Tips Agar Daging Kambing Tidak Prengus dan Empuk. Menu kambing merupakan menu khas sajian pada saat Idul Adha. Untuk mendapatkan hidangan daging kambing yang empuk dan lezat merupakan hal yang diinginkan para ibu. Sudah pasti saat merayakan Idul Adha, kita, para ibu umumnya akan dihadapkan pada olahan daging kambing.

Tapi seringkali membuat masakan dengan bahan daging kambing menjadi momok bagi kita. Berbagai kendala saat memasak daging kambing, misal daging  nggak empuk, bau prengus yang tajam dan bingung  mengolahnya sehingga kurang variatif untuk membuat daging kambing menjadi menu favorit keluarga. Mengolah daging kambing agar empuk dan tidak berbau memang  ada trik khusus, untuk itu disini kita akan membahas bagaimana memasak daging kambing agar empuk, tidak prengus.



Rendam Daging Kambing Dengan Nanas

Tips jitu mengolah daging kambing  untuk menghasilkan hidangan yang enak dengan daging kambing yang empuk dan tidak prengus jangan langsung mencuci daging kambing dengan air dingin. Karena dengan mencuci daging kambing daging kambing dengan air dingin akan membuat daging kambing menadi prengus. Untuk itu kita harus menggunakan air panas kita bisa merebus daging kambing sebentar untuk menghilangkan kotoran yang menempel.

Tips Agar Daging Kambing Tidak Prengus dan Empuk

Untuk mendapatkan daging kambing yang empuk kita bisa menggunakan nanas. Caranya kita bisa mencelupkan daging kambing ke dalam parutan nanas sebelum daging kambing dimasak caranya:  Potong daging kambing dan siram dengan air panas. Lalu celupkan dalam parutan air nanas muda selama 3-4 menit saja. Pilihlah nanas yang masih berwarna hijau.

Tips mudah ini terbukti mampu membuat daging kambing jadi lebih empuk sehingga tidak perlu waktu terlalu lama untuk merebusnya. Atau bisa juga menambahkan potongan nanas kedalam masakan daging kambing tentunya untuk resepnya juga harus sepadan. Karena dipercaya nanas yang masih hijau dipercaya bisa membuat daging menjadi cepat empuk selain itu taste dari buah nanas bisa digunakan untuk menghilankan bau prengus pada daging kambing. Apabila kita sudah menggunakan nanas kita tidak perlu menggunakan perasan air jeruk atau jahe untuk mengurangi bau prengusnya.

Gunakan Bumbu Rempah

Olahan daging kambing akan terasa lezat bila dimasak dengan benar dan menggunakan ramuan bumbu yang tepat. Karena itu jangan lupakan memakai rempah-rempah saat membuat menu daging kambing.

Mulai dari bawang putih, ketumbar, asam gula, serah, kapulaga, jahe, kunyit, sereh dan tidak ketinggalan cengkeh. Sebab, kekayaan rempah dan cara memasak yang benar akan membuat daging kambing empuk dan mudah digigit dan aroma serta rasa yang lezat. Selain itu rempah-rempah sangat bagus bagi tubuh kita.

Demikian sedikit ilmu tentang bagaimana membuat daging kambing menjadi empuk dan tidak prengus. Bagi para ibu yang ingin memasak daging idul adha bisa menggunakan tips diatas untuk membuat masakan menjadi empuk. Selamat mencoba. [Yuni – WartaSolo.com]