang gratis dan tidak sesuai dengan alamat email yang ada di situs resmi perusahaan tersebut
  • Korespondensi email yang tidak profesional dan tidak mencantumkan detil kontak perusahaan seperti nomor telepon dan alamat kantor

Itulah beberapa ciri atau tanda sebuah lowongan kerja yang harus diwaspadai karena bisa saja tidak aman, ada niat atau modus penipuan maupun penjebakan. Maka dari itu, WASPADALAH! [Nailah Azka – WartaSolo.com]